Jabar Bagikan Dua Juta Benih Kopi Tingkatkan Kualitas

Oleh : Herry Barus | Senin, 10 Desember 2018 - 13:31 WIB

Kopi Ilustrasi
Kopi Ilustrasi

INDUSTRY.co.id - Bandung- Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) hingga saat ini sudah membagikan enam juta benih kopi bersertifikat kepada warga yang tergabung dalam kelompok tani, sebagai satu upaya untuk meningkatkan produksi dan kualitas kopi di provinsi itu.

"(Total benih kopi yang sudah dibagikan) tempo hari empat juta, sekarang dua juta, jadi enam juta benih kopi" kata Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa usai menghadiri Puncak Acara Hari Perkebunan Ke-61 meluncurkan bantuan 2 juta benih kopi dan varietas tembakau unggul Jabar, di Halaman Gedung Sate, Bandung, Jabar, Senin (10/12/2018)

Pada acara tersebut, secara simbolis ia memberikan benih kopi bersertifikat kepada tiga kelompok tani yang akan dilakukan secara bertahap.

Pemberian benih kopi bersertifikat oleh Pemprov Jawa Barat ini sudah dilakukan sejak Gubernur Jabar dijabat oleh Ahmad Heryawan atau Aher.

Menurut Iwa, Dinas Perkebunan Jabar akan bertanggung jawab atau mengawasi Program Pemberiaan Bantuan Bibit Kopi bersertifikat tersebut dan pihaknya berharap benih kopi yang dibagikan tersebut bisa dioptimalkan oleh masyarakat.

"Untuk berikutnya sesuai dengan permintaan, itu ditangani dinas perkebunan dan dalam pelaksanaannya sesuai dengan permohonan dari masyarakat yang membutuhkan bibit tersebut. Sebelumnya sudah pernah, sedang kami evaluasi bagaimana produktivitasnya. Tinggal nanti di petakan dan nanti saya minta Dinas Perkebunan melakukan evaluasi," kata dia kepada awak media.

Lebih lanjut Iwa mengatakan sebuah kehormatan bagi Pemprov Jabar untuk bisa menjadi tuan rumah dari rangkaian gelaran Hari Perkebunan ke 61 di Gedung Sate.

Ia mengatakan peringatan Hari Perkebunan ke 61 yang mengambil tema "Sinergi dan Akselerasi Kejayaan Perkebunan Nasional" sejalan juga dengan apa yang Pemprov Jabar usahakan dalam program-program yang dikembangkan dalam rangka kolaborasi dan inovasi.

Kolaborasi dan inovasi tersebut di antaranya adalah kegiatan bantuan dua juta benih kopi kepada 12 kabupaten/kota dan meluncurkan varietas tembakau unggul lokal Jabar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Gunung Agung Bali (Foto Ist)

Minggu, 21 April 2019 - 12:00 WIB

Gunung Agung Bali Kembali Erupsi

Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali mengalami erupsi pada Minggu (21/4/2019) pukul 03.21 Wita dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 2.000 meter di atas puncak atau 5.142 meter…

Dirjen Hortikultura Suwandi. Sesama petani sayuran organik

Minggu, 21 April 2019 - 08:39 WIB

Kementan Genjot Pengembangan Sentra Sayuran Organik di Karanganyar

Kementerian Pertanian (Kementan) terus menggenjot berbagai daerah agar menjadi sentra produksi sayuran organik, salah satunya sentra sayuran organik di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Hal…

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019

Sabtu, 20 April 2019 - 21:31 WIB

TOTAL Kembali Gelar Lomba Pasang Jok Paten di IIMS 2019

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS)…

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK), di Gramedia Matraman, Sabtu (20/4/2019)

Sabtu, 20 April 2019 - 21:10 WIB

Hari Perlindungan Konsumen, Sektor Properti Paling Banyak Diadukan Konsumen

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK). Dalam peringatan tersebut, pihaknya menyebut bahwa sektor perumahan…

The Museum of Innocence Turki (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 20 April 2019 - 21:00 WIB

Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi Para Kutu Buku di Hari Buku Dunia

Buku dapat membawa Anda ke tempat-tempat yang baru dan menarik, bahkan dunia yang sama sekali baru. Di Hari Buku Dunia (World Book Day, 23 Maret 2019) kali ini, Agoda akan membawa Anda dalam…