Produksi 1.000 KRL, PT INKA akan Perluas Pabrik

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 08 Desember 2018 - 12:20 WIB

Ilustrasi KRL Commuter Line
Ilustrasi KRL Commuter Line

INDUSTRY.co.id - Solo- PT Industri Kereta Api/Inka (Persero) memperluas pabrik untuk memenuhi kebutuhan armada kereta api di pasar lokal yang sebagian masih harus didatangkan dari luar negeri.

"Contohnya kereta rel listrik (KRL) dengan rute Jabodebek (Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, red), kebutuhannya lebih dari 1.000 unit," kata Direktur Produksi PT Inka Bayu Waskito Sudadi di Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (7/12/2018)

Padahal, dikatakannya, kapasitas produksi KRL yang mampu dipenuhi PT Inka dalam satu tahun hanya 200 unit.

Oleh karena itu, pihaknya berupaya meningkatkan kapasitas produksi dengan mengembangkan pabrik baru di Banyuwangi.

Ia memperkirakan pabrik baru tersebut bisa mulai beroperasi pada semester dua 2020.

"Kami sudah beli tanah, sudah ada pemenang tender juga. Untuk kapasitas produksinya tiga kali lipat dibandingkan dengan pabrik yang ada di Madiun," katanya.

Ia mengatakan karena keterbatasan PT Inka dalam menyediakan KRL tersebut, PT Kereta Api Indonesia (KAI) harus mendatangkan armada kereta api dari luar negeri atau impor.

"Ada yang didatangkan bekas namun layak dipakai, biaya relatif murah, waktunya relatif bisa terkontrol. Ini dilakukan untuk menutup kekurangan KRL mereka (PT KAI, red)," katanya.

Mengenai target kinerja, dikatakannya, pada 2018 PT Inka ditargetkan memperoleh omzet sebesar Rp3,2 triliun dengan laba bersih Rp8,7 miliar. "Ini hampir akhir tahun dan sudah tercapai. Melihat hasil tersebut, Kementerian BUMN menargetkan hasil yang lebih besar lagi untuk tahun depan yaitu sebesar Rp3,7 triliun," katanya.

Realisasi perolehan omzet saat ini tumbuh sebesar 21 persen jika dibandingkan dengan realisasi tahun sebelumnya.

Sementara itu, terkait dengan BUMN Mengajar pihaknya mengenalkan BUMN secara umum kepada para siswa SMAN 1 Surakarta.

"Sekaligus kami mengenalkan profil PT INKA secara umum, yaitu sebagai satu-satunya industri manufaktur sarana kereta api di Asia Tenggara," katanya.

Ia mengatakan PT Inka memiliki peran dalam menumbuhkan kekuatan dan ketahanan bangsa khususnya dalam bidang perkeretaapian, penguasaan teknologi perkeretaapian beserta pengembangan produknya.

Selain itu, dikatakannya, perusahaan tersebut juga untuk mengurangi ketergantungan Indonesia dari luar negeri serta secara bisnis mampu bersaing di pasar internasional.

Pada kesempatan tersebut pihaknya juga memberikan bantuan kepada SMAN 1 Surakarta dalam bentuk 10 unit komputer dengan total nilai Rp50 juta.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirjen ILMATE Taufiek Bawazier saat meresmikan Toyota xEV Center

Jumat, 20 Mei 2022 - 07:10 WIB

Kemenperin Harap Toyota xEV Center jadi Katalisator Pengembangan Teknologi Kendaraan Listrik di RI

Kemenperin berharap, Toyota xEV Center sebagai katalisator pengembangan teknologi dan industrialisasi kendaraan elektrifikasi di Indonesia sehingga dapat meningkatkan ketahanan energi serta…

HIPMI Siap Dukung Sektor UMKM RI ke Pasar Internasional

Jumat, 20 Mei 2022 - 07:00 WIB

HIPMI Siap Dukung Sektor UMKM RI ke Pasar Internasional

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) menginisiasi perhelatan HIPMI International Business Forum yang merupakan rangkaian acara dari rencana kegiatan kunjungan HIPMI ke Amerika Serikat dan…

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Wakil Ketua Umum Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI Polri (FKPPI) Bambang Soesatyo

Jumat, 20 Mei 2022 - 06:45 WIB

Ketua MPR RI Tegaskan FKPPI Siap Bantu TNI Jaga Kedaulatan Bangsa

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Wakil Ketua Umum Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI Polri (FKPPI) Bambang Soesatyo bersama pengurus FKPPI…

 Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita (Foto: Dok. Setkab)

Jumat, 20 Mei 2022 - 06:11 WIB

Menperin: Hilirisasi Industri Picu Peningkatan Kinerja Ekspor Nasional

Jakarta-Industri pengolahan masih memberikan kontribusi yang dominan terhadap nilai ekspor nasional, dengan capaian sebesar 74,46 persen sepanjang Januari-April 2022.

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Jumat, 20 Mei 2022 - 06:00 WIB

KASAD Jend TNI Dudung Abdurachman Tegaskan Tak Mau Ada Prajurit Menderita

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., melaksanakan kegiatan kunjungan ke satuan bawah agar bisa melihat dan mengetahui kondisi riil satuan TNI AD di…