Kadin: Pemerintah Segera Temukan Solusi Terkait Freeport

Oleh : Herry Barus | Rabu, 22 Februari 2017 - 04:51 WIB

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Rosan Perkasa Roeslani (Foto: Ist)
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Rosan Perkasa Roeslani (Foto: Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ketua Kadin Rosan P Roeslani mengharapkan pemerintah bisa menemukan solusi terkait sengketa izin pertambangan dengan PT Freeport yang terancam diselesaikan di ranah arbitrase.

"Harus dicari solusinya, karena arbitrase bisa merugikan kedua belah pihak," kata Rosan saat ditemui di sela-sela acara dialog perpajakan pengusaha dengan Ditjen Pajak di Jakarta, Selasa (21/2/2017).

Rosan menilai proses penyelesaian sengketa di arbitrase bisa memakan biaya, waktu maupun pikiran. Selain itu solusi yang diharapkan belum tentu bisa menyenangkan pemerintah dan PT Freeport.

Ia pun menyarankan kedua belah pihak kembali bernegosiasi untuk mencari jalan terbaik dengan mengacu apa yang sudah tercantum dalam kontrak karya.

"Saya tidak memihak Freeport, tapi kontrak yang sudah disepakati harus dihormati, itu saja patokannya," katanya kepada awak media.

Menurut Rosan, segala persoalan yang ditimbulkan dari pelanggaran kontrak karya, bisa memberikan sinyal negatif kepada dunia usaha dan melahirkan ketidakpastian atas kesepakatan bisnis di Indonesia.

"Apa yang sudah dikontrakkan harus dipatuhi kedua belah pihak, kalau ada salah satu pihak tidak sesuai dengan yang disepakati, bisa memberikan sinyal salah ke banyak pihak," ujarnya.

Untuk itu, ia mengharapkan adanya solusi tegas antara Pemerintah dengan PT Freeport, yang bisa memberikan kepastian berusaha di Indonesia dalam jangka panjang.

"Pemerintah bukan harus mengalah, tapi patokan kita pada kontrak. Kalau kontrak tidak dihormati, akan susah. Kita 'fair' sajalah," tegas Rosan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki

Selasa, 17 Mei 2022 - 11:10 WIB

Menteri Teten Identifikasi Koperasi yang Siap Produksi Minyak Goreng

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki terus mengidentifikasi koperasi-koperasi yang memungkinkan untuk memproduksi minyak goreng sehingga setidaknya bisa memberikan alternatif pasokan…

Juru bicara pemerintah untuk Presidensi G20 Indonesia Maudy Ayunda

Selasa, 17 Mei 2022 - 11:08 WIB

Maudy Ayunda Beberkan Tiga Isu Transisi Energi yang Bakal Diangkat dalam Presidensi G20 Indonesia

Sebagai salah satu isu prioritas Presidensi G20 Indonesia, pemerintah menyoroti dampak perubahan iklim yang diakibatkan oleh sektor energi yang relevan dalam keseharian masyarakat.

Pakaian Tradisional Jepang, Yukata dan Kimono (Foto: saibumi.com)

Selasa, 17 Mei 2022 - 11:00 WIB

Jepang Pertimbangkan Buka Kunjungan Wisatawan Pada Juni 2022

Pandemi dua tahun ini membuat Jepang menutup perbatasannya untuk wisatawan asing. Tetapi, baru-baru ini Jepang telah dibuka pada April untuk beberapa penduduk luar negeri misalnya, pelancong…

Juru bicara pemerintah untuk Presidensi G20 Indonesia Maudy Ayunda

Selasa, 17 Mei 2022 - 10:55 WIB

Jubir G20 Maudy Ayunda Ungkap Pentingnya Ekosistem Kendaraan Listrik

Penggunaan kendaraan listrik dan infrastruktur pengisian baterai bahkan mendai keseriusan pemerintah dalam menjalankan transisi energi berkelanjutan dan berkesibambungan.

Tambang Batubara (ist)

Selasa, 17 Mei 2022 - 10:44 WIB

Pasokan Batubara Dunia Melimpah, HBA Mei Turun Jadi USD275,64 per Ton

Harga Batubara Acuan (HBA) bulan Mei 2022 turun USD12,76 dari bulan sebelumnya ke angka USD275,64 per Ton. Penurunan HBA bulan Mei 2022 disebabkan oleh meningkatnya jumlah pasokan batubara dunia,…