BNI Life Terima Penghargaan Unit Link Terbaik 2019

Oleh : Herry Barus | Kamis, 21 Februari 2019 - 07:00 WIB

BNI Life Terima Penghargaan Unit Link Terbaik 2019
BNI Life Terima Penghargaan Unit Link Terbaik 2019

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Sebanyak 52 penghargaan diberikan kepada 36 unit link yang dikelola 16 Perusahaan Asuransi Jiwa. Penghargaan tersebut diberikan kepada 10 unit link saham, 15 unit link campuran, 15 unit link pendapatan tetap, dan 12 unit link pasar uang. Dari keseluruhan penghargaan itu, terdapat 10 penghargaan untuk unit link berdenominasi dolar AS dan 6 penghargaan khusus untuk unit link yang dikelola perusahaan asuransi BUMN dan anak usaha BUMN.

Tahun ini merupakan tahun kedua Majalah Investor  bekerjasama dengan PT Infovesta Utama, memberikan penghargaan untuk produk unit link (unit linked) yang mampu menorehkan kinerja terbaik. Penghargaan  diberikan pada acara  Penganugerahan  Unit Link Terbaik 2019 yang diselenggarakan Kamis (20/2/2019) di Hotel JS Luwansa,  Jakarta.

 “Penghargaan  ini diberikan sebagai bentuk apresiasi  atas produk-produk unggul yang dikelola industri asuransi jiwa, yang merupakan bagian dari komitmen memberi nilai tambah bagi para pemegang polis. Kiranya lewat penghargaan ini,  perusahaan asuransi jiwa  makin terpacu untuk  mengelola dana nasabah secara optimal, melalui penempatan investasi yang tepat,”  ujar Pemimpin Redaksi Majalah Investor,  Primus Dorimulu.

Penilaian  unit link terbaik didasarkan pada kinerja investasi, yang  tercermin dari  imbal hasil yang ditorehkan. Penilaian tidak saja didasarkan pada total return, tetapi juga memperhitungkan optimalisasi return. Optimalisasi return ini dihitung dengan menggunakan Modified Sharpe  Ratio, yang memperhitungkan faktor risiko. Dalam penilaian dua indikator ini, ditetapkan pembobotan 40% untuk total return dan 60% modified sharpe ratio.

Berdasarkan hasil pemeringkatan, beberapa produk unit link mampu memperoleh lebih dari satu penghargaan. Seperti tahun lalu, Carlink Pro-Safe berdenominasi rupiah dari PT Asuransi Jiwa Central Asia Raya kembali meraih 3 penghargaan sekaligus,  yakni untuk 5 tahun, 7 tahun, maupun 10 tahun.

Tiga penghargaan untuk periode yang sama juga diraih unit link B-Link Dana Cemerlang yang diterbitkan BNI Life dan Safe Link Plus dari Equity Life Indonesia. Beberapa produk unit link lainnya meraih dua penghargaan seperti  AVRIST Link Acces IDR Fund dari Avrist Assurance, SmartLink Dollar Managed Fund dari Allianz Life,  maupun WAL Equity Fund dari Asuransi Jiwa Adisarana WanaArtha.

Jika  dilihat dari perusahaan penerbit,  penghargaan Unit Link Terbaik 2019 didominasi PT Asuransi Jiwa Central Asia Raya dengan 12 penghargaan, baik unit link berdenominasi rupiah maupun berdenominasi  dolar.

Perusahaan lain yang juga menonjol adalah BNI Life Insurance yang menempatkan 7 produk unit link serta Panin Dai-ichi Life dengan 5 penghargaan dan  Prudential Life Assurance dengan 4 penghargaan.

Produk yang Diperingkat

Produk unit link yang diikutkan dalam proses penilaian harus memenuhi  persyaratan.  Antara lain,  unit link yang diperingkat minimal berusia 5 tahun per 30 Desember 2018, dan kinerja  produk tidak berada di luar kewajaran.   Kategori produk yang dinilai meliputi unit link jenis saham, campuran, pendapatan tetap, dan pasar uang. Ada pemisahan antara produk berdenominasi rupiah dan dolar AS. Dari total 548 produk Unit Link yang tersedia hingga akhir Desember 2018, hanya 318 produk yang diikutsertakan dalam  pemeringkatan dengan beberapa pertimbangan eliminasi, seperti kinerja  minimal 5 tahun, kinerja historis di luar kewajaran (outlier), maupun produk-produk dari perusahaan asuransi yang sedang berada dalam kondisi  tertentu.

Seluruh unit link tersebut kemudian dikelompokkan, yaitu unit link saham, campuran, pendapatan tetap denominasi rupiah, pendapatan tetap denominasi US Dollar, dan unit link pasar uang.  Periode penilaian, terdiri dari tiga kategori, yaitu 5 tahun, 7 tahun, dan 10 tahun. Periode penilaian ini disesuaikan dengan sifat produk unit link yang berorientasi jangka panjang. 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Gerbang Tol

Senin, 27 Mei 2019 - 15:00 WIB

Tarif Tol Jakarta-Merak Diskon 15 Persen saat Libur Lebaran

Pengelola jalan tol Tangerang-Merak, PT Marga Mandalasakti akan memberi potongan (diskon) tarif sebesar 15 persen yang akan diberlakukan 27 - 29 Mei sebelum puncak arus mudik dan 10-12 Juni…

Apacer AC633 USB 3.1

Senin, 27 Mei 2019 - 14:01 WIB

Pamerkan Portofolionya, Apacer Resmikan Program Terbaru di Computex Taipei 2019

Apacer, produsen storage kelas industri terkemuka di dunia hadir di COMPUTEX TAIPEI 2019 dan meresmikan program terbarunya “Welcoming Intelligent Connectivity” (Menyambut Konektivitas…

Penyanyi Pendatang Baru Gabriella Larasati membawakan Ost Dont Run Away

Senin, 27 Mei 2019 - 14:00 WIB

Gabriella Larasati Jadi Debutan Super Media Music

PT Super Media Produksi, sebuah rumah produksi Film yang didirikan pada mei 2018, oleh Unchu Viejay dan Adi Garing, yang dikenal, dengan karya perdana film horror berjudul don’t run away.…

Kolaborasi Alodokter dan Century

Senin, 27 Mei 2019 - 13:42 WIB

Alodokter Gandeng Century Ciptakan Sinergi Layanan Kesehatan

Kolaborasi ini memiliki visi untuk menciptakan sinergi layanan kesehatan terbaik yang memberikan banyak keuntungan bagi keluarga muda modern Indonesia.

Gelaran Unlock Your Creativity

Senin, 27 Mei 2019 - 12:19 WIB

Segera Meluncur di Indonesia, OPPO Ajak Konsumen Cicipi Smartphone Teranyar Reno Series

OPPO menggelar acara “Unlock Your Creativity” untuk memberikan kesempatan awal kepada konsumen dalam mencoba produk terbaru OPPO Reno Series, sebelum resmi diluncurkan di Indonesia.