Sucofindo Kembangkan Layanan Digitalisasi Proses Tingkatkan Kinerja Bisnis

Oleh : Herry Barus | Senin, 25 Februari 2019 - 08:00 WIB

 Sucofindo Kembangkan Layanan Digitalisasi Proses Tingkatkan Kinerja Bisnis (Foto Dok Industry.co.id)
Sucofindo Kembangkan Layanan Digitalisasi Proses Tingkatkan Kinerja Bisnis (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Bogor Membuka tahun 2019, PT. Sucofindo (Persero) menyelenggarakan Rapat Pimpinan Nasional 2019 dengan tema “Pertumbuhan, Inovasi dan Digitalisasi Proses Bisnis.” Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 18 dan 19 Februari 2019 di Hotel Aston Bogor.

Rapimnas dibuka oleh Irjen Pol (Purn) Dr. Syahrul Mamma, S.H, M.H, selaku Komisaris Utama dengan memberikan arahan bagi seluruh jajaran pimpinan Sucofindo, untuk melakukan inovasi, dan digitalisasi proses bisnis untuk terus bertumbuh pada era Industri 4.0.

Syahrul mengatakan tahun 2018 Sucofindo telah menutup tahun dengan kinerja meningkat, yaitu pendapatan meningkat 28,9 persen dari tahun sebelumnya, menjadi sebesar Rp 2,63 Triliun dan mencetak laba naik sebesar 24,4 persen dari tahun sebelumnya, yaitu menjadi 294,3 Miliar.

Pada Rapimnas tersebut, Bachder Djohan Buddin, Dirut Sucofindo memaparkan bahwa Sucofindo telah menetapkan target pendapatan tahun 2019 sebesar 2,82 Triliun atau tumbuh minimal 14,7 persen, dengan target laba bersih sebesar Rp 344,12 Miliar atau naik sebesar 20,4 persen.

Bachder, mengatakan bahwa tahun 2019, tantangan BUMN Survei semakin berat, menghadapi era disrupsi, Sucofindo harus melakukan inovasi bisnis dan adaptif terhadap perkembangan di era industri 4.0 untuk dapat meningkatkan kinerja bisnisnya.

Sektor telekomunikasi yang berkembang cepat, merupakan salah satu sektor yang dibidik oleh Sucofindo. Perkembangan tersebut perlu pemastian produknya dari sisi kualitas, keamanan, dan kesehatan. Pemastian tersebut perlu dukungan semua pihak dari regulator, produsen, importir, serta lembaga uji dan sertifikasi. Untuk itulah, Sucofindo mengembangkan Laboratorium Telekomunikasi dan Informasi, yang diawali dengan Laboratorium pengujian Radio Frekuensi (RF) untuk produk Handphone, Komputer Genggam dan Tablet (HKT).

Layanan Sucofindo lainnya adalah di bidang lingkungan, yaitu dengan dikeluarkannya guideline pertama di Indonesia untuk sertifikasi Greenport. Beberapa pelabuhan dan industri yang memiliki pelabuhan di Indonesia, telah menerapkan guideline ini dan berupaya mendapatkan sertifikasi Greenport ini untuk meningkatkan kinerja pelabuhan.

Sucofindo juga terus meningkatkan peran untuk membantu berbagai kebijakan pemerintah dan membantu upaya perlindungan konsumen, salah satunya, Sucofindo siap untuk membantu melakukan audit dan sertifikasi untuk Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) serta sertifikasi Biro Perjalanan Wisata (BPW).

Sinergi dengan beberapa pihak juga dilakukan untuk meningkatkan kinerja bisnis.  Bersamaan dengan pembukaan Rapimnas tersebut, Sucofindo melaksanakan penandatanganan Nota Kesepahamanan dengan PT Timah Tbk dan Whatshalal Singapore.

Sucofind0 meningkatkan kerjasamanya dengan PT Timah Tbk, terkait dengan jasa inspeksi, pengujian, sertifikasi, pelatihan dan konsultansi, melalui penandatanganan Nota Kesepahaman yang ditandatangani oleh Muhammad Rizki, Direktur SDM dan Umum PT Timah Tbk. 

Bachder mengatakan, kerjasama Sucofindo dengan Timah telah terjalin dengan baik, diantaranya  untuk verifikasi asal-usul bijih timah dari hulu sampai hilir, verifikasi logam timah baik domestik maupun ekspor, Quality Control Pengawasan Timah Batangan. Juga mendukung jasa- jasa kalibrasi keseluruh laboratorium PT Timah Tbk.  Kegiatan-kegiatan ini mendukung PT Timah untuk mengontrol kualitas timah sesuai dengan Regulasi Perdagangan dan mendukung upaya PT Timah, untuk melakukan reklamasi tambang. 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…