Pemberdayaan UKM Sektor Bisnis Jadi Kunci Pemerataan Ekonomi

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 07 November 2018 - 17:19 WIB

Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM Suparno
Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM Suparno

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM Suparno mengungkapkan UKM merupakan pelaku bisnis yang dominan di Indonesia dan berperan sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, menurut Suparno UKM harus mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah.

Data Statistik Tahun 2017 menunjukkan bahwa 62,922 juta unit  pelaku usaha adalah UMKM atau 99,99% dari total pelaku usaha di Indonesia. Kontribusi UMKM terhadap GDP Nasional sebesar 60%. Mereka adalah penyerap tenaga kerja terbesar, yaitu 97,02% dari keseluruhan angkatan kerja kita.

“Para pelaku UMKM yang bergerak di seluruh sektor bisnis ini menjadi kunci terwujudnya pemerataan ekonomi,“ kata Suparno dalam acara Gebyar UKM di Aula Adikarta kantor Pemerintah Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta, Selasa (6/11/2018).

Capaian itu tidak terlepas dari berbagai program dan kegiatan pembangunan UMKM telah dilakukan oleh pemerintah, baik pusat maupun daerah. Hal ini juga sebagaimana amanat UU Nomor 20 Tahun 2008 tentang UMKM bahwa Pemberdayaan UMKM dilakukan oleh pemerintah, pemda, dunia usaha dan masyarakat.

“Dukungan daerah dalam pembangunan UKMK ditunjukan oleh Kabupaten Kulonprogo yang secara konsisten menunjukkan kinerjanya dalam membangun aktivitas ekonomi masyarakat melalui cara-cara yang kreatif dan inovatif. Beberapa penghargaan telah diraih, seperti Nata Mukti Award dari Kemenkop dan UKM dan diakui sebagai Bupati Entrepreneur,” katanya.

Gebyar UKM tahun ini merupakan Gebyar UKM yang mengusung konsep kekinian, yaitu UKM Indonesia Jaman Now, dengan dominasi teknologi digital yang telah banyak dimanfaatkan terutama dalam pemasaran dengan tetap menjaga semangat kewirausahaan.

Tema yang diangkat pada Gebyar UKM 2018 ini adalah “UKM Indonesia Zaman NOW : Kewirausahaan + Pemasaran = SUKSES BISNIS”. Tema ini relevan dengan sikap dan respon yang perlu dilakukan oleh para pelaku UMKM Jaman NOW dalam memasuki era ekonomi digital dan era Revolusi Industri 4.0.

Dengan tema tersebut pelaku UMKM dituntut untuk menggunakan teknologi digital dalam pengelolaan bisnisnya dan untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Para pelaku UMKM juga diharapkan dapat fokus terhadap kualitas SDM yang dapat  menciptakan  inovasi baru dalam memenuhi permintaan pasar yang sangat cepat berubah.

Kabupaten Kulonprogo menjadi salah satu tempat pelaksanaan Gebyar UKM yang diinisiasi oleh International Council for Small Businiess (ICSB) Indonesia. Kabupaten di ujung barat DIY tersebut menjadi tujuan ke-28. Dimana sebelumnya acara serupa digelar di Tanjung Pinang (1/11), Deli Serdang (31/7) dan akan rencana terakhir pelaksanaannya di Purwakarta (24/11) mendatang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Press Conference Indonesia Upstream Oil & Gas SCM Summit 2024

Senin, 06 Mei 2024 - 13:53 WIB

Perkuat Manajemen Rantai Pasok, SKK Migas Gelar Indonesia Upstream Oil & Gas SCM Summit 2024

Dalam rangka mencapai visi produksi 1 juta barel minyak per hari dan 12 miliar standar kaki kubik gas per hari pada tahun 2030, SKK Migas kembali menggelar Indonesia Upstream Oil & Gas SCM Summit…

Vira Widiyasari Bergabung sebagai Country Manager Visa Indonesia

Senin, 06 Mei 2024 - 13:34 WIB

Vira Widiyasari Bergabung sebagai Country Manager Visa Indonesia

Visa, pemain utama di dunia dalam pembayaran digital, mengumumkan bahwa Vira Widiyasari telah ditunjuk sebagai Country Manager, efektif per tanggal 6 Mei 2024, menggantikan Riko Abdurrahman…

Dok. bibit

Senin, 06 Mei 2024 - 13:25 WIB

Lampaui 10 Juta Download di Google Play, Bibit.id: Kami Akan Terus Berinovasi

Aplikasi investasi digital terdepan di Indonesia, Bibit.id, kian mengukuhkan posisinya sebagai aplikasi favorit para investor ritel Tanah Air. Per hari ini, aplikasi Bibit.id telah diunduh lebih…

3 Solusi Ampuh Bibir Sehat dan Merona

Senin, 06 Mei 2024 - 13:21 WIB

Selamat Tinggal Bibir Kering! Ini 3 Solusi Ampuh Bibir Sehat dan Merona

Jakarta-Bibir kering, pecah-pecah, dan gelap sangat rentan terjadi pada seseorang. Kondisi ini tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga menjadi masalah kesehatan. Bibir kering terkadang…

JARVIS 2024

Senin, 06 Mei 2024 - 13:13 WIB

Resmikan JARVIS 2024, Menperin Pacu Kualitas dan Kuantitas Pendidikan Vokasi Industri

Kementerian Perindustrian menjalankan program pendidikan vokasi yang menjadi pelopor dual system di Indonesia. Program tersebut bertujuan untuk memenuhi dan mengantisipasi kebutuhan industri…