Pencegahan Terorisme Diutamakan BNPT Sepanjang 2019

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 29 Desember 2018 - 05:00 WIB

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) memperkuat program pencegahan terorisme tahun 2019 sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan program 2018 yang dinilai berjalan sangat baik, terutama dalam strategi pendekatan lunak.

"Strategi pendekatan lunak yang dilakukan BNPT sudah diaplikasikan dengan baik dan dapat dijadikan sebagai acuan untuk institusi dan bahkan negara lain," kata Kepala BNPT Komjen Polisi Suhardi Alius saat membuka Rapat Penyusunan Indikator Kinerja Utama BNPT di Jakarta, Jumat (28/12/2018)

Salah satu pendekatan lunak itu adalah pelibatan anak muda sebagai duta damai dunia maya dan mantan teroris dalam upaya deradikalisasi.

Menurut Komjen Suhardi, capaian kerja BNPT pada 2018 sudah maksimal dan sesuai dengan perencanaan pada tahun lalu. Salah satunya adalah program sinergi antarkementerian, lembaga dalam penanggulangan terorisme, yang dipuji langsung oleh Menkopolhukam Wiranto.

Program sinergi itu sudah diterapkan di lima daerah di Sulawesi Tengah, yakni Kota Palu, Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Poso, Kabupaten Morowali, dan Kabupaten Tojo Una-Una, serta tiga daerah di Nusa Tenggara Barat (NTB), yakni Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima, dan Kota Bima.

Program ini akan diperluas lagi ke wilayah lain, salah satunya Jawa Timur.Menurut Suhardi, program ini akan dijadikan acuan untuk mengoordinasi kementerian, lembaga, dan badan untuk bersama-sama menuju ke satu fokus permasalahan. "BNPT menjadi 'leading sector' (pimpinan) di situ, menjadi panduan. Kalau bisa kita jadi acuan terus untuk ke depannya," tutur mantan Kabareskrim Polri ini.

Suhardi berharap pada 2019 program ini dapat menyentuh lebih banyak daerah untuk memberi wawasan kebangsaan dalam rangka pencegahan terorisme. Selain itu, program kontraradikalisasi dan deradikalisasi akan tetap dimaksimalkan agar masyarakat dapat teredukasi dan terbentengi dari radikalisme secara lebih luas dan menyeluruh.

Rapat ini dihadiri oleh seluruh pejabat di BNPT seperti Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT Mayjen TNI Hendri Paruhuman Lubis, Deputi Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT Irjen Pol Budiono Sandi, Deputi Bidang Kerja Sama Internasional BNPT Irjen Pol Hamidin, serta pejabat eselon I-IV BNPT.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Apacer AC633 USB 3.1

Senin, 27 Mei 2019 - 14:01 WIB

Pamerkan Portofolionya, Apacer Resmikan Program Terbaru di Computex Taipei 2019

Apacer, produsen storage kelas industri terkemuka di dunia hadir di COMPUTEX TAIPEI 2019 dan meresmikan program terbarunya “Welcoming Intelligent Connectivity” (Menyambut Konektivitas…

Penyanyi Pendatang Baru Gabriella Larasati membawakan Ost Dont Run Away

Senin, 27 Mei 2019 - 14:00 WIB

Gabriella Larasati Jadi Debutan Super Media Music

PT Super Media Produksi, sebuah rumah produksi Film yang didirikan pada mei 2018, oleh Unchu Viejay dan Adi Garing, yang dikenal, dengan karya perdana film horror berjudul don’t run away.…

Kolaborasi Alodokter dan Century

Senin, 27 Mei 2019 - 13:42 WIB

Alodokter Gandeng Century Ciptakan Sinergi Layanan Kesehatan

Kolaborasi ini memiliki visi untuk menciptakan sinergi layanan kesehatan terbaik yang memberikan banyak keuntungan bagi keluarga muda modern Indonesia.

Gelaran Unlock Your Creativity

Senin, 27 Mei 2019 - 12:19 WIB

Segera Meluncur di Indonesia, OPPO Ajak Konsumen Cicipi Smartphone Teranyar Reno Series

OPPO menggelar acara “Unlock Your Creativity” untuk memberikan kesempatan awal kepada konsumen dalam mencoba produk terbaru OPPO Reno Series, sebelum resmi diluncurkan di Indonesia.

 PT Pegadaian (Persero)

Senin, 27 Mei 2019 - 12:08 WIB

Kinerja Gemilang, Pegadaian Setor Dividen Rp.1,387 Triliun

Hal tersebut tertuang dalam Keputusan RUPS tentang Persetujuan Laporan Keuangan Tahunan Tahun Buku 2018 dan Pengesahan Laporan Keuangan Tahun 2018 PT Pegadaian (Persero) yang ditetapkan dalam…