Menteri ESDM Pastikan Listrik Natal-Tahun Baru Aman

Oleh : Herry Barus | Jumat, 14 Desember 2018 - 04:43 WIB

Menteri ESDM Ignasius Jonan (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Menteri ESDM Ignasius Jonan (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Ungaran - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memastikan pasokan listrik saat Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, terutama di Jawa dan Bali aman.

"Ini kami melihat kesiapan pasokan listrik yang akan digunakan operasi saat Natal dan Tahun Baru," katanya saat meninjau PT PLN (Persero) Area Pengatur Beban (APB) Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di Ungaran, Kabupaten Semarang, di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (13/12/2018)

Jonan menjelaskan Jateng sebagai salah satu destinasi wisata, termasuk Yogyakarta, DIY, biasanya kebutuhan listrik untuk kegiatan Natal dan Tahun Baru meningkat.

"Biasanya, memang kalau daerah wisata begitu. Jateng, salah satu satu destinasi wisata, termasuk DIY. Makanya, ini dilihat pasokannya cukup apa enggak, dan sebagainya," katanya.

Dari hasil tinjauannya itu, kata dia, dipastikan pasokan listrik dari PLN aman untuk mendukung berbagai kegiatan yang biasanya banyak digelar saat perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Kata temen-temen PLN, banyak industri besar nanti mengurangi aktivitas. Jadi, (pasokan listrik, red.) bisa digunakan tambahan di tempat lain untuk kegiatan Natal dan Tahun Baru," katanya.

Untuk cadangan listrik, kata dia, telah disiapkan kurang lebih 30 persen sehingga semestinya tidak akan terpengaruh dengan adanya lonjakan kebutuhan saat Natal dan Tahun Baru.

"Interkoneksinya ini kan Jawa-Bali. Mestinya, dengan cadangan kurang lebih 30 persen mestinya tidak ada masalah. Termasuk, kalau ada perbaikan yang sifatnya insidental," katanya.

Sementara itu, Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah PT PLN (Persero) Amir Rosidin mengatakan petugas PLN akan disiagakan di pusat-pusat listrik, seperti gardu induk.

"Petugas kami 'stand by'-kan di pusat-pusat, gardu induk dan pada saat acara di lokasi acara (Natal dan Tahun Baru, red.). Beban kta totalnya untuk Jawa 27.700 megawatt," katanya.

Selama periode Natal dan Tahun Baru 2018/2019, kata dia, dipastikan tidak ada pemeliharaan jaringan, transmisi, dan gardu induk distribusi, termasuk pemadaman listrik.

"Saat Natal dan Tahun Baru tidak ada pemeliharaan. Jadi, 20 Desember 2018 itu terakhir pemeliharaan jaringannya, nanti dilakukan lagi pada 5 Januari 2019," kata Amir.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Mei 2019 - 12:30 WIB

Sesalkan Aksi Pembakaran Mapolsek Tambelangan, Khofifah Dukung Polri Usut Tuntas

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyesalkan aksi pembakaran Mapolsek Tambelangan, Sampang, Jawa Timur. Khofifah mendorong Polisi segera memproses hukum siapapun pelaku dan provokator…

BCA (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Mei 2019 - 12:00 WIB

Digelar BCA Autoshow Padang 2019, Pelayanan Kebutuhan pada Kendaraan Bermotor

Inisiatif PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dalam memberikan pelayanan kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan bermotor kembali diwujudnyatakan dalam gelaran BCA Autoshow 2019 pada tanggal 21 Mei…

Dirut LPDB KUMKM Braman Setyo saat mengunjungi Kopwan SBW di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (23/5/2019).

Jumat, 24 Mei 2019 - 11:14 WIB

Cegah Kredit Macet, LPDB Mulai Lirik Pola Tanggung Renteng Jadi Role Model

Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) tertarik dengan pola tanggung renteng yang dikembangkan oleh Koperasi Wanita Setia Bhakti Wanita (SBW) Jawa…

Pelindo 1 (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Mei 2019 - 11:00 WIB

Kapal Temas Line Rutin Sandari Pelabuhan Kuala Tanjung

Dua kapal milik Pelayaran Tempuran Emas (Temas Line), MV Situ Mas dan MV Segoro Mas sandar di Kuala Tanjung Multipurpose Terminal (KTMT) yang dikelola oleh PT Prima Multi Terminal, anak perusahaan…

MOU kerjasama antara RS BP Batam dengan dClinic International dan Deloitte South East serta JP Consulting yang akan mengatur manajemen proyek dan keahlian tata pemerintahan klinis telah ditandatangani di RS Batam

Jumat, 24 Mei 2019 - 10:50 WIB

Rumah Sakit BP Batam Terapkan Layanan Kesehatan Berbasis Blockchain

Dengan layanan kesehatan berbasis blockchain pertama di Indonesia, Batam siap menjadi pemimpin dunia dalam penerapan teknologi kesehatan yang komprehensif