Kini, Transaksi Ekspor Timah Murni Batangan Dapat Dilaksanakan di Indonesia

Oleh : Abraham Sihombing | Jumat, 08 Maret 2019 - 10:26 WIB

CEO ICDX, Lamon Rutten, dalam konferensi pers di Jakarta sedang memberikan penjelasan kepada wartawan sehubungan dengan Peresmian Peluncuran Kontrak Fisik Timah Murni lewat Pusat Logistisk Berikat (PLB). (Foto Abe)
CEO ICDX, Lamon Rutten, dalam konferensi pers di Jakarta sedang memberikan penjelasan kepada wartawan sehubungan dengan Peresmian Peluncuran Kontrak Fisik Timah Murni lewat Pusat Logistisk Berikat (PLB). (Foto Abe)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Timah murni batangan (ex-warehouse) yang akan diekspor kini sudah dapat disimpan di Pusat Logistik Berikat (PLB). Kondisi ini memungkinkan penyerahan timah yang sebelumnya dilakukan secara sembunyi-sembunyi di atas kapal dapat dilakukan di Indonesia.

Kondisi tersebut sangat mungkin dilakukan setelah Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (Indonesia Commodity and Derivative Exchange/ICDX) secara resmi meluncurkan kontrak fisik timah murni batangan tersebut pada Senin (04/02/2019).

“Jika transaksi ekspor timah murni batangan tersebut saat ini dapat dilakukan di Indonesia dari sebelumnya di Singapura, maka devisa dapat kembali masuk ke Indonesia,” ujar CEO ICDX, Lamon Rutten, di Jakarta, Senin (04/02/2019).

Seperti diketahui, 70% timah Indonesia yang akan diekspor sebelumnya disimpan di Singapura dan penyerahannya dilakukan secara sembunyi-sembunyi di atas kapal.

Lamon mengemukakan, penggunaan fasilitas PLB dalam transaksi ekspor timah ini adalah yang pertama kali dilakukan di Indonesia dan berpusat di Bangka Belitung. Sebanyak 6.000 ton timah yang disimpan di Singapura kini dapat bisa disimpan di PLB.

“Dengan adanya PLB tersebut, maka timah yang diekspor akan memiliki kepastian hukum dan timah di PLB merupakan komoditas yang tercatat sebagai barang ekspor. Berdasarkan Peraturan Menkeu No. 28 Tahun 2018, komoditas yang berada di PLB tercatat sebagai barang yang akan diekspor,” papar Lamon.

Lamon menjelaskan, penyimpanan komoditas di gudang PLB adalah lnisiatif Presiden Joko Widodo. Pada 2016, Presiden Jokowi menegaskan, bahwa para pengusaha PLB diharapkan dapat memindahkan penimbunan barang ekspor di luar negeri ke Indonesia.

Sementara itu, demikian Lamon, peluncuran Kontrak Fisik Timah Murni Batangan (Ex-Warehouse) ini merupakan optimalisasi penggunaan gudang logistik berikat dan dapat menghilangkan country risk bagi pembeli dan penjual timah. Karena itu, timah yang disimpan di gudang PLB ini memiliki kepastian hukum.

“Dengan adanya perlakuan seperti ini, maka pelaku pasar timah global akan merasa lebih aman dan nyaman untuk bertransaksi timah di Indonesia, baik darl segi pembiayaan maupun logistik,” tukas Lamon.

Di samping itu, menurut Lamon, keberadaan ICDX yang telah meluncurkan kontrak fisik timah murni batangan tersebut akan membuat pertambangan timah menjadi lebih terorganisir. Selain itu, kepastian pembayaran royalti dan penerimaan Devisa Hasil Ekspor (DHE) dapat terjamin.

“Langkah yang dilakukan ICDX ini diharapkan dapat menstabilkan harga timah sehingga dapat menciptakan pasar yang kompetitif dan transparan. Ke depan, ICDX juga akan menempatkan komoditas nikel dan batu bara di PLB ini,” pungkas Lamon. (Abraham Sihombing)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirut BNI Syariah Abdullah Firman Wibowo bersama Rektor Undip Yos Johan Utama

Kamis, 27 Februari 2020 - 13:29 WIB

BNI Syariah Garap Universitas Diponegoro

BNI Syariah melakukan penandatangan nota kesepahaman/memorandum of understanding (MoU) dengan Universitas Diponegoro tentang kerja sama produk dan jasa perbankan syariah di Ruang Sidang Rektor…

Anjasmara

Kamis, 27 Februari 2020 - 13:00 WIB

Anjasmara Comeback ke Dunia Sinetron

Sejak lama menghilang dari dunia akting, Anjasmara lebih suka menyibukkan diri dengan olahraga Yoga dan ketika kembali ke dunia yang membesarkannya, peran yang disodorkan berubah 180 derajat.…

Raffi Ahmad

Kamis, 27 Februari 2020 - 12:30 WIB

Nagita Slavina Berhasil Hentikan Sifat PlayBoy Raffi Ahmad

Jarang ada selebritis yang mengakui terus terang kalau kenakalannya dibuka secara terbuka di hadapan publik, apalagi yang masalah pribadi. Tapi Raffi Ahmad mengakui kalau dimasa remaja menjadi…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada acara Perluasan Investasi dan Pelepasan Ekspor ke Amerika Serikat oleh PT. Future Pipe Industries

Kamis, 27 Februari 2020 - 12:17 WIB

Telan Investasi USD40 juta, PT. Future Pipe Industries Memulai Ekspor Produk Industri Pipanya ke Amerika Serikat

PT. Future Pipe Industries mulai tahun ini akan mengekspor produk pipa ke Amerika Serikat untuk proyek pembangunan infrastruktur sistem pembuangan yang menghubungkan beberapa kota di area San…

Ariel Tatum

Kamis, 27 Februari 2020 - 12:00 WIB

Ada Apa Antara Ariel Tatum dan Glenn Fredly?

Setelah merasa nyaman di dunia akting, Ariel Tatum ingin mengembangkan sayap dengan terjun ke dunia tarik suara. Dan sebagai bukti keseriusan Ariel Tatum terjun ke dunia tarik suara ia akan…