Rudiantara: Proyek Palapa Ring Rampung, Harga Data Seluler Dipastikan Sama

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 06 Januari 2019 - 14:01 WIB

Menkominfo Uji Coba Jaringan Palapa Ring Tengah
Menkominfo Uji Coba Jaringan Palapa Ring Tengah

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Proyek Palapa Ring ditargetkan akan rampung pada pertengahan tahun 2019. Dampak yang akan diberikan dari sisi bisnis bagi operator telekomunikasi jika proyek ini kelar adalah biaya yang diperlukan untuk membangun jaringan di daerah-daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T) pun bisa lebih murah.

Bahkan, harga yang diberikan kepada konsumen juga akan satu harga. Maksudnya, tidak akan ada perbedaan harga pulsa dan kuota data dengan di Ibu Kota. Hal itu dikatakan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara.

"Harga data seluler, satu harga, akhir tahun ini," kata Rudiantara

Rudiantara mengatakan, saat awal dirinya menjabat sebagai Menkominfo akhir 2014, perbedaan harga paket kuota di daerah dan ibu kota bisa mencapai 2 kali lipat.

"Range harga 2 kali lipat itu, waktu itu ramai dipetisi di change.org. Saya telepon change.org, tanya ke pengelola siapa inisiatornya, kemudian dikasih nomor inisiatornya dan saya hubungi," ungkap Rudiantara.

Dilanjutkannya dia pun menghubungi insiator petisi di change.org yang ternyata merupakan orang Maluku. Kemudian dia menjelaskan kenapa harga paket di sana mahal.

"Akhirnya saya minta Telkomsel turunkan harga, jadi tadinya selisih 100 persen, diturunkan harganya 35 persen, jadi selisihnya masih 65 persen," jelas pria yang akrab disapa Chief RA ini.

Diapun berharap, dengan selesainya Palapa Ring, harga paket bisa lebih murah atau bahkan sama dengan di Ibu Kota.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Groundbreaking PT Sunra Asia Pacific Hitech

Minggu, 05 Mei 2024 - 11:50 WIB

PT Sunra Asia Pacific Hitech Mulai Bangun Pabrik Perakitan Motor Listrik di Kawasan Industri Kendal

Sunra Asia Pacific Hitech merupakan subsidiary dari Jiangsu Xinri yang bergerak dalam pengembangan dan juga produksi transportasi ramah lingkungan. Pada tahun 2023 mulai mengembangkan ekspansinya…

PT Maxindo Karya Anugerah Lakukan Groundbreaking Pabrik ke-3 di Kawasan Industri Kendal

Minggu, 05 Mei 2024 - 11:37 WIB

PT Maxindo Karya Anugerah Lakukan Groundbreaking Pabrik ke-3 di Kawasan Industri Kendal

PT Maxindo Karya Anugerah melakukan groundbreaking plant 3 di Kawasan Industri Kendal yang dilaksanakan pada Kamis (2/5/2024). Konstruksi tahap 1 seluas 1.2 Ha mulai dilakukan di bulan Mei 2024…

Bank DKI bantu difabel

Minggu, 05 Mei 2024 - 10:59 WIB

Bank DKI Resmikan Kebun Hidroponik dan Serahkan Bantuan Pendidikan Bagi Penyandang Cerebral Palsy

Bank DKI secara konsisten menunjukkan komitmennya dalam mendukung tujuan pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals melalui perwujudan 2 program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan…

AAJI bersama anggotanya menanam mangrove di PIK

Minggu, 05 Mei 2024 - 06:04 WIB

AAJI Tanam 2000 Bibit Mangrove dan Berikan Literasi Keuangan Pada Kelompok Nelayan

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) bersama dengan 27 perusahaan anggotanya menunjukkan komitmennya terhadap kelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan “AAJI Peduli…

Pelatihan membaca nyaring di Kota Padang.

Sabtu, 04 Mei 2024 - 22:56 WIB

Sejumlah Guru, Pegiat Literasi Hingga Orang Tua Ikuti Pembekalan Membaca Nyaring di Kota Padang

Pelatihan membaca nyaring di Kota Padang terbagi ke dalam tiga kelas, yaitu kelas orang tua, kelas guru dan kelas pustakawan/pegiat literasi.