Tiongkok Pengimpor Terbesar Produk Sawit Sumatera Utara

Oleh : Herry Barus | Rabu, 28 November 2018 - 18:30 WIB

kelapa sawit
kelapa sawit

INDUSTRY.co.id - Medan-Tiongkok merupakan importir terbesar golongan barang lemak dan minyak hewan/nabati Sumatera Utara, yang didominasi minyak kelapa sawit (CPO) dan turunannya, dengan nilai 211,414 juta dolar AS pada triwulan III 2018.

"Setelah Tiongkok, pembeli lemak dan minyak hewan/nabati adalah Amerika Serikat dan India," ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara (Sumut), Syech Suhaimi di Medan, Selasa (27/11/2018)

Selain lemak dan minyak nabati/hewan, pemberi kontribusi ekspor terbesar lainnya adalah kopi ke Amerika Serikat dengan nilai 155,345 juta dolar AS dan India senilai 122,725 juta dolar AS.

"Golongan barang itu (lemak dan minyak nabati/hewani) masih menjadi kontribusi terbesar dalam penerimaan devisa Sumut, walaupun secara total ekspornya turun sembilan persen dibanding 2017," ujar Suhaimi.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumut, Parlindungan Purba mengatakan meski isu negatif sawit masih terus berlangsung di luar negeri, tetapi permintaan akan golongan barang itu masih tetap tinggi.

Permintaan yang tinggi terhadap golongan barang yang di dalamnya ada CPO merupakan dampak produk tersebut memang dibutuhkan untuk berbagai kebutuhan sehari-hari, mulai dari minyak goreng, sabun, mentega, dan produk kecantikan.

Parlindungan seperti dilansir Antara mengakui ekspor Sumut masih terbesar berupa CPO karena permintaan produk itu juga masih tertinggi.

Ia menegaskan, perusahaan produsen CPO dan produk olahan lainnya dewasa ini semakin berbenah untuk menekan isu negatif sawit.

Pengusaha industri dan perkebunan sawit terus berupaya memenuhi standar dalam dan luar negeri agar ekspornya tidak terganggu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Industri 4.0

Sabtu, 14 Desember 2019 - 17:05 WIB

Pacu Implementasi Industri 4.0, RI Bakal Diguyur Dana Senilai USD 50 Juta oleh Dewan Riset Korsel

Indonesia dan Korea Selatan semakin menguatkan kerja sama di sektor manufaktur, terutama dalam kesiapan implementasi industri 4.0.

Lars Wittig, VP Sales ASEAN, S.Korea, IWG

Sabtu, 14 Desember 2019 - 17:00 WIB

Menghadapi Ketergantunan Teknologi di Ruang Kerja

Seperti yang kita ketahui, kantor-kantor dulunya dipenuhi oleh lautan dokumen, slip biaya perjalanan, mesin faks, ponsel berukuran batu bata hingga mesin tik. Namun, evolusi teknologi modern…

Didi Kempot Sebagai Brand Ambassador Shopee

Sabtu, 14 Desember 2019 - 16:00 WIB

Shopee Catatkan Pencapaian Rp1,3 Triliun GMV dalam 24 Jam

Shopee, platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, mencatatkan rekor terbaru di Indonesia dengan raihan 1,3 Triliun Rupiah GMV dalam 24 jam pada puncak kampanye Shopee 12.12 Birthday…

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin RI, Harjanto pada acara The 2nd Indonesia Japan Automotive Dialogue di Bali.

Sabtu, 14 Desember 2019 - 16:00 WIB

RI-Jepang Perkuat Kerja Sama Pengembangan Kendaraan Listrik

Indonesia dan Jepang terus menjalin kerja sama dalam upaya pengembangan industri otomotif, termasuk mendorong percepatan produksi kendaraan yang ramah lingkungan. Langkah strategis ini diwujudkan…

League Luncurkan 8 Koleksi Eksklusif Apparel Cycling

Sabtu, 14 Desember 2019 - 15:38 WIB

Dukung Timnas Balap Sepeda ke Sea Games 2019, League Luncurkan 8 Koleksi Eksklusif Apparel Cycling

Memiliki detail khas nasionalisme, apparel special edition yang didesain atas inspirasi semangat bersepeda dari ICF (Indonesian Cycling Federation) atau yang juga dikenal dengan ISSI (Ikatan…