Bos Jababeka Percayakan Program Pelatihan dan Bimbingan SDM Industri kepada Kemenperin

Oleh : Ridwan | Jumat, 15 Februari 2019 - 14:05 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Chairman PT. Jabebak Tbk. Setyono Djuandi Darmono berfoto bersama seusai acara HRD Forum Jababeka (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Chairman PT. Jabebak Tbk. Setyono Djuandi Darmono berfoto bersama seusai acara HRD Forum Jababeka (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Cikarang, Chairman PT. Jababeka, Tbk. Setyono Djuandi Darmono mengatakan, pihaknya menginginkan adanya politeknik yang mumpuni di kawasan Industri Jababeka, Cikarang. 

Hal tersebut disampaikan S.D. Darmono saat memberikan sambutan dalam acara "HRD Forum Jababeka" di President Executive Club,  Jababeka, Cikarang, Bekasi, Jumat (15/2).

Menurutnya, politeknik yang canggih sangat diperlukan untuk membina atau melatih anak-anak muda di sekitar Kawasan Industri Jababeka di sektor digital khususnya e-commerce.

"Era industri 4.0 tidak bida dihindari lagi. Oleh karena itu, bimbingan serta pelatihan melalui politeknik yang mumpuni sangat diperlukan untuk meningkatkan daya saing sumber daya manusia (SDM) di kawasan industri Jababeka khususnya sektor digital," katanya. 

Ditambahkan Darmono, era digitalisasi atau yang sering disebut dengan industri 4.0 akan mendorong suatu kawasan menuju "Smart City" yang menjadi konsep pengembangan Kawasan Industri Jababeka. 

"Dengan digitalisasi akan membantu penjualan produk yang diproduksi di Kawasan Industri Jababeka ke seluruh dunia melalui perdagangan online atau e-commerce," terangnya. 

Dijelaskan Damono, pihaknya bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah memiliki pusat pelatihan ICT (information and communication technology) yang berada di Kawasan Industri Jababeka. Namun, lanjutnya, implementasi-nya masih belum berjalan seperti apa yang diinginkan. 

"Implementasi ICT masih belum berjalan sesuai keinginan. Oleh karenanya, saya ingin kelanjutan bimbingan dan pelatihan ICT diserahkan kepada Kementerian Perindustrian," harap Darmono. 

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto yang turut hadir sebagai pembicara utama seminar "HRD Forum Jababeka" menyambut baik rencana Chairman PT. Jababeka Tbk. Yang ingin menyerahkan kelanjutan pelatihan dan bimbingan ICT di bawah naungan Kemenperin. 

"Mungkin tawaran Bapak Darmono kita akan sambut, lempar saja ke Kemenperin beres semua," ungkap Airlangga yang disambut dengan tepuk tangan meriah dari para peserta seminar. 

Dijelaskan Airlangga, Kementerian Perindustrian telah menjalin hubungan kerja sama dengan Nasional Riset Center di bawah naungan Perdana Menteri Korea Selatan untuk pengembangan riset dan teknologi di Indonesia. 

"Jadi, apapun riset yang ada di Korea bisa dibawa ke Indonesia. Bukan hanya di level tingkat atas saja, di tingkat bawah pun level nya sudah setara," terang Airlangga. 

Airlangga optimis kualitas SDM industri di Kawasan Industri Jababeka yang telah menjadi "The New Economi Indonesia" akan siap berdaya saing secara global. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pertanian Amran Sulaiman panen jagung (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:59 WIB

Kualitas dan Harga Jagung Lokal Lebih Bagus

Jakarta - Pengamat Ekonomi Politik Pertanian Universitas Trilogi, Muhamad Karim menilai harga jagung lokal lebih bagus dibandingkan harga jagung impor adalah wajar. Pasalnya, saat ini jagung…

Sarang burung walet (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:57 WIB

Kementan Kawal Ekspor Sarang Burung Walet Jateng

Semarang - Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil mengajak para pelaku usaha sarang burung walet (SBW) di Jawa Tengah untuk meningkatkan kualitas produksinya agar dapat mengambil peluang…

Menteri Rini: BUMN Ikut Cetak Atlet Muda Kelas Dunia

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:30 WIB

Menteri Rini: BUMN Ikut Cetak Atlet Muda Kelas Dunia

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno mendorong BUMN terus berkontribusi untuk memajukan olahraga di Tanah Air melalui pembinaan atlet-atlet dan berbagai program pemberdayaan.

Galaxy Note 10+ (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:11 WIB

Samsung Resmi Meluncurkan Galaxy Note 10 dan 10+ Untuk Pasar Indonesia

Kekuatan performance, keindahan desain, kemampuan untuk berkreasi, dan fitur produktivitas dukung pengguna dalam berbagai pekerjaan dan passion yang mereka lakukan bersamaan.

EnGenius Cloud, Solusi Jaringan Berbasis Cloud Kemudahan Bagi SME

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:00 WIB

EnGenius Cloud, Solusi Jaringan Berbasis Cloud Kemudahan Bagi SME

EnGenius Networks Singapore Pte Ltd, perusahaan jaringan nirkabel multinasional terkemuka, yang telah berpengalaman dalam solusi hardware dan software untuk perusahaan kecil dan menengah selama…