Tahun Buku 2018, Elnusa Pecahkan Rekor Pendapatan Usaha

Oleh : Herry Barus | Rabu, 20 Februari 2019 - 19:00 WIB

PT Elnusa Tbk (Elnusa), (Foto Dok Industry.co.id)
PT Elnusa Tbk (Elnusa), (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Elnusa Tbk (Elnusa), perusahaan terkemuka penyedia jasa energi, menutup tahun buku 2018 dengan kinerja yang menggembirakan. Elnusa berhasil mendongkrak kinerja dengan membukukan pendapatan usaha sebesar Rp6,6 triliun dan laba bersih Rp276 miliar. Hal ini jauh meningkat bila dibandingkan dengan capaian 2017 yang mencatatkan pendapatan usaha Rp4,9 trilun dan laba bersih Rp247 miliar.

 Direktur Utama Elnusa, Tolingul Anwar, mempaparkan bahwa, “Strategi menggenjot jasa hulu migas berbasis non-aset serta jasa distribusi & logistik energi yang kami lakukan, berhasil kembali memecahkan rekor pendapatan usaha tertinggi sebelumnya. Pendapatan usaha tumbuh 33% dibandingkan tahun 2017.”

Peningkatan kinerja jasa hulu migas berbasis nonaset dilakukan dengan memenangkan peluang-peluang bisnis Engineering, Procurement, Construction Operation & Maintenance (EPC-OM) dengan kontrak-kontraknya yang bersifat multiyear.

Peningkatan volume thruput terjadi pada jasa distribusi & logistik energi, melalui unit usahanya seperti jasa transportasi BBM, perdagangan BBM industri marine maupun manajemen depo. Sehingga perbaikan kinerja ini membuahkan hasil pendapatan usaha tahun ini.

 “Secara komposisi pendapatan, jasa hulu migas memberikan kontribusi sebesar 40% dan jasa distribusi logistik energi sebesar 56%, sedangkan sisanya sebesar 4% disumbangkan oleh jasa penunjang. Kami meyakini bahwa hasil ini tergolong wajar ditengah kondisi industri migas saat ini. Karena mulai membaiknya harga minyak tidak serta merta menaikkan harga jasa hulu migas. ”, tambah Tolingul.

Strategi untuk menghasilkan kinerja terbaik 2018 telah menopang Elnusa untuk menghasilkan laba bersih Rp276 miliar atau lebih tinggi 12% dibandingkan tahun sebelumnya. Hasil ini merupakan pencapaian yang tergolong baik, karena Elnusa dapat tetap tumbuh.

Tolingul menjelaskan bahwa, “Kami optimis kinerja Elnusa akan lebih baik lagi pada tahun mendatang. Hal ini ditopang dengan perolehan kontrak multiyear yang telah diterima pada bisnis nonaset, peluang besar dan geliat jasa distribusi  dan logistik energi, serta nilai tambah total solution services_ yang kami berikan untuk jasa klien”.

 Elnusa Total Solution Services_ merupakan rangkaian jasa yang ditawarkan Elnusa untuk menyelesaikan permasalahan klien secara komprehensif. Berbeda dengan keumuman jasa saat ini yang dilakukan secara parsial, sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama dengan harga yang lebih mahal.

Elnusa Total Solution Services merupakan jawaban atas dinamika industri migas dan tantangan klien dalam menghadirkan jasa yang lebih baik, lebih cepat serta lebih kompetitif.

 “Elnusa memiliki jasa terintegrasi dari hulu hingga hilir migas, serta berbagai jasa penunjangnya. Dengan kompetensi dan pengalaman lebih dari 45 tahun, kami yakin mampu menghadirkan solusi total untuk klien. Kami percaya bila klien sukses, kami pun akan sukses,” tutup Tolingul.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kapal pengangkut batu bara (ist)

Kamis, 23 Mei 2019 - 09:30 WIB

Trans Power Marine Bagikan Dividen Tunai Sekitar 64% Dari Laba Bersih Tahun 2018

Jakarta-Pada tahun 2018, volume produksi batu bara nasional mengalami kenaikan sekitar 15% menjadi 528 juta ton yang didukung oleh peningkatan permintaan aktivitas ekspor batu bara, sehingga…

Manajemen Angkasa Pura I paparkan kesiapan, layanan, dan Posko Angkutan Lebaran bandara-bandara AP I

Kamis, 23 Mei 2019 - 07:02 WIB

Sambut Lebaran, Angkasa Pura I Gelar Posko Angkutan Udara Lebaran 2019

Jakarta-Sebagai upaya untuk mendukung program pemerintah dalam melancarkan arus mudik dan balik Lebaran 2019, Angkasa Pura I menyelenggarakan Posko Angkutan Udara Lebaran Terpadu di seluruh…

RUPST setujui pembagian dividen Rp1,23 triliun atau setara Rp207,64 per saham, dan akan dibayarkan satu bulan setelah RUPST disepakati

Kamis, 23 Mei 2019 - 06:46 WIB

SMGR Sebar Dividen Rp207,64 per Saham

Jakarta-Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR), di Jakarta, Rabu (22/5/2019), RUPST memutuskan untuk membagikan dividen kepada pemegang…

KH Muhammad Arifin Ilham bersama Wiyanto jurnalis Industry.co.id

Kamis, 23 Mei 2019 - 04:28 WIB

Ustadz Arifin Ilham Meninggal Dunia

Jakarta - Ustadz Arifin Ilham, ulama besar Indonesia yang masih muda telah berpulang ke Rahmatullah di Rumah Sakit Malaysia. Meninggalkan tiga istri dan beberapa anaknya.

Dirut Bank BTN, Maryono, sedang memberikan penjelasan mengenai kondisi sektor properti pasca pilpres 2019 di Jakarta.

Rabu, 22 Mei 2019 - 23:58 WIB

BTN SIAPKAN RP14,58 TRILIUN SAMBUT LIBUR IDUL FITRI 1440 H

Jakarta-Untuk menjamin tercukupinya kebutuhan dana tunai bagi nasabah menjelang dan sesudah Hari Raya Idul Fitri 1440 H, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menyiapkan dana sebesar Rp 14,58…