Kawasan Industri Jababeka Jadi Satu Wilayah di Indonesia yang Sangat Siap Masuk ke Era Industri 4.0

Oleh : Ridwan | Rabu, 06 Maret 2019 - 19:05 WIB

Chairman PT Jababeka Tbk. Setyono Djuandi Darmono (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Chairman PT Jababeka Tbk. Setyono Djuandi Darmono (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT. Jababeka Tbk, menyatakan kesiapannya menyambut era industri 4.0 yang telah menjadi keharusan bagi semua sektor industri tak terkecuali kawasan industri di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Chairman PT. Jababeka Tbk. Setyono Djuandi Darmono dalam diskusi bertajuk "Remaking Indonesia: Industry 4.0" di Menara Batavia, Jakarta, Rabu (6/3).

"Kami telah siap menyambut era industri 4.0. Kami sudah siapkan semua, baik dari segi infrastruktur maupun sumber daya manusia (SDM)," katanya.

Ditambahkan Darmono, untuk menjembatani kebutuhan industri 4.0, pihaknya telah melakukan aktualisasi teknologi informasi dan komunikasi dengan menyediakan teknologi berbasis fiber optic dan survei atau ence system di kawasan industri Jababeka

"Kita sudah sediakan itu sejak tahun 2014. Ini juga sekaligus menjadi keseriusan kami untuk membawa Jababeka menjadi Smart City," terang Darmono.

Dari segi SDM, tambah Darmono, pihaknya melalui Presiden University telah memulai sistem pendidikan tinggi dan kurikulum mahasiswa sesuai dengan era industri 4.0.

"Ada tiga pilar pendidikan yang dibangun oleh President University untuk menghadapi era industri 4.0, yaitu pengembangan riset bioteknologi dan medical science, pendidikan yang berbasis budaya dan juga penggunaan teknologi informasi (IT) dalam pembelajaran kepada mahasiswa," jelas SD Darmono yang juga sebagai pendiri President University.

Lebih lanjut, SD Darmono menjelaskan, President University ingin menghasilkan SDM yang tidak hanya berprestasi secara akademis, namun juga unggul dan berdaya saing karena kekuatan karakter.

"President University akan turut mengambil peran dalam mencetak tenaga-tenaga ahli sesuai roadmap program Making Indonesia 4.0," jelasnya.

Sementara itu, Chairman National ICT Council (Wantiknas), Ilham Akbar Habibie menilai PT. Jababeka sudah sangat siap untuk menerapkan industri 4.0 di Kawasan Industri Jababeka di Cikarang.

"Industri di Jababeka sudah sangat siap, dan sudah banyak yang menerapkan industri 4.0," ungkap Ilham.

Menurut Ilham, Jababeka sudah sangat siap dalam segi infrastruktur mapun pelatihan untuk SDM. "Jababeka merupakan suatu wilayah di Indonesia yang relatif sangat siap untuk masuk ke era industri 4.0," tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk, Maryono (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 23 April 2019 - 23:25 WIB

Hingga 31 Maret 2019, Bank BTN Salurkan Kredit Bernilai Total Rp242 Triliun

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) atau Bank BTN hingga 31 Maret 2019 menyalurkan kredit dan pembiayaan sebesar Rp242,13 triliun, tumbuh 19,57% dibandingkan posisi hingga akhir 31 Maret 2018…

Rektor Universitas Muhammadiyah, Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M (ketiga dari kiri) dan Direktur Human Capital Management Telkom Herdy Harman (ke empat dari kiri)

Selasa, 23 April 2019 - 22:31 WIB

Direksi Telkom Berbagi Inspirasi dengan 3.000 Mahasiswa di Palembang

Jakarta – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan Kementerian BUMN hadir memberikan inspirasi dan motivasi di depan sekitar 3.000 mahasiswa Universitas Muhammadiyah di Palembang. 

GIICOMVEC ajang pameran kendaraan niaga siap hadir menyapa masyarakat di 2020

Selasa, 23 April 2019 - 22:15 WIB

Siap-siap Pameran Kendaraan Niaga Kembali Hadir

Pameran Business to Business (B2B), GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) akan berlangsung untuk kedua kalinya pada 5 hingga 8 Maret 2020, di Jakarta Convention…

Direktur Utama Finnet, Bona L. Parapat.

Selasa, 23 April 2019 - 21:09 WIB

Selaraskan Program Kementerian BUMN, Finnet Luncurkan Logo dan Tagline Baru

Finnet, salah satu entitas bisnis Telkom Group, meluncurkan logo baru Finnet dan Finpay di Hotel Alana, Yogjakarta, Selasa (23/04/2019). Kegiatan yang digelar bersamaan dengan gathering bersama…

Konferensi pers Grand Opening John Robert Powers Menara Astra Sudirman

Selasa, 23 April 2019 - 21:00 WIB

Pindah ke Menara Astra, John Robert Powers Indonesia Tawarkan Dua Program Baru

Sekolah kepribadian John Robert Powers (JRP) Indonesia hari ini resmi memindahkan kantor pusatnya dari Lippo Kuningan ke Menara Astra, Sudirman, Jakarta. Pemindahan kantor itu bertujuan untuk…