Jabar Bagikan Dua Juta Benih Kopi Tingkatkan Kualitas

Oleh : Herry Barus | Senin, 10 Desember 2018 - 13:31 WIB

Kopi Ilustrasi
Kopi Ilustrasi

INDUSTRY.co.id - Bandung- Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) hingga saat ini sudah membagikan enam juta benih kopi bersertifikat kepada warga yang tergabung dalam kelompok tani, sebagai satu upaya untuk meningkatkan produksi dan kualitas kopi di provinsi itu.

"(Total benih kopi yang sudah dibagikan) tempo hari empat juta, sekarang dua juta, jadi enam juta benih kopi" kata Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa usai menghadiri Puncak Acara Hari Perkebunan Ke-61 meluncurkan bantuan 2 juta benih kopi dan varietas tembakau unggul Jabar, di Halaman Gedung Sate, Bandung, Jabar, Senin (10/12/2018)

Pada acara tersebut, secara simbolis ia memberikan benih kopi bersertifikat kepada tiga kelompok tani yang akan dilakukan secara bertahap.

Pemberian benih kopi bersertifikat oleh Pemprov Jawa Barat ini sudah dilakukan sejak Gubernur Jabar dijabat oleh Ahmad Heryawan atau Aher.

Menurut Iwa, Dinas Perkebunan Jabar akan bertanggung jawab atau mengawasi Program Pemberiaan Bantuan Bibit Kopi bersertifikat tersebut dan pihaknya berharap benih kopi yang dibagikan tersebut bisa dioptimalkan oleh masyarakat.

"Untuk berikutnya sesuai dengan permintaan, itu ditangani dinas perkebunan dan dalam pelaksanaannya sesuai dengan permohonan dari masyarakat yang membutuhkan bibit tersebut. Sebelumnya sudah pernah, sedang kami evaluasi bagaimana produktivitasnya. Tinggal nanti di petakan dan nanti saya minta Dinas Perkebunan melakukan evaluasi," kata dia kepada awak media.

Lebih lanjut Iwa mengatakan sebuah kehormatan bagi Pemprov Jabar untuk bisa menjadi tuan rumah dari rangkaian gelaran Hari Perkebunan ke 61 di Gedung Sate.

Ia mengatakan peringatan Hari Perkebunan ke 61 yang mengambil tema "Sinergi dan Akselerasi Kejayaan Perkebunan Nasional" sejalan juga dengan apa yang Pemprov Jabar usahakan dalam program-program yang dikembangkan dalam rangka kolaborasi dan inovasi.

Kolaborasi dan inovasi tersebut di antaranya adalah kegiatan bantuan dua juta benih kopi kepada 12 kabupaten/kota dan meluncurkan varietas tembakau unggul lokal Jabar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prajurit Marinir Panen Sayuran Hidroponik Tingkatkan Ketahanan Pangan

Sabtu, 30 Mei 2020 - 05:00 WIB

Prajurit Marinir Panen Sayuran Hidroponik Tingkatkan Ketahanan Pangan

Segenap Prajurit Batalyon Howitzer 2 Marinir melaksanakan panen perdana tanaman sayur Hidroponik di Batalyon Howitzer 2 Marinir, Karang Pilang, Surabaya, Jawa Timur. Kamis (28/05/2020).

Satgas Yonif 411 Kostrad Bagikan Makanan untuk Tenaga Medis di RSUD Merauke

Sabtu, 30 Mei 2020 - 04:30 WIB

Satgas Yonif 411 Kostrad Bagikan Makanan untuk Tenaga Medis di RSUD Merauke

Sebagai wujud dukungan kepada para pahlawan kesehatan yang berjuang di garda terdepan melawan Virus Corona (Covid-19), Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad membagikan makan siang kepada…

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M.

Sabtu, 30 Mei 2020 - 04:03 WIB

Bakamla RI Tingkatkan Kewaspadaan Selama Pandemi Covid-19 di Laut

Masalah pandemi Covid-19 yang saat ini berlangsung di darat, dapat pula terjadi di wilayah laut. Berkaitan dengan hal tersebut, Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., mengadakan…

Chairman & Founder Jababeka Group, Setyono Djuandi Darmono

Jumat, 29 Mei 2020 - 21:47 WIB

Catat! Ini Solusi Chairman Jababeka Group untuk Pengusaha Properti Keluar dari Situasi Sulit Pandemi Covid-19

Chairman & Founder Jababeka Group, Setyono Djuandi Darmono ikut memberikan solusi untuk keluar dari permasalahan yang dihadapi para pengembang saat ini.

Talenta

Jumat, 29 Mei 2020 - 20:49 WIB

Pentingnya Sistem HRIS Bagi Perusahaan Saat Pemberlakuan New Normal

Mekari, sebagai perusahaan Software as a Service (SaaS) melalui salah satu produknya, Talenta, software HRIS & payroll berbasis cloud, berbagi informasi manfaat apa saja yang dapat diperoleh…