MICE-Wisman Dorong Permintaan Produk IKM Sulut

Oleh : Herry Barus | Rabu, 10 Oktober 2018 - 10:59 WIB

Wisman Tiongkok (Foto Banten.co)
Wisman Tiongkok (Foto Banten.co)

INDUSTRY.co.id - Manado- Meetings, incentives, conferences and exhibitions (MICE) dan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang meningkat di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mendorong permintaan produk industri kecil menengah (IKM) juga naik signifikan.

"Meningkatnya permintaan pasar produk lokal, mendorong IKM untuk meningkatkan kapasitas produksi," kata Kepala Bidang Fasilitasi Pengembangan IKM Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Alwy Pontoh di Manado, Selasa (9/10/2018)

Dia mengatakan faktor yang terkait terjadi permintaan pasar produk lokal dipengaruhi oleh banyaknya kegiatan nasional dan internasional yakni MICE dilaksanakan di Manado.

Selain itu juga, katanya, banyaknya kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

"Juga saat ini permintaan produk lokal di marketplace dan online lainnya cukup tinggi," kata Alwy seperti dilansir Antara.

Untuk menjawab permintaan pasar khususnya produk lokal salah satunya adalah IKM didorong untuk meningkatkan kapasitas produksi.

Menurutnya dalam rangka membantu peningkatan kapasitas produksi pelaku usaha IKM pangan dan souvenir, adanya sinergitas program dan kegiatan antara stakeholder terkait dlm rangka membantu IKM dlm pengikatan kapasitas produksinya.

Antara lain menambah modal usaha, bantuan mesin peralatan, dan pengemasan produk yang premium.

Seperti yang dikatakan salah satu pelaku usaha Ansye Lucas, owner IKM Brilliant yang ada di Manado, banyaknya permintaan kapasitas produksi dari Toko Oleh-oleh di Manado, Pasar Online dan Toko2 Retail seperti Fresh Mart, Transmart, Hypermart dll, menurutnya ada ekstra budget dalam memenuhi permintaan tersebut.

Senada juga dikatakan Andre Palit owner MIENS Souvenir salah satu toko oleh-oleh di Manