Pembangunan Sirkuit Mandalika Dapat Pulihkan Pariwisata Lombok

Oleh : Herry Barus | Kamis, 28 Februari 2019 - 18:00 WIB

Kuta Mandalika
Kuta Mandalika

INDUSTRY.co.id

Mataram- Sejumlah pemilik biro perjalanan wisata di Nusa Tenggara Barat, menilai pembangunan Sirkuit Mandalika untuk penyelenggaraan seri MotoGP 2021 akan mempercepat pemulihan pariwisata Lombok pascagempa.

"Kami sangat mengapresiasi dan mendukung begitu Lombok ditetapkan sebagai tuan rumah MotoGP," kata pemilik biro perjalanan wisata Leko Holidays, Leja Kodi di Mataram, Rabu(27/3/2019)

Ia menilai penetapan Sirkuit Mandalika, sebagai lokasi penyelenggaraan MotoGP pada 2021 berdampak positif bagi pemulihan pariwisata NTB.

"Begitu kabar ini muncul banyak teman-teman biro perjalanan wisata yang ada di luar langsung menelpon kami mengucapkan selamat, meski belum apa-apa. Tapi respons itu lho wah sekali," ucapnya.

Wanita yang akrab disapa Ingoe ini, melihat potensi MotoGP begitu besar pengaruhnya bagi pariwisata Lombok ke depan. Sebab, kata dia, orang NTB yang suka dengan balapan kuda besi itu sangat banyak. Ini terbukti ketika MotoGP digelar di Malaysia, banyak orang NTB yang rela pergi ke Malaysia hanya sekedar untuk nonton MotoGP secara langsung.

"Kita ini jangan salah, setiap tahun kalau MotoGP digelar di Malaysia orang NTB itu banyak yang berangkat menonton. Apalagi kalau benar MotoGP digelar Lombok, gak bisa kita bayangkan antusiasnya," jelas Ingoe seperti dilansir Antara.

Hal senada juga diutarakan, Sekjen Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) NTB, Badrun. Ia mengungkapkan, begitu Lombok ditetapkan sebagai tuan rumah MotoGP 2021, antusias warga sangat besar termasuk para pemilik biro perjalanan wisata.

Ia berharap ITDC selaku pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dapat mendorong percepatan pembangunan sirkuit tersebut sebelum 2021.

"Kalau event besar, gak mungkin satu dua yang dapat. Pasti seluruh biro perjalanan wisata juga dapat," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…

Direktur Retail Banking BSI Ngatari (kiri) dan Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan) saat meresmikan Program Hujan Emas BSI 2022 di Pasar Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta.

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:18 WIB

Dorong Investasi Emas di Masyarakat, BSI Lakukan Program Hujan Emas

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) mendorong minat masyarakat dalam berinvestasi khususnya melalui instrumen logam mulia atau emas lewat Program Hujan Emas.

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:17 WIB

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Menurut laporan We Are Social, penggunaan internet di Indonesia untuk bersosial media menghabiskan 197 menit atau sekitar 3,2 jam per harinya. Seperti yang sudah kita tahu, media sosial digunakan…