Meski Pajak Tinggi, Pasar Supercar di Indonesia Potensial

Oleh : Ahmad Fadli | Sabtu, 16 Maret 2019 - 17:29 WIB

Mobil Listrik Supercar Lowo Ireng
Mobil Listrik Supercar Lowo Ireng

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Meski Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) untuk kendaraan jenis supercar tetap diberlakukan sebesar 125%, namun Indonesia dinilai masih memiliki potensi pasar yang besar.

Regional Sales Manger Asia Pacifik Rolls-Royce, David Kim menyebutkan bahwa dengan tingginya angka populasi di Indonesia serta tingginya minat penduduk Indonesia akan permintaan tipe mobil SUV ini membuat pihaknya meluncurkan Rolls-Royce Cullinan. "Cullinan cocok untuk Indonesia, dengan campuran jalanan kota dan jalan pedesaan," ujarnya, Jumat (15/3/2019).

Director of Operations Rolls-Royce Motor Cars Jakarta, Arie Chirstopher Setiadharma menyebutkan bahwa untuk Rolls-Royce Cullinan sendiri antusiasme di Indonesia cukup tinggi, lantaran sudah ada beberapa yang melakukan pemesanan bahkan sebelum launching dilakukan.

Sayangnya dia enggan menyampaikan jumlah pemesanan yang telah diterimanya. Hanya saja, untuk karakter pembelinya sendiri disebutnya secara mengejutkan datang dari market baru. "Surprisingly yang membeli dari muka-muka baru. Jadi, orang-orang yang lebih muda, lebih energetik, family oriented, dan yang suka berpetualang," tambahnya.

Untuk unit yang disediakan sendiri ia tak mengungkapnya lantaran belum ada instruksi dari principle. Demikian pula dengan harganya dengan dalih harga tergantung permintaan, hanya saja berdasarkan riset Google banderol harga SUV super mewah tersebut mencapai US$ 400.000.

Chief Operating Officer McLaren Jakarta, Viyata Devi menuturkan, pihaknya akan tetap fokus menggarap pasar supercar saja. "Kami tidak akan membuat SUV seperti brand lain karena memang komitmen McLaren untuk tetap fokus di supercar," jelasnya secara terpisah.

Asal tahu saja, untuk mobil McLaren sejauh ini disebutnya The McLaren 720S masih menjadi produk yang diburu di pasaran tanpa menyebutkan jumlahnya. Sedangkan untuk target penjualan di tahun ini, ia pun belum bisa memprediksi lantaran banyak yang masih menahan mengeluarkan uang untuk berbelanja. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 22 April 2019 - 06:57 WIB

Usai Pemilu Investor Didorong Lirik 10 Saham Pilihan

Jakarta - Mengawali pekan pertama paska perhelatan besar pemilu, kondisi kepastian yang mulai terbentuk akan menjadi salah satu faktor pendorong untuk kembali naiknya IHSG hingga beberapa waktu…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 22 April 2019 - 06:32 WIB

Awal Pekan IHSG Bertahan di Atas 6500

Jakarta - Pergerakan IHSG secara teknikal cenderung membentuk pola bearish counter attack dengan indikasi kembali mengalami konsolidasi cenderung tertekan diarea level psikologis 6500.

Kapal Ternak (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 05:37 WIB

Kapal Ternak Sebagai Wujud Implementasi Program Tol Laut

Jakarta, Pemerintah telah mencanangkan program Nawa Cita salah satunya dengan menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim dengan implementasi Program Tol Laut yang secara umum dilatarbelakangi…

Sekjen Kementan Syukur Iwantoro di MIA Expo

Senin, 22 April 2019 - 05:28 WIB

MIA Percepat Tumbuhkan Generasi Petani Melenial

Jakarta - Masa depan sektor pertanian sangat bergantung dengan generasi muda Indonesia. Karena itu, Kementerian Pertanian (Kementan) siap untuk memfasilitasi dan mendukung para agropreneur muda…

Rayakan HUT Perusahaan dan Hari Kartini, Millennials Askrindo Bersama YALISA Gelar OBSC

Minggu, 21 April 2019 - 20:39 WIB

Rayakan HUT Perusahaan dan Hari Kartini, Millennials Askrindo Bersihkan Ciliwung

Jakarta – Millenials Askrindo laksanakan Operasi Bersih Sungai Ciliwung (OBSC) bersama Komunitas Pencinta Ciliwung YALISA dari bentangan Kalibata sampai dengan MT Haryono dalam rangka merayakan…