Menteri Puspayoga Ajak Lulusan UNAS Jadi Pengusaha

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 12 November 2018 - 17:33 WIB

Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga mengajak para lulusan Universitas Nasional (Unas) menjadi pengusaha.
Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga mengajak para lulusan Universitas Nasional (Unas) menjadi pengusaha.

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga mengajak para lulusan Universitas Nasional (Unas) menjadi pengusaha. Pemerintah telah memberi kemudahan terhadap akses permodalan sehingga kesempatan menjadi pengusaha sangat terbuka bagi semua orang.

“Saya ajak jadilah pengusaha. Jangan bercita-cita jadi PNS. Bukan tidak boleh, tapi kesempatannya sangat kecil. Jadilah wirausahawan,” kata Pusayoga, dalam orasi pada acara wisuda sarjana dna pasca sarjana Universitas Nasional Periode II Tahun Akademik 2017/2018 di Jakarta.

Menteri mengatakan pemerintah bukan hanya melonggarkan akses permodalan, namun juga memberi berbagai pelatihan termasuk dari swasta untuk meningkatkan kemampuan masuk ke dunia usaha.  Pajak bagi UMKM dan koperasi pun diturunkan agar kemudahan berusaha semakin besar.

Lahirnya gerakan revolusi industri 4.0 di dunia turut mempermudah setiap orang menjadi pengusaha.  Perkembangan teknologi yang demikian pesat adalah kesempatan untuk menciptakan dan memperbesar bisnis dalam skala yang sangat luas. Dia mencontohkan, sekarang menjadi pengusaha hotel tidak harus memiliki hotel, teknologi memungkinkan hal tersebut terjadi.

“Karena itu mari jadi pengusaha. Jangan sampai menambah pengangguran,” kata Menteri. 

Menteri mengatakan Kemenkop UKM mengemban misi menaikkan rasio kewirausahaan di Indonesia agar mengejar standar minimal dunia, yaitu 2 persen.  Berkat kerja sama dengan sinergi antara pemerintah pusat, gubernur, walikota, bupati  selama empat tahun terakhir, rasio kewirausahaan di Indonesia yang tahun 2014 baru 1,65 persen telah meningkat menjadi 3,1 persen tahun 2016. Dia yakin angka tersebut akan naik lagi pada akhir tahun 2018. 

Ia menegaskan Indonesia harus mengejar ketertinggalan rasio kewirausahaan dengan negara tetangga seperti Singapura yang telah mencatatkan rasio kewirausahaan 7 persen, Malaysia 5 persen, Thailand 4 persen. “Tahun 2018 kita bisa bersaing dengan negara tetangga,”kata Puspayoga.

Dalam akhir orasinya, Menteri mengajak Unas kerja sama dengan Kemenkop UKM sehingga dapat melakukan pembinaan kepada mahasiswa untuk meningkatkan rasio kewirausahaan di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Digital art & creative (ilustrasi)

Senin, 20 Mei 2024 - 07:50 WIB

Digelar Offline, Bengkel Animasi Digital Art & Creative Festival 2024 Kembali Hadir di Bandung

Bengkel Animasi bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) serta Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) kembali menggelar ajang 'Bengkel Animasi Digital Art & Creative…

Tingkatkan Ketahanan Iklim, Kementerian PUPR Dukung Kerja Sama Meteorologi WMO dan BMKG

Senin, 20 Mei 2024 - 07:44 WIB

Tingkatkan Ketahanan Iklim, Kementerian PUPR Dukung Kerja Sama Meteorologi WMO dan BMKG

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama dengan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati melakukan Pertemuan Bilateral…

(Kiri-Kanan): Komisaris Utama Effendi, Komisaris Independen M Slamet Brotosiswoyo, Direktur Operasional Iwan Sanyoto, Direktur Utama Rini Dwiyanti dan Direktur Keuangan Ingo Steil

Senin, 20 Mei 2024 - 07:38 WIB

Surya Biru Murni Acetylene Tebar Dividen

PT Surya Biru Murni Acetylene Tbk (SBMA), perusahaan gas industri terkemuka, secara resmi mengumumkan pembagian dividen tunai sebesar Rp1,1 miliar untuk tahun buku 2023.

Hutama Karya Pastikan Tol Padang Sicincin Semakin Progresif

Senin, 20 Mei 2024 - 07:17 WIB

Hutama Karya Pastikan Tol Padang Sicincin Semakin Progresif

Penyelesaian Proyek Strategis Nasional (PSN), salah satunya Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Tahap I menjadi fokus PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) di sisa tahun 2024. Manajemen Hutama…

IFG Life

Senin, 20 Mei 2024 - 07:07 WIB

IFG Life Perkuat Literasi untuk Menjaga Stabilitas Lingkungan dan Keuangan

PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life), perusahaan asuransi jiwa dan kesehatan nasional, mendorong penguatan literasi tentang pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan dan keuangan pribadi.