Pembangunan Sirkuit Mandalika Dapat Pulihkan Pariwisata Lombok

Oleh : Herry Barus | Kamis, 28 Februari 2019 - 18:00 WIB

Kuta Mandalika
Kuta Mandalika

INDUSTRY.co.id

Mataram- Sejumlah pemilik biro perjalanan wisata di Nusa Tenggara Barat, menilai pembangunan Sirkuit Mandalika untuk penyelenggaraan seri MotoGP 2021 akan mempercepat pemulihan pariwisata Lombok pascagempa.

"Kami sangat mengapresiasi dan mendukung begitu Lombok ditetapkan sebagai tuan rumah MotoGP," kata pemilik biro perjalanan wisata Leko Holidays, Leja Kodi di Mataram, Rabu(27/3/2019)

Ia menilai penetapan Sirkuit Mandalika, sebagai lokasi penyelenggaraan MotoGP pada 2021 berdampak positif bagi pemulihan pariwisata NTB.

"Begitu kabar ini muncul banyak teman-teman biro perjalanan wisata yang ada di luar langsung menelpon kami mengucapkan selamat, meski belum apa-apa. Tapi respons itu lho wah sekali," ucapnya.

Wanita yang akrab disapa Ingoe ini, melihat potensi MotoGP begitu besar pengaruhnya bagi pariwisata Lombok ke depan. Sebab, kata dia, orang NTB yang suka dengan balapan kuda besi itu sangat banyak. Ini terbukti ketika MotoGP digelar di Malaysia, banyak orang NTB yang rela pergi ke Malaysia hanya sekedar untuk nonton MotoGP secara langsung.

"Kita ini jangan salah, setiap tahun kalau MotoGP digelar di Malaysia orang NTB itu banyak yang berangkat menonton. Apalagi kalau benar MotoGP digelar Lombok, gak bisa kita bayangkan antusiasnya," jelas Ingoe seperti dilansir Antara.

Hal senada juga diutarakan, Sekjen Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) NTB, Badrun. Ia mengungkapkan, begitu Lombok ditetapkan sebagai tuan rumah MotoGP 2021, antusias warga sangat besar termasuk para pemilik biro perjalanan wisata.

Ia berharap ITDC selaku pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dapat mendorong percepatan pembangunan sirkuit tersebut sebelum 2021.

"Kalau event besar, gak mungkin satu dua yang dapat. Pasti seluruh biro perjalanan wisata juga dapat," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Media Luar Ruang City Vision

Selasa, 07 April 2020 - 10:10 WIB

City Vision Gandeng PT. KAI Beri Edukasi Tentang COVID-19 Lewat Media Luar Ruang

Kerjasama antara City Vision dan PT. Kareta Api Indonesia ini diharapkan mampu semakin meningkatkan pengetahuan dan kewaspadaan masyarakat akan bahaya virus corona melalui aset-aset digital…

Presiden Jokowi

Selasa, 07 April 2020 - 10:06 WIB

Pasien Covid-19 Capai 2.491, Jokowi: Saya Meminta Masyarakat Patuh, Keluar Rumah Pakai Masker

WHO mengungkapkan bahwa penularan COVID-19 dapat menyebar dari orang ke orang melalui tetesan kecil dari hidung atau mulut yang menyebar ketika orang yang terinfeksi COVID-19 batuk atau buang…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Selasa, 07 April 2020 - 10:05 WIB

Pelaku Industri Minta Pemerintah Fasilitasi Pemberian Kredit Murah untuk Bayar THR

Sejumlah kalangan industri mengusulkan agar pemerintah bisa memfasilitasi pemberian kredit murah dari bank kepada perusahaan untuk membayar atau mencicil pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR)…

Jakarta Garden City

Selasa, 07 April 2020 - 10:05 WIB

Jakarta Garden City Tebar Promo Gede-gedean, Diskon Langsung Rp800 Jutaan Hingga Subsidi Bunga Rp137 Jutaan

Banyak cara yang terus dilakukan pihak pengembang properti demi menangkap peluang dan memulihkan minat pembeli untuk selalu berinvestasi di sektor properti di tengah kondisi yang kurang baik…

Kementerian PUPR Izinkan Penggunaan Rusunawa untuk Perawatan Pasien Covid-19

Selasa, 07 April 2020 - 10:00 WIB

Kementerian PUPR Izinkan Penggunaan Rusunawa untuk Perawatan Pasien Covid-19

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah mengizinkan pemanfaatan sejumlah rumah susun sewa (Rusunawa) di beberapa daerah di Indonesia sebagai tempat perawatan karantina atau isolasi…