Kota Tasikmalaya, Membutuhkan Dukungan Membangun KKP Berbasis KRPL

Oleh : Herlambang | Selasa, 27 November 2018 - 04:45 WIB

Kadis Ketahanan Pangan, Kota Tasikmalaya, Elly Suminar (Foto Herlambang)
Kadis Ketahanan Pangan, Kota Tasikmalaya, Elly Suminar (Foto Herlambang)

INDUSTRY.co.id - Tasikmalaya-Kadis Ketahanan Pangan, Kota Tasikmalaya, Elly Suminar yang  belum 1 tahun diberi tanggung jawab, ketahanan pangan, didampingi Kabid. Konsumsi dan Keamanan Pangan, Ucu Anwar,  menyampaikan hal tersebut, saat ditemui di lokasi KKP (Kelompok Ketahanan Pangan) Al Fadillah, Kelurahan Nagarawangi Kec. Cihideung.

Kota Tasikmalaya, yang terdiri dario 69 Kelurahan dan  10 Kecamatan, sudah memiliki 33 Kelompok ketahanan pangan, dengan basis KRPL, namun hingga saat ini tidak banyak yang dapat berkembang karena minimnya anggaran  Pemkot Tasikmalaya.

Pemkot Tasikmalaya, terus mendorong agar masyarakat dapat berswakarya, untuk memenuhi kebutuhan dapur bahkan dapat memberi nilai tambah, bukan semata-mata melepaskan kebutuhan dapur, ujar Elly Suminar.

“Kami bersama Tim Penggerak PKK, Kota Tasikmalaya, sudah melakukan berbagai kegiatan untuk mengedukasi masyarakat untuk menanfaatkan sumber-sumber karbohidrat selain beras yang ada di lingkungan masing-masing, karena sampai saat ini, tingkat konsumsi beras masyarakat kota tasikmalaya masih tinggi, walikota sebagai ketua tim pkk, memberikan berbagai tehknik pengolahan atau kuliner bersama ahli gizi, untuk mengolah ketela (singkong), ubi jalar, talas dan jagung, menjadi bahan pangan yang memiliki cita rasa, dan disukai masyarakat dan dapat mengurangi tingkat konsumsi beras per kapita,  “tambah Elly kepada awak media.

Luas Kota Tasikmalaya : 184,4 Km.2, dengan jumlah penduduk 659.606 jiwa dan luas lahan lertanian produktif 5.993 Ha, sedang penyusutan lahan pertanian akibat alih fungsi masih tinggi, rata-rata 10 hektar lebih per tahun.

KKP Al Fadillah, Kelompok Swadaya Masyarakat, yang bermula dari Kelompok Ibu-ibu Pengajian,  beranggotakan 30 kepala keluarga, yang seluruhnya adalah Ibu-ibu Rumah Tangga, sehari-hari hanya mengurus keperluan suami dan anak-anaknya, kini mulai termotivasi untuk aktif mengurus kebun kelompok.

 

Elly Suminar yang belum genap setahun diberi tanggung jawab ini, terkaget-kaget, melihat kenyataan dilapangan, animo masyarakat yang begitu tinggi dimotori beberapa keluarga sejahtera, kelompok KKP Al Fadilah, sudah mampu berkontribusi mengurangi beban dapur anggotanya 300 hingga 400 ribu/ bulannya bahkan dengan motivasi dinas KKP Kota Tasikmalaya, saat ini KKP Al Fadillah, sudah memproduksi bibit tanaman hortikultura, kita sudah menjual hingga 4000 batang bibit cabe rawit yang dibeli berbagai kelompok termasuk beberapa sekolah-sekolah tingkat SLTA di Kota Tasikmalaya, harga per pohonnya 2000 rupiah, sampai saat ini, omzet penjualan bibit sudah mencapai 8.000.000, juta rupiah, ujar Tintin, tenaga pendamping sukarela yang berlatar belakang sarjana pertanian, didampingi ketua kelompok Al Fadillah, ibu Itoh, ditemui di kebun bibit dilokasi yang cukup sempit namun bisa produktif.

Elly Suminar, berharap di tahun anggaran 2019. Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian,  memberikan bantuan untuk pengembangan KKP berbasis KRPL, di Kota Tasikmalaya, yang termasuk "Kota Termiskin" di Propinsi Jawa Barat,

“Kami yakin, masyarakat kota tasikmalaya akan bekerja keras dan giat,  untuk merubah kondisi saat ini, dan semoga KRPL yang sudah ditetapkan Pemerintah (Kementerian Pertanian) sebagai Program Nasional, dan sudah terbukti menyelesaikan Kerawanan Pangan, diberbagai daerah di indonesia,  dapat dikembangkan di Kota Tasikmalaya, “ pungkas Kadis Ketahanan Pangan Kota Tasikmalaya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

UBSI Siapkan Bea Siswa Bagi Selegram, Influencer Hingga Vlogger

Minggu, 05 Juli 2020 - 14:00 WIB

UBSI Siapkan Bea Siswa Bagi Selegram, Influencer Hingga Vlogger

Era digital mendorong remaja Indonesia lebih kreatif dan produktif. Antara lain, menjadi selegram, influencer dan vlogger

Dokter Cut Putrie Arnie dan Dokter Eka Ginanjar

Minggu, 05 Juli 2020 - 13:15 WIB

Hati-hati...Daya Tahan Tubuh Lemah Rawan Terinfeksi COVID-19

Tingginya kasus positif COVID-19 pada penderita Penyakit Tidak Menular (PTM), disebabkan oleh faktor lemahnya daya tahan tubuh penderitanya. Seperti diketahui, daya tahan tubuh yang lemah dapat…

Tasyakuran Milad Daarul Qur’an ke - 17

Minggu, 05 Juli 2020 - 13:10 WIB

Milad ke-17, KH Yusuf Mansur Sebut Daarul Qur'an Lahir dari Perspektif

Daarul Qur’an, pesantren pimpinan KH Yusuf Mansur kini milad ke – 17, hal ini menjadi hadiah terbesar dari Allah SWT untuk Daarul Qur'an baginya.

Kenangkan Persembahan Apik Fity-Fity Band

Minggu, 05 Juli 2020 - 13:00 WIB

'Kenangkan' Jadi Persembahan Apik Fity-Fity Band

Kali ini Fifty-Fifty merilis lagi single lama mereka yang diaransemen ulang, Setelah di 2019 kemarin mereka sempat mengaransemen ulang dan merilis satu singel yang diambil dari Album kedua mereka…

Ilustrasi Virus

Minggu, 05 Juli 2020 - 12:08 WIB

Akurasi Antibodi Sebagai Komponen Utama Pemeriksaan Screening COVID-19

Untuk mencegah virus menyerang tubuh, setiap manusia harus memiliki sistem imun yang kuat. Namun, banyak dari masyarakat belum paham, seperti apa sistem imun kita bekerja di dalam tubuh?