Kini, Transaksi Ekspor Timah Murni Batangan Dapat Dilaksanakan di Indonesia

Oleh : Abraham Sihombing | Jumat, 08 Maret 2019 - 10:26 WIB

CEO ICDX, Lamon Rutten, dalam konferensi pers di Jakarta sedang memberikan penjelasan kepada wartawan sehubungan dengan Peresmian Peluncuran Kontrak Fisik Timah Murni lewat Pusat Logistisk Berikat (PLB). (Foto Abe)
CEO ICDX, Lamon Rutten, dalam konferensi pers di Jakarta sedang memberikan penjelasan kepada wartawan sehubungan dengan Peresmian Peluncuran Kontrak Fisik Timah Murni lewat Pusat Logistisk Berikat (PLB). (Foto Abe)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Timah murni batangan (ex-warehouse) yang akan diekspor kini sudah dapat disimpan di Pusat Logistik Berikat (PLB). Kondisi ini memungkinkan penyerahan timah yang sebelumnya dilakukan secara sembunyi-sembunyi di atas kapal dapat dilakukan di Indonesia.

Kondisi tersebut sangat mungkin dilakukan setelah Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (Indonesia Commodity and Derivative Exchange/ICDX) secara resmi meluncurkan kontrak fisik timah murni batangan tersebut pada Senin (04/02/2019).

“Jika transaksi ekspor timah murni batangan tersebut saat ini dapat dilakukan di Indonesia dari sebelumnya di Singapura, maka devisa dapat kembali masuk ke Indonesia,” ujar CEO ICDX, Lamon Rutten, di Jakarta, Senin (04/02/2019).

Seperti diketahui, 70% timah Indonesia yang akan diekspor sebelumnya disimpan di Singapura dan penyerahannya dilakukan secara sembunyi-sembunyi di atas kapal.

Lamon mengemukakan, penggunaan fasilitas PLB dalam transaksi ekspor timah ini adalah yang pertama kali dilakukan di Indonesia dan berpusat di Bangka Belitung. Sebanyak 6.000 ton timah yang disimpan di Singapura kini dapat bisa disimpan di PLB.

“Dengan adanya PLB tersebut, maka timah yang diekspor akan memiliki kepastian hukum dan timah di PLB merupakan komoditas yang tercatat sebagai barang ekspor. Berdasarkan Peraturan Menkeu No. 28 Tahun 2018, komoditas yang berada di PLB tercatat sebagai barang yang akan diekspor,” papar Lamon.

Lamon menjelaskan, penyimpanan komoditas di gudang PLB adalah lnisiatif Presiden Joko Widodo. Pada 2016, Presiden Jokowi menegaskan, bahwa para pengusaha PLB diharapkan dapat memindahkan penimbunan barang ekspor di luar negeri ke Indonesia.

Sementara itu, demikian Lamon, peluncuran Kontrak Fisik Timah Murni Batangan (Ex-Warehouse) ini merupakan optimalisasi penggunaan gudang logistik berikat dan dapat menghilangkan country risk bagi pembeli dan penjual timah. Karena itu, timah yang disimpan di gudang PLB ini memiliki kepastian hukum.

“Dengan adanya perlakuan seperti ini, maka pelaku pasar timah global akan merasa lebih aman dan nyaman untuk bertransaksi timah di Indonesia, baik darl segi pembiayaan maupun logistik,” tukas Lamon.

Di samping itu, menurut Lamon, keberadaan ICDX yang telah meluncurkan kontrak fisik timah murni batangan tersebut akan membuat pertambangan timah menjadi lebih terorganisir. Selain itu, kepastian pembayaran royalti dan penerimaan Devisa Hasil Ekspor (DHE) dapat terjamin.

“Langkah yang dilakukan ICDX ini diharapkan dapat menstabilkan harga timah sehingga dapat menciptakan pasar yang kompetitif dan transparan. Ke depan, ICDX juga akan menempatkan komoditas nikel dan batu bara di PLB ini,” pungkas Lamon. (Abraham Sihombing)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Retail Banking BSI Kokok Alun Akbar (kedua dari kiri) dan Direktur Utama PT Jasamarga Related Business Dian Takdir Badrsyah (kedua dari kanan)

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:48 WIB

BSI Gandeng Anak Usaha Jasa Marga

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) tandatangani nota kesepahaman dengan anak usaha Jasa Marga yaitu PT Jasa Marga Related Business.

Ilustrasi batubara

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:36 WIB

Kian Kokoh di Ranah Tambang! Anak usaha PT Delta Dunia Raih Kontrak Tambang Batu Bara di Australia

Jakarta - PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), anak perusahaan PT Delta Dunia Makmur Tbk (Perseroan), melalui anak perusahaannya di Australia BUMA Australia Pty Ltd (BUMA Australia) akan memulai…

(Foto dari kiri ke kanan) Section Head PT Multipolar Technology Tbk Ignasius Oky Yoewono, Director Enterprise Application Services Business PT Multipolar Technology Tbk Jip Ivan, dan Department Head Hybrid Database Solution PT Multipolar Technology Tbk Yemmy Sukandar sedang berbincang di sela-sela seminar tentang keamanan siber yang diselenggarakan oleh Infobank di Pullman Jakarta Thamrin, Jakarta, Selasa (17/5).

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:25 WIB

Multipolar Technology mengusung solusi IBM Guardium dan IBM Security QRadar XDR sekaligus ke pasar Indonesia

Jakarta-PT Multipolar Technology Tbk (IDX: MLPT), anak perusahaan PT Multipolar Tbk (IDX: MLPL) yang berperan sebagai mitra dalam mendukung pengembangan teknologi digital perusahaan di berbagai…

Gedung Bank KB Bukopin

Selasa, 17 Mei 2022 - 21:58 WIB

KB Bukopin Masuk Indeks Global MSCI, Sentimen Positif Investor Saham

PT. Bank KB Bukopin, Tbk. terus bergerak positif pada lantai bursa. Morgan Stanley Capital International (MSCI) mengumumkan hasil tinjauan indeks semi tahunan pada Mei 2022.

Jalan Tol Serang-Panimbang

Selasa, 17 Mei 2022 - 18:40 WIB

Beroperasi 2024, Jalan Tol Serang-Panimbang Permudah Akses Wisata ke Tanjung Lesung

Sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga tengah menyelesaikan pembangunan infrastruktur…