Pembangunan Sirkuit Mandalika Dapat Pulihkan Pariwisata Lombok

Oleh : Herry Barus | Kamis, 28 Februari 2019 - 18:00 WIB

Kuta Mandalika
Kuta Mandalika

INDUSTRY.co.id

Mataram- Sejumlah pemilik biro perjalanan wisata di Nusa Tenggara Barat, menilai pembangunan Sirkuit Mandalika untuk penyelenggaraan seri MotoGP 2021 akan mempercepat pemulihan pariwisata Lombok pascagempa.

"Kami sangat mengapresiasi dan mendukung begitu Lombok ditetapkan sebagai tuan rumah MotoGP," kata pemilik biro perjalanan wisata Leko Holidays, Leja Kodi di Mataram, Rabu(27/3/2019)

Ia menilai penetapan Sirkuit Mandalika, sebagai lokasi penyelenggaraan MotoGP pada 2021 berdampak positif bagi pemulihan pariwisata NTB.

"Begitu kabar ini muncul banyak teman-teman biro perjalanan wisata yang ada di luar langsung menelpon kami mengucapkan selamat, meski belum apa-apa. Tapi respons itu lho wah sekali," ucapnya.

Wanita yang akrab disapa Ingoe ini, melihat potensi MotoGP begitu besar pengaruhnya bagi pariwisata Lombok ke depan. Sebab, kata dia, orang NTB yang suka dengan balapan kuda besi itu sangat banyak. Ini terbukti ketika MotoGP digelar di Malaysia, banyak orang NTB yang rela pergi ke Malaysia hanya sekedar untuk nonton MotoGP secara langsung.

"Kita ini jangan salah, setiap tahun kalau MotoGP digelar di Malaysia orang NTB itu banyak yang berangkat menonton. Apalagi kalau benar MotoGP digelar Lombok, gak bisa kita bayangkan antusiasnya," jelas Ingoe seperti dilansir Antara.

Hal senada juga diutarakan, Sekjen Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) NTB, Badrun. Ia mengungkapkan, begitu Lombok ditetapkan sebagai tuan rumah MotoGP 2021, antusias warga sangat besar termasuk para pemilik biro perjalanan wisata.

Ia berharap ITDC selaku pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dapat mendorong percepatan pembangunan sirkuit tersebut sebelum 2021.

"Kalau event besar, gak mungkin satu dua yang dapat. Pasti seluruh biro perjalanan wisata juga dapat," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso di Universitas Sebelas Maret

Minggu, 25 Agustus 2019 - 09:20 WIB

Wimboh Dikukuhkan jadi Guru Besar Tidak Tetap FEB UNS

Surakarta—Untuk pertama kalinya, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengukuhkan guru besar tidak tetap di bidang Ilmu Manajemen Risiko pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Beliau…

Singapore Airlines (SIA) Grup (Foto Ist)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 09:00 WIB

SIA-BCA Travel Fair 2019 Tawarkan Harga dan Paket Perjalanan Menarik

Singapore Airlines (SIA) bersama Bank Central Asia (BCA) kembali menyelenggarakan Singapore Airlines – BCA Travel Fair 2019 pada tanggal 23 – 25 Agustus 2019. Travel fair ini akan diselenggarakan…

Petani santri milenial

Minggu, 25 Agustus 2019 - 08:13 WIB

Dorong Kerjasama Program Santri Tani dan OPOP

Surabaya - Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), sekaligus koordinator OPOP Training Center, Mohammad…

Kepala Badan Karantina Kementan di Sumbar

Minggu, 25 Agustus 2019 - 07:43 WIB

Sumbar Ekspor Cangkang Sawit Ke Jepang

Padang -  Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) melepas 22,8 ribu ton produk turunan sawit asal Sumatera Barat. Produk turunan sawit  masing-masing minyak sawit…

Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo di UGM

Minggu, 25 Agustus 2019 - 07:24 WIB

BNI Syariah Dorong Kedaulatan Pangan Melalui Ekonomi Syariah

Jogjakarta - BNI Syariah berusaha mendorong kedaulatan pangan. Salah satunya dilakukan dengan partisipasi bank di acara Seminar Nasional Hasil Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian yang diadakan…