Tiongkok Pengimpor Terbesar Produk Sawit Sumatera Utara

Oleh : Herry Barus | Rabu, 28 November 2018 - 18:30 WIB

kelapa sawit
kelapa sawit

INDUSTRY.co.id - Medan-Tiongkok merupakan importir terbesar golongan barang lemak dan minyak hewan/nabati Sumatera Utara, yang didominasi minyak kelapa sawit (CPO) dan turunannya, dengan nilai 211,414 juta dolar AS pada triwulan III 2018.

"Setelah Tiongkok, pembeli lemak dan minyak hewan/nabati adalah Amerika Serikat dan India," ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara (Sumut), Syech Suhaimi di Medan, Selasa (27/11/2018)

Selain lemak dan minyak nabati/hewan, pemberi kontribusi ekspor terbesar lainnya adalah kopi ke Amerika Serikat dengan nilai 155,345 juta dolar AS dan India senilai 122,725 juta dolar AS.

"Golongan barang itu (lemak dan minyak nabati/hewani) masih menjadi kontribusi terbesar dalam penerimaan devisa Sumut, walaupun secara total ekspornya turun sembilan persen dibanding 2017," ujar Suhaimi.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumut, Parlindungan Purba mengatakan meski isu negatif sawit masih terus berlangsung di luar negeri, tetapi permintaan akan golongan barang itu masih tetap tinggi.

Permintaan yang tinggi terhadap golongan barang yang di dalamnya ada CPO merupakan dampak produk tersebut memang dibutuhkan untuk berbagai kebutuhan sehari-hari, mulai dari minyak goreng, sabun, mentega, dan produk kecantikan.

Parlindungan seperti dilansir Antara mengakui ekspor Sumut masih terbesar berupa CPO karena permintaan produk itu juga masih tertinggi.

Ia menegaskan, perusahaan produsen CPO dan produk olahan lainnya dewasa ini semakin berbenah untuk menekan isu negatif sawit.

Pengusaha industri dan perkebunan sawit terus berupaya memenuhi standar dalam dan luar negeri agar ekspornya tidak terganggu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Danrem Merauke Gunakan Panser Anoa Kunjungi Mapolres Timika

Jumat, 03 Juli 2020 - 05:00 WIB

Danrem Merauke Gunakan Panser Anoa Kunjungi Mapolres Timika

Komandan Korem 174/Anim Ti Waninggap (Danrem 174/ATW) Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko menggunakan Panser Anoa milik Detasemen Kavaleri 3/Serigala Ceta dalam rangka menghadiri HUT Bhayangkara…

Pasukan Garuda Kongo Gelar Latihan Batalyon Mobile Reserve di Blue Line

Jumat, 03 Juli 2020 - 05:00 WIB

Pasukan Garuda Kongo Gelar Latihan Batalyon Mobile Reserve di Blue Line

Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Batalyon Mekanis (Yonmek) TNI Konga XXIII-N/UNIFIL atau Indobatt menggelar latihan kesiapsiagaan Batalyon Mobile Reserve (BMR) dari Kompi Delta secara…

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono,M.Tr (Han)

Jumat, 03 Juli 2020 - 04:30 WIB

Dankormar Dukung Prajurit Marinir Ikuti Kemajuan Teknologi

- “Kalian harus terus mengisi dan mengembangkan diri dengan ilmu serta mampu mengikuti perkembangan teknologi saat ini dan yang akan datang”, ucap Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor…

Ketua Umum Apindo Haryadi Sukamdani

Jumat, 03 Juli 2020 - 04:30 WIB

Bisnis Pontang-panting, Pengusaha Butuh Stimulus Modal Kerja Rp 600 Triliun

"Kami hitung bersama dengan Kadin untuk sektor tekstil, transportasi, dan sektor manufaktur lainnya itu membutuhkan bantuan modal usaha sebesar Rp 600 triliun untuk setahun,"

Dukung Keberhasilan Protokol Kesehatan Yonmarhanlan XII Tertibkan Pasar Tradisional

Jumat, 03 Juli 2020 - 04:00 WIB

Dukung Keberhasilan Protokol Kesehatan Yonmarhanlan XII Tertibkan Pasar Tradisional

Tingkatkan disiplin masyarakat terhadap Covid-19, prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan XII) Pontianak bersama unsur TNI - Polri dan Gugus Tugas Penanganan Percepatan…