Kawasan Industri Jababeka Jadi Satu Wilayah di Indonesia yang Sangat Siap Masuk ke Era Industri 4.0

Oleh : Ridwan | Rabu, 06 Maret 2019 - 19:05 WIB

Chairman PT Jababeka Tbk. Setyono Djuandi Darmono (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Chairman PT Jababeka Tbk. Setyono Djuandi Darmono (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT. Jababeka Tbk, menyatakan kesiapannya menyambut era industri 4.0 yang telah menjadi keharusan bagi semua sektor industri tak terkecuali kawasan industri di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Chairman PT. Jababeka Tbk. Setyono Djuandi Darmono dalam diskusi bertajuk "Remaking Indonesia: Industry 4.0" di Menara Batavia, Jakarta, Rabu (6/3).

"Kami telah siap menyambut era industri 4.0. Kami sudah siapkan semua, baik dari segi infrastruktur maupun sumber daya manusia (SDM)," katanya.

Ditambahkan Darmono, untuk menjembatani kebutuhan industri 4.0, pihaknya telah melakukan aktualisasi teknologi informasi dan komunikasi dengan menyediakan teknologi berbasis fiber optic dan survei atau ence system di kawasan industri Jababeka

"Kita sudah sediakan itu sejak tahun 2014. Ini juga sekaligus menjadi keseriusan kami untuk membawa Jababeka menjadi Smart City," terang Darmono.

Dari segi SDM, tambah Darmono, pihaknya melalui Presiden University telah memulai sistem pendidikan tinggi dan kurikulum mahasiswa sesuai dengan era industri 4.0.

"Ada tiga pilar pendidikan yang dibangun oleh President University untuk menghadapi era industri 4.0, yaitu pengembangan riset bioteknologi dan medical science, pendidikan yang berbasis budaya dan juga penggunaan teknologi informasi (IT) dalam pembelajaran kepada mahasiswa," jelas SD Darmono yang juga sebagai pendiri President University.

Lebih lanjut, SD Darmono menjelaskan, President University ingin menghasilkan SDM yang tidak hanya berprestasi secara akademis, namun juga unggul dan berdaya saing karena kekuatan karakter.

"President University akan turut mengambil peran dalam mencetak tenaga-tenaga ahli sesuai roadmap program Making Indonesia 4.0," jelasnya.

Sementara itu, Chairman National ICT Council (Wantiknas), Ilham Akbar Habibie menilai PT. Jababeka sudah sangat siap untuk menerapkan industri 4.0 di Kawasan Industri Jababeka di Cikarang.

"Industri di Jababeka sudah sangat siap, dan sudah banyak yang menerapkan industri 4.0," ungkap Ilham.

Menurut Ilham, Jababeka sudah sangat siap dalam segi infrastruktur mapun pelatihan untuk SDM. "Jababeka merupakan suatu wilayah di Indonesia yang relatif sangat siap untuk masuk ke era industri 4.0," tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gedung BNI

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:28 WIB

BNI Terbitkan Global Bond Senilai USD500 Juta

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berencana melakukan penerbitan surat utang senior dalam denominasi Dolar Amerika Serikat senilai USD500 juta atau sekitar Rp7,94 triliun (kurs…

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…