Bos Jababeka Percayakan Program Pelatihan dan Bimbingan SDM Industri kepada Kemenperin

Oleh : Ridwan | Jumat, 15 Februari 2019 - 14:05 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Chairman PT. Jabebak Tbk. Setyono Djuandi Darmono berfoto bersama seusai acara HRD Forum Jababeka (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Chairman PT. Jabebak Tbk. Setyono Djuandi Darmono berfoto bersama seusai acara HRD Forum Jababeka (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Cikarang, Chairman PT. Jababeka, Tbk. Setyono Djuandi Darmono mengatakan, pihaknya menginginkan adanya politeknik yang mumpuni di kawasan Industri Jababeka, Cikarang. 

Hal tersebut disampaikan S.D. Darmono saat memberikan sambutan dalam acara "HRD Forum Jababeka" di President Executive Club,  Jababeka, Cikarang, Bekasi, Jumat (15/2).

Menurutnya, politeknik yang canggih sangat diperlukan untuk membina atau melatih anak-anak muda di sekitar Kawasan Industri Jababeka di sektor digital khususnya e-commerce.

"Era industri 4.0 tidak bida dihindari lagi. Oleh karena itu, bimbingan serta pelatihan melalui politeknik yang mumpuni sangat diperlukan untuk meningkatkan daya saing sumber daya manusia (SDM) di kawasan industri Jababeka khususnya sektor digital," katanya. 

Ditambahkan Darmono, era digitalisasi atau yang sering disebut dengan industri 4.0 akan mendorong suatu kawasan menuju "Smart City" yang menjadi konsep pengembangan Kawasan Industri Jababeka. 

"Dengan digitalisasi akan membantu penjualan produk yang diproduksi di Kawasan Industri Jababeka ke seluruh dunia melalui perdagangan online atau e-commerce," terangnya. 

Dijelaskan Damono, pihaknya bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah memiliki pusat pelatihan ICT (information and communication technology) yang berada di Kawasan Industri Jababeka. Namun, lanjutnya, implementasi-nya masih belum berjalan seperti apa yang diinginkan. 

"Implementasi ICT masih belum berjalan sesuai keinginan. Oleh karenanya, saya ingin kelanjutan bimbingan dan pelatihan ICT diserahkan kepada Kementerian Perindustrian," harap Darmono. 

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto yang turut hadir sebagai pembicara utama seminar "HRD Forum Jababeka" menyambut baik rencana Chairman PT. Jababeka Tbk. Yang ingin menyerahkan kelanjutan pelatihan dan bimbingan ICT di bawah naungan Kemenperin. 

"Mungkin tawaran Bapak Darmono kita akan sambut, lempar saja ke Kemenperin beres semua," ungkap Airlangga yang disambut dengan tepuk tangan meriah dari para peserta seminar. 

Dijelaskan Airlangga, Kementerian Perindustrian telah menjalin hubungan kerja sama dengan Nasional Riset Center di bawah naungan Perdana Menteri Korea Selatan untuk pengembangan riset dan teknologi di Indonesia. 

"Jadi, apapun riset yang ada di Korea bisa dibawa ke Indonesia. Bukan hanya di level tingkat atas saja, di tingkat bawah pun level nya sudah setara," terang Airlangga. 

Airlangga optimis kualitas SDM industri di Kawasan Industri Jababeka yang telah menjadi "The New Economi Indonesia" akan siap berdaya saing secara global. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PempekRoyal

Kamis, 25 April 2024 - 15:05 WIB

Siap Support Franchisee di Seluruh Indonesia, PempekRoyal Hadirkan Solusi Bisnis Makanan Tidak Tergantung Chef

Bisnis makanan seringkali mengalami kendala chef mengundurkan diri, dan ketika terjadi pergantian chef, rasa berbeda, maka jumlah konsumen menurun. Di luar itu, juga ada resiko membuang produk…

Dok. Kommo

Kamis, 25 April 2024 - 14:45 WIB

WhatsApp Chatbot dari Kommo: Hadir Karena Kesadaran akan Pentingnya Menghadirkan Solusi Fleksibel untuk Bisnis

Perubahan lanskap bisnis dewasa ini telah menuntut adaptasi yang cepat dari perusahaan-perusahaan di berbagai sektor. Dengan berkembangnya teknologi dan perubahan perilaku konsumen, bisnis tidak…

PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

Kamis, 25 April 2024 - 14:41 WIB

Road to Devcon Ethereum Akan Diselenggarakan di Asia Tenggara, PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

PT Pintu Kemana Saja (PINTU), platform jual beli dan investasi crypto kembali melanjutkan rangkaian Road to Devcon Ethereum 2024 setelah di tahun 2023 lalu melakukan roadshow ke tiga universitas.

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…