Jabar Bagikan Dua Juta Benih Kopi Tingkatkan Kualitas

Oleh : Herry Barus | Senin, 10 Desember 2018 - 13:31 WIB

Kopi Ilustrasi
Kopi Ilustrasi

INDUSTRY.co.id - Bandung- Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) hingga saat ini sudah membagikan enam juta benih kopi bersertifikat kepada warga yang tergabung dalam kelompok tani, sebagai satu upaya untuk meningkatkan produksi dan kualitas kopi di provinsi itu.

"(Total benih kopi yang sudah dibagikan) tempo hari empat juta, sekarang dua juta, jadi enam juta benih kopi" kata Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa usai menghadiri Puncak Acara Hari Perkebunan Ke-61 meluncurkan bantuan 2 juta benih kopi dan varietas tembakau unggul Jabar, di Halaman Gedung Sate, Bandung, Jabar, Senin (10/12/2018)

Pada acara tersebut, secara simbolis ia memberikan benih kopi bersertifikat kepada tiga kelompok tani yang akan dilakukan secara bertahap.

Pemberian benih kopi bersertifikat oleh Pemprov Jawa Barat ini sudah dilakukan sejak Gubernur Jabar dijabat oleh Ahmad Heryawan atau Aher.

Menurut Iwa, Dinas Perkebunan Jabar akan bertanggung jawab atau mengawasi Program Pemberiaan Bantuan Bibit Kopi bersertifikat tersebut dan pihaknya berharap benih kopi yang dibagikan tersebut bisa dioptimalkan oleh masyarakat.

"Untuk berikutnya sesuai dengan permintaan, itu ditangani dinas perkebunan dan dalam pelaksanaannya sesuai dengan permohonan dari masyarakat yang membutuhkan bibit tersebut. Sebelumnya sudah pernah, sedang kami evaluasi bagaimana produktivitasnya. Tinggal nanti di petakan dan nanti saya minta Dinas Perkebunan melakukan evaluasi," kata dia kepada awak media.

Lebih lanjut Iwa mengatakan sebuah kehormatan bagi Pemprov Jabar untuk bisa menjadi tuan rumah dari rangkaian gelaran Hari Perkebunan ke 61 di Gedung Sate.

Ia mengatakan peringatan Hari Perkebunan ke 61 yang mengambil tema "Sinergi dan Akselerasi Kejayaan Perkebunan Nasional" sejalan juga dengan apa yang Pemprov Jabar usahakan dalam program-program yang dikembangkan dalam rangka kolaborasi dan inovasi.

Kolaborasi dan inovasi tersebut di antaranya adalah kegiatan bantuan dua juta benih kopi kepada 12 kabupaten/kota dan meluncurkan varietas tembakau unggul lokal Jabar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kebun sawit (Foto Dok Tribunnews)

Senin, 20 Mei 2019 - 15:30 WIB

Hadapi UE, Indonesia Harus Punya Konsep Kawasan Hutan dan Deforestasi

Para pemangku kepentingan perlu duduk bersama untuk membahas pemahaman kawasan hutan dan deforestasi. Hal itu supaya ada aturan yang tegas dan tidak multitafsir agar tidak setiap ada kegiatan…

Pegadaian dan Tiga Perusahaan BUMN Jalin Kerja Sama Komersial Penerbangan Jakarta-Denpasar

Senin, 20 Mei 2019 - 15:21 WIB

Pegadaian dan Tiga Perusahaan BUMN Jalin Kerja Sama Komersial Penerbangan Jakarta-Denpasar

Tiga perusahaan BUMN tersebut adalah PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Perkebunan Nusantara III (PTPN III) (Persero), dan PT Tabungan dan Asuransi Pensiun (Taspen) (Persero).

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 20 Mei 2019 - 14:47 WIB

Forbes Kembali Nobatkan Bank BRI Sebagai Perusahaan Publik Terbesar di Indonesia

Jakarta – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali dinobatkan oleh Forbes sebagai Perusahaan Publik Terbesar di Indonesia.

Arc by Crown Group

Senin, 20 Mei 2019 - 14:00 WIB

Crown Group Hadirkan Griya Tawang Berkonsep Manhattan Senilai Rp70 M di Sydney

Pengembang properti terkemuka di Australia, Crown Group kembali meluncurkan griya tawang megah bergaya Manhattan di proyek hunian vertikal terbarunya, Arc by Vrown Group di jantung kota Sydney.

Lugas M Satrio, Presiden Direktur PT Central Data Technology (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 20 Mei 2019 - 12:30 WIB

CDT Tawarkan Solusi Business Intelligence Bebas Klik Semudah Menggeser Kursor Komputer

Business Intelligence (BI) dan analitik menjadi salah satu teknologi penentu keberhasilan bisnis di era digital, namun kompleksitas penggunaan dan kecepatan solusi BI dalam menghasilkan insight…