Rudiantara: Proyek Palapa Ring Rampung, Harga Data Seluler Dipastikan Sama

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 06 Januari 2019 - 14:01 WIB

Menkominfo Uji Coba Jaringan Palapa Ring Tengah
Menkominfo Uji Coba Jaringan Palapa Ring Tengah

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Proyek Palapa Ring ditargetkan akan rampung pada pertengahan tahun 2019. Dampak yang akan diberikan dari sisi bisnis bagi operator telekomunikasi jika proyek ini kelar adalah biaya yang diperlukan untuk membangun jaringan di daerah-daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T) pun bisa lebih murah.

Bahkan, harga yang diberikan kepada konsumen juga akan satu harga. Maksudnya, tidak akan ada perbedaan harga pulsa dan kuota data dengan di Ibu Kota. Hal itu dikatakan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara.

"Harga data seluler, satu harga, akhir tahun ini," kata Rudiantara

Rudiantara mengatakan, saat awal dirinya menjabat sebagai Menkominfo akhir 2014, perbedaan harga paket kuota di daerah dan ibu kota bisa mencapai 2 kali lipat.

"Range harga 2 kali lipat itu, waktu itu ramai dipetisi di change.org. Saya telepon change.org, tanya ke pengelola siapa inisiatornya, kemudian dikasih nomor inisiatornya dan saya hubungi," ungkap Rudiantara.

Dilanjutkannya dia pun menghubungi insiator petisi di change.org yang ternyata merupakan orang Maluku. Kemudian dia menjelaskan kenapa harga paket di sana mahal.

"Akhirnya saya minta Telkomsel turunkan harga, jadi tadinya selisih 100 persen, diturunkan harganya 35 persen, jadi selisihnya masih 65 persen," jelas pria yang akrab disapa Chief RA ini.

Diapun berharap, dengan selesainya Palapa Ring, harga paket bisa lebih murah atau bahkan sama dengan di Ibu Kota.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Desa Wisata

Minggu, 16 Juni 2019 - 12:30 WIB

Kemenpar Gandeng Udinus Latih Warga Temanggung Majukan Desa Wisata

Kementerian Pariwisata dan Universitas Dian Nuswantara Semarang memberikan pelatihan memajukan potensi daerah sebagai desa wisata baru pada warga Kelurahan Walitelon Utara Kecamatan Temanggung,…

Neta S Pane, IPW (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 16 Juni 2019 - 11:56 WIB

Lima Alasan IPW Desak Polri Segera Menahan Komjen Purn Sofyan Jacob

Ind Police Watch (IPW) mendesak Polri segera menahan Sofyan Jacob. Jika Sofyan tidak hadir, Polri harus melakukan upaya jemput paksa dan segera menjebloskannya ke tahanan.

Harry Hikmat Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 16 Juni 2019 - 11:45 WIB

Korban Bencana Alam Yang Jatuh Miskin Berpeluang Dapat PKH

Korban bencana alam yang jatuh miskin berpeluang menjadi penerima program keluarga harapan (PKH) baru . Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI Harry Hikmat menjelaskan korban bencana…

Shabrina Evaswantry Binti Novizar Swantry ( Nana) (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 16 Juni 2019 - 11:36 WIB

Surat-Surat Wasiat Mendiang Nana ( Obituari Penderita Kanker)

“ For Everyone. PS : Sayang, tolong dibacakan setelah kuburku ditutup. Bacakan dengan ikhlas dan penuh syukur. Dont be sad,” itu tulisan pengantar dari surat “wasiat” almarhumah Shabrina…

Festival cabai

Minggu, 16 Juni 2019 - 11:19 WIB

Menduniakan Cabai Melalui Festival Cabai

Tangerang - Pada perayaan acara Pehcun atau lomba perahu naga di Tangerang 15-16 Juni ini Kementerian Pertanian yang bekerja sama dengan Museum Tanah dan Pertanian Bogor dan Museum Benteng Heritage…