Bali Menjadi Tuan Rumah Acara Sketsa Seni Internasional Pertama di Indonesia

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 16 Februari 2019 - 08:00 WIB

1O1 Travel Sketch Bali (Foto Dok Industry.co.id)
1O1 Travel Sketch Bali (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Bali- 1O1 Travel Sketch sebuah acara karya cipta asli PHM Hospitality ini sedang dalam persiapan penuh untuk tanggal 1 - 3 Maret 2019 di Bali. Didukung oleh THE HAVEN SUITES Bali Berawa, THE HAVEN Bali Seminyak, FRii Bali Echo Beach dan Fontana Hotel Bali, a PHM Collection, dan Sketchwalker, 1O1 Travel Sketch Bali International Edition adalah acara yang sangat diminati oleh para artis sketsa dan penggemar gaya hidup karena didedikasikan untuk mereka yang suka bepergian dan menghargai seni.

Sejak acara pertama pada Oktober 2017, acara ini telah mendapat dukungan penuh dari Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) serta pemerintah provinsi dan daerah pada kota di mana acara 1O1 Travel Sketch berlangsung. Kementerian Pariwisata juga memainkan peranan penting dalam mendukung dan mensponsori acara 1O1 Travel Sketch.

Hadir dalam konferensi pers Muh Ricky Fauziyani, Asisten Deputi Pemasaran I Regional III, Kementrian Pariwisata, “Jika dulu memunculkan keindahan Indonesia lewat foto ataupun video, sekarang sudah bergeser dalam bentuk sketsa. Kami optimis lewat sketsa ini akan bisa mempromosikan adat budaya dan kuliner serta alam Indonesia dari pandang sudut yang berbeda”, jelasnya.

Budi Tirtawisata, CEO Panorama Group mengatakan, “Kami telah berkecimpung dalam bisnis pariwisata sejak 1972. Dengan sangat bangga kami dapat terus berkontribusi bagi masyarakat Indonesia dengan berbagai cara.” 

“Saya percaya kami dapat melakukan ini karena kami terus berupaya untuk selaras dengan lingkungan, juga tren dan minat, serta lingkungan komunitas dimanapun kami berada dan beroperasi. Pada tahun 2018, di tengah semua tren yang ada di pasar, kami melihat kelompok komunitas yang tidak dilayani dan mereka adalah orang-orang yang bangga dengan kota mereka dan bersemangat untuk melestarikan budaya dan warisan lokal melalui sketsa. Begitulah lahirnya ide 1O1 Travel Sketch. Sekarang, 1O1 Travel Sketch sudah bisa menarik minat lebih dari 200 peserta di setiap kota yang diadakan acara ini,” tambah Budi.

Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Sukawati mengatakan, “Keindahan Bali yang terkenal di seluruh dunia dan telah menginspirasi banyak kreativitas dan karya seni, juga diakui secara global. Menurut saya, salah satu cara yang sangat baik untuk menyoroti keindahan-keindahan ini dengan menggelar acara yang berfokus pada dunia menggambar dan membuat sketsa. Saya percaya Indonesia benar-benar diberkati dengan banyak orang berbakat dan acara seperti ini tidak hanya akan menciptakan panggung dan kesempatan bagi mereka, tetapi juga akan bermanfaat bagi mereka yang datang ke Bali, Indonesia. Saya yakin Anda akan kagum dan kembali dengan pengalaman hebat dan mendapat teman-teman baru yang memungkinkan memotivasi Anda lebih lanjut.” 

Perhatian dan antusias terhadap acara ini jelas dapat dirasakan jika membaca komentar-komentar para pengikut akun sosial media Instagram (@ 101Travelsketch), Facebook, YouTube, di situs web PHM Hospitality dan situs web 1O1 Travel Sketch sendiri: http://www.101travelsketch.com/travel- sketsa-tujuan / bali.

Untuk 1O1 Travel Sketch Edisi Bali Internasional para bintang Sketcher internasional dan nasional yang terkenal dan memilki reputasi, seperti: Paul Wang (ig: @paulwang_sg) yang berkolaborasi dengan William Sim (ig: @merchantofhappiness), Don Low (ig: @donlowart), Achilles UhkyUhky Estremos (ig: @uhky_uhky), Ch’ng Kiah Kiean (ig: @kiahkiean), Rudy AO (ig: @rudyao), Irwan IWE (ig: @irwan_widjayanto), LK Bing (ig: @lkbing), Sheila R. Putri (ig: @sheilasplayground) dan Nadia Mahatmi (ig: @nadiamahatmi) telah mengkonfirmasi kehadirannya.  Para partisipan acara kegiatan ini akan memiliki kesempatan untuk belajar dan berkomunikasi dengan para seniman ini secara langsung, serta mendapatkan perspektif-perspektif dan teknik-teknik menggambar yang baru.

Masing-masing seniman ternama ini akan memberikan berbagai lokakarya selama acara berlangsung, dan para peserta 1O1 Travel Sketch Bali International Edition akan memiliki kesempatan untuk belajar dan berdiskusi dengan seniman pilihan mereka, karena masing-masing seniman dikenal dengan gaya unik mereka.

Lokakarya ini menawarkan pesertanya untuk membuka wawasan untuk teknik baru, perspektif baru, dan memperkaya hubungan karena pada saat itu para peserta dapat bergaul dan mengenal orang-orang lain dengan pemikiran dan minat yang sama.

