2,4 Juta Wisman akan Kunjungi Kota Batam Sepanjang 2019

Oleh : Herry Barus | Senin, 21 Januari 2019 - 18:00 WIB

Wisman Tiongkok (Foto Banten.co)
Wisman Tiongkok (Foto Banten.co)

INDUSTRY.co.id

Batam- Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau menargetkan 2,4 juta kunjungan wisatawan mancanegara ke daerah setempat sepanjang 2019, sesuai dengan patokan yang ditetapkan Kementerian Pariwisata.

"Target kami sama dengan target Kemenpar, dan kami optimis mencapai target itu," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Batam, Ardiwinata di Batam, Senin (21/1/2019)

Ia mengatakan pemerintah kota dan pihak swasta terus bersinergi untuk mencapai target kunjungan wisman tersebut.

Pemerintah, terus membangun aksesbilitas seperti jalan dan infrastruktur lainnya dmei memastikan pelancong merasa nyaman selama berada di kota kepulauan itu. Kemudian, pihak swasta juga mendukung dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan sebagai magnet kunjungan wisman ke sana (atraksi).

Dan keduanya, pemerintah bersama swasta berupaya mendukung amenitas dengan fasilitas pelayanan kepada wisman selama berkunjung di Batam.

"Karena pariwisata tidak lepas dari 3A, aksesbilitas, atraksi dan amenitas," kata Ardi.

Dalam catatan Antara, Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Batam telah menyusun 114 atraksi untuk menggaet kunjungan wisman sepanjang 2014. Sebanyak 114 agenda pariwisata itu, termasuk yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata, paguyuban, organisasi masyarakat dan pihak swasta sepanjang 2019.

Ia berharap, dengan 114 agenda pariwisata yang baru diluncurkan itu, angka kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri ke daerah setempat meningkat.

Pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Bagian Humas Pemkot Batam itu menjabarkan, terdapat 5 agenda pariwisata di Januari 2019, yaitu Nongsa Regatta, BSGS Golf Tournament Nongsa, Ruggedian Asia Obstacle Fun Run, STQ Tingkat Kelurahan dan Batam Outer Road Batam Real Mountain Bikers.

Kemudian pada Februari, di antaranya Imlek Festival dan Barongsai Show dan Jong Festival, Maret di antaranya Street Food Fiesta, Festival Makanan Melayu dan Titian Muhibah Serumpun Indonesia.

Kemudian di Bulan April, di antaranya Batam Food Fiesta, pada Mei diselenggarakan Batam Berselawat, pada Juni di antaranya Mega Beach Party dan Offshore Fishing Tournament IV, pada Juli d antaranya Trail Run dan Tour de Barelang, serta pada Agustus di antaranya Chili Crab Cruise dan Pawai Pembangunan.

Lalu pada September di antaranya Joget Pop Yeye 60-an, Moon Cake Festival dan Batam Fishing Festival Pulau Abang, Oktober di antaranya Batam Fiesta dan Mandi Safar Kampung Terih, November di antaranya Light House Run dan Desember di antaranya Batam Great Sale, Kenduri Seni Melayu dan Kenduri Akhir Tahun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…