Pupuk Indonesia Peroleh Kredit Rp11 Triliun

Oleh : Herry Barus | Jumat, 23 November 2018 - 18:45 WIB

Pupuk Ilustrasi
Pupuk Ilustrasi

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Konglomerasi Grup Pupuk Indonesia mengantongi kredit modal kerja hingga Rp11 triliun dari PT. Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk yang akan dipergunakan untuk ekspansi usaha, terutama pengembangan produk pupuk unsur hara nitrogen, fospor dan kalium (NPK).

Direktur Keuangan Pupuk Indonesia Indarto Pamoengkas di Jakarta, Kamis (22/11/2018)  mengatakan plafon pinjaman dari BRI merupakan pinjaman bersama (Joint Borrower) yang akan digunakan secara fleksibel oleh masing-masing perusahaan anggota Grup Pupuk Indonesia.

Skema "Joint Borrower" ini juga ditujukan agar mekanisme pinjaman bisa lebih dinamis antar masing-masing perusahaan sehingga menghindari kredit yang tidak dipergunakan (idle facility).

"Dengan sinergi Pupuk Indonesia Grup dan BRI, kini kami dapat melebarkan sayap untuk melakukan ekspansi usaha ke arah Pengembangan strategis terutama pengembangan produk NPK," kata Indarto.

Total terdapat 11 perusahaan yang bersama-sama dapat memanfaatkan fasilitas kredit dari BRI tersebut yaitu PT Pupuk Indonesia (Persero) sebagai Induk Usaha, dan para anggota holding diantaranya PT Pupuk Kalimantan Timur, PT Petrokimia Gresik, PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, PT Pupuk Kujang Cikampek, PT Pupuk Iskandar Muda, PT Rekayasa Industri, PT Pupuk Indonesia Energi,  PT Pupuk Indonesia Logistik, PT Pupuk Indonesia Pangan dan PT Mega Eltra.

Pinjaman dari BRI ini, menurut Indarto, akan meningkatkan ekspansi bisnis perusahaan yang berorientasi untuk meningkatkan ketahanan pangan Indonesia. Ekspansi bisnis itu antara lain dengan peningkatan bisnis di sektor pupuk, bahan-bahan kimia (non pupuk) untuk pertanian, saprotan dan saprodi, energi listrik, logistik dan transportasi, jasa EPC dan jasa perdagangan umum. "Dukungan pembiayaan tersebut merupakan wujud komitmen BRI untuk mendukung Industri Pupuk Nasional yang tergabung dalam Holding PT Pupuk Indonesia Persero," ujarnya.

Saat ini total pembiayaan BRI baik untuk belanja operasional dan belanja modal kepada seluruh perusahaan yang tergabung dalam Grup PT Pupuk Indonesia Persero telah mencapai Rp14,7 trilyun.

Ke depan, BRI siap mendukung ekspansi bisnis PT Pupuk Indonesia Persero antara lain untuk rencana pembangunan pabrik pupuk NPK dan proyek investasi lainnya. Selain kredit, BRI juga telah menjalin kerja sama layanan perbankan berupa Bank Garansi (BG) Online, Pembiayaan Perdagangan Online dan Pembiayaan Supply Chain bagi Pupuk Indonesia Grup dan para mitra kerja.

Selain kredit modal kerja, Grup Pupuk Indonesia juga menyepakati fasilitas untuk transaksi valuta asing senilai 168 Juta dolar AS.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pemimpin Divisi Komunikasi Pemasaran BNI Indomora Harahap (kanan), Ketua Umum PP Pelti Rildo Ananda Anwar (kedua kanan), Legenda Tennis Yustedjo Tarik (kiri) dan Petenis Tunggal Putri Priska Madelyn Nugraha(kedua kiri).

Kamis, 14 November 2019 - 17:51 WIB

BNI Tennis Open 2019 Siap Dimulai

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menggelar turnamen tenis tingkat nasional BNI Tennis Open 2019, yang akan digelar di lapangan tenis The Sultan Hotel Jakarta pada 16-22 November…

Bank BTN. (Foto: Istimewa)

Kamis, 14 November 2019 - 17:21 WIB

Kejar PSAK 71, BTN Pertebal Pembentukan CKPN

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. terus memupuk rasio Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN) perseroan untuk mempersiapkan diri menghadapi aturan Pernyataan Standar Akuntansi…

Bank Muamalat Launching Muamalat DIN

Kamis, 14 November 2019 - 16:52 WIB

Bank Muamalat Luncurkan Aplikasi DIN

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. meluncurkan aplikasi mobile banking terbaru yang diberi nama Muamalat Digital Islamic Network atau disingkat Muamalat DIN. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai…

Princess Megonondo

Kamis, 14 November 2019 - 16:30 WIB

Princess Megonondo Siap Bertarung di Miss World London 2019

Jelang keberangkatan ke Miss World, Princess Megonondo, mengaku sudah siap lahir batin. Tinggal bertarung di ajang pencarian wanita tercantik sejagad Miss World 2019 yang akan berlangsung di…

CEO Citibank N.A., Indonesia Batara Sianturi (Foto Dok Suwara.com_

Kamis, 14 November 2019 - 15:45 WIB

Citibank N.A., Indonesia Membukukan Laba Bersih Rp 2,4 Triliun Periode Sembilan Bulan di 2019

Citibank N.A., Indonesia (Citibank) menutup triwulan ketiga 2019 dengan Laba Bersih year-to-date sebesar Rp 2,4 trilliun, meningkat 70% dibanding periode yang sama tahun lalu. Pertumbuhan Laba…