Acara kasual selama tiga hari penuh ini dirancang sedemikian rupa hingga menciptakan semangat akan rencana perjalanan yang mengesankan. 

Salah satu yang menarik dari Travel Sketch International ini adalah dengan mendatangkan artis muda Melly Mono dan Stan Isakh yang akan bergabung di acara 1O1 Travel Sketch selama tiga hari. Dalam perjalanan mereka ke Bali dari Jakarta, terbang dengan Air Asia pada tanggal 28 Februari, mereka akan melakukan konser mini "on air" dan "live".

Hari pertama akan dimulai di THE HAVEN SUITES Bali Berawa, dengan program Travel Sketch di Pantai Berawa yang indah, Pura Perancak dan Desa Nelayan, dan sesi berbagi yang akan diikuti dengan santap malam dan pembukaan 1O1 Travel Sketch dengan sajian Megibung - hidangan tradisional bergaya Bali.

Pada hari kedua, para Sketcher diberi kebebasan untuk memilih aktivitas mereka sendiri. Peserta dapat memilih untuk menjelajahi dan membuat sketsa desa Ubud yang tenang dan / atau bergabung dengan berbagai lokakarya di tempat-tempat luar biasa, seperti Istana Ubud, Pasar Seni Ubud, Pura Saraswati, Museum Puri Lukisan, dan Subak Juwuk Manis (Sawah Ubud).

Sebagai agenda di hari terakhir pada hari ketiga, para Sketchers akan memiliki kesempatan yang luar biasa untuk menikmati keindahan Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang luar biasa megahnya.

Program “Sketching for Kids (Sketsa untuk Anak)”, yang didampingi oleh Nadia Mahatmi, juga akan berlangsung di taman yang indah ini di mana anak-anak akan terkesan oleh keindahan GWK yang luar biasa dan secara intuitif termotivasi dengan melihat antusiasme yang dimiliki oleh orang tua dan anggota keluarga mereka, serta orang dewasa lainnya dalam membuat sketsa mereka. Pada saat bersamaan artis Melly Mono dan Stan Isakh akan menghibur para artis sketsa, momen yang patut di tonton.

Sebagai penutup untuk semua kegiatan acara 1O1 Travel Sketch Bali International Edition, program Fun-Auction (lelang informal) dan Sketch Exchange (pertukaran sketsa) akan berlangsung di GWK.  Sesuai dengan tradisi di PHM Hospitality, dana yang di galang dari dari Fun-Auction akan disumbangkan untuk tujuan kemanusiaan khusus.

1O1 Travel Sketch merupakan acara karya cipta asli dari PHM Hospitality, yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran akan keindahan yang dapat ditawarkan oleh setiap kota yang ditunjuk. Visinya adalah untuk merintis platform kreatif bagi para seniman dan calon seniman dan membangkitkan apresiasi masyarakat umum untuk setiap kota.

Edisi pertama diadakan di Bogor pada 27 - 28 Oktober 2017, diikuti oleh Yogyakarta (6 - 7 Januari 2018), Bandung (28 - 29 April 2018), Malang (30 Juni - 1 Juli 2018) dan Jakarta (3 - 4 November 2018) yang menjadi kota terakhir untuk seri 1O1 Travel Sketch 2018 yang menghasilkan lebih dari 350 peserta

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Masata Dukung Jokowi, Jadikan Pariwisata Masterpiece Ekonomi Indonesia

Rabu, 16 Oktober 2019 - 09:00 WIB

Masata Dukung Jokowi, Jadikan Pariwisata Masterpiece Ekonomi Indonesia

Masyarakat Sadar Wisata (Masata) menegaskan komitmennya untuk mendukung pemerintahan Jokowi-KH Maruf Amin yang akan dilantik pada 20 Oktober 2019. Terlebih, Jokowi telah menetapkan pariwisata…

Signify Menyinari Qutub Minar dengan Pencahayaan LED Warm White

Rabu, 16 Oktober 2019 - 09:00 WIB

Signify Menyinari Qutub Minar dengan Pencahayaan LED Warm White

Signify (Euronext: LIGHT), pemimpin dunia di bidang pencahayaan, mengumumkan bahwa perusahaan telah menyinari Qutub Minar yang ikonis di New Delhi, India menggunakan sistem pencahayaan Color…

Farida Mokodompit yang semula sebagai Direktur Operasional sekaligus Plt Direkur Utama menjadi definitif Direktur Utama Perum Perindo

Rabu, 16 Oktober 2019 - 08:00 WIB

Penyerahan SK Direksi BUMN

Bertempat di Kantor Kementerian BUMN, telah dilaksanakan pelantikan dan penyerahan Salinan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Selaku Wakil Pemerintah Sebagai Pemilik Modal Perusahaan…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Rabu, 16 Oktober 2019 - 07:57 WIB

IHSG Lanjutkan Penguatan Support Resistance 6130-6220

Jakarta - Secara teknikal IHSG berhasil tutup diatas Moving Average 20 hari dan FR61.8% sehingga potensi IHSG akan melanjutkan penguatan cukup berpeluang besar dengan target selanjutnya pada…

Merck Indonesia

Rabu, 16 Oktober 2019 - 07:00 WIB

Merck-IAI Sepakat Tingkatkan Kapasitas Apoteker

Peningkatan kapasitas pada tenaga kesehatan, khususnya apoteker, sangat penting untuk memastikan layanan kesehatan berkualitas dapat diberikan bagi seluruh masyarakat. PT Merck Tbk (“Merck”)…