Jalan Tol Pandaan-Malang seksi I-III Sepanjang 30 Km Akan Segera Dioperasikan

Oleh : Hariyanto | Minggu, 24 Maret 2019 - 18:05 WIB

Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR ) Anita Firmanti
Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR ) Anita Firmanti

INDUSTRY.co.id - Malang - Jalan Tol Pandaan-Malang seksi I-III sepanjang 30 Km akan dapat dioperasikan dalam waktu dekat. Saat ini ruas tol tersebut dalam tahap penyelesaian akhir (finishing) dan dilanjutkan dengan uji laik fungsi oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR).  

Sementara untuk Seksi IV dan V sepanjang 8 Km, pengoperasiannya masih menunggu keputusan Balai Purbakala dan Cagar Budaya karena ditemukannya situs purbakala.  

Sebelum dilakukannya pengoperasian Seksi I-III, diselenggarakan sosialisasi kepada masyarakat melalui Festival Jalan Tol yang diisi oleh berbagai acara, yakni Color Run 5 Km, Fun Bike 40 Km, Lomba Foto Jalan Tol, Bazaar UMKM dan Festival Kuliner dari wilayah Malang Raya dan Pasuruan yang dipusatkan di Gerbang Tol (GT) Singosari, Sabtu (23/3/2019). 

Acara yang diikuti oleh sekitar 6.000 orang tersebut dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR ) Anita Firmanti dan Direktur Umum PT. Jasa Marga Desi Arryani. 

"Saya sangat mendukung upaya Jasa Marga dalam memperkenalkan tol Pandaan-Malang kepada masyarakat, sebagai sosialisasi dari apa yang kita kerjakan. Karena jalan tol ini dapat dinikmati masyarakat sebelum dioperasikan," ujar Anita

Menurut Anita, sosialisasi yang dilakukan Jasa Marga ini sangat baik jika diikuti oleh Badan Usaha Jalan Tol ( BUJT ) lain dalam memperkenalkan ruas tol miliknya kepada masyarakat. Ia pun berharap, kegiatan positif ini bisa menumbuhkan rasa memiliki oleh masyarakat terhadap infrastruktur yang dibangun.

"Ini cukup bagus, saya kira BUJT manapun dapat menerapkan seperti ini untuk sosialisasi. Ini memberikan juga rasa kepemilikan. Saya kira kita bisa anjurkan ( BUJT ) lain untuk melakukan (Sosialisasi jalan tol) seperti ini," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Jasa Marga, Desi Arryani mengatakan, tol Pandaan-Malang Seksi I-III sepanjang 30 km sudah selesai konstruksinya dan ditargetkan bisa beroperasi paling lambat awal Mei 2019. 

Jalan Tol Pandaan-Malang diharapkan akan menjadi bagian vital arus mobilisasi orang serta barang antara Surabaya dan Malang yang banyak memiliki tempat wisata. Kehadiran ruas Tol akan bisa mempercepat perjalanan dari Surabaya menuju Malang dan sekitarnya. 

Selama ini, perjalanan dari Surabaya ke Malang pada jam padat, bisa mencapai empat hingga enam jam. Dengan melalui jalan tol ini, waktu tempuhnya bisa kurang dari satu jam. 

Jalan tol yang menjadi bagian dari Jalan Tol Surabaya-Malang ini juga memiliki pemandangan alam yang indah di kanan kiri jalan, terutama di rest areanya yang berhadapan langsung dengan Gunung Semeru di sisi timur, Gunung Arjuna sisi barat, Gunung Kawi di sisi barat daya, dan ditambah Gunung Penanggungan. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk, Maryono (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 23 April 2019 - 23:25 WIB

Hingga 31 Maret 2019, Bank BTN Salurkan Kredit Bernilai Total Rp242 Triliun

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) atau Bank BTN hingga 31 Maret 2019 menyalurkan kredit dan pembiayaan sebesar Rp242,13 triliun, tumbuh 19,57% dibandingkan posisi hingga akhir 31 Maret 2018…

Rektor Universitas Muhammadiyah, Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M (ketiga dari kiri) dan Direktur Human Capital Management Telkom Herdy Harman (ke empat dari kiri)

Selasa, 23 April 2019 - 22:31 WIB

Direksi Telkom Berbagi Inspirasi dengan 3.000 Mahasiswa di Palembang

Jakarta – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan Kementerian BUMN hadir memberikan inspirasi dan motivasi di depan sekitar 3.000 mahasiswa Universitas Muhammadiyah di Palembang. 

GIICOMVEC ajang pameran kendaraan niaga siap hadir menyapa masyarakat di 2020

Selasa, 23 April 2019 - 22:15 WIB

Siap-siap Pameran Kendaraan Niaga Kembali Hadir

Pameran Business to Business (B2B), GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) akan berlangsung untuk kedua kalinya pada 5 hingga 8 Maret 2020, di Jakarta Convention…

Direktur Utama Finnet, Bona L. Parapat.

Selasa, 23 April 2019 - 21:09 WIB

Selaraskan Program Kementerian BUMN, Finnet Luncurkan Logo dan Tagline Baru

Finnet, salah satu entitas bisnis Telkom Group, meluncurkan logo baru Finnet dan Finpay di Hotel Alana, Yogjakarta, Selasa (23/04/2019). Kegiatan yang digelar bersamaan dengan gathering bersama…

Konferensi pers Grand Opening John Robert Powers Menara Astra Sudirman

Selasa, 23 April 2019 - 21:00 WIB

Pindah ke Menara Astra, John Robert Powers Indonesia Tawarkan Dua Program Baru

Sekolah kepribadian John Robert Powers (JRP) Indonesia hari ini resmi memindahkan kantor pusatnya dari Lippo Kuningan ke Menara Astra, Sudirman, Jakarta. Pemindahan kantor itu bertujuan untuk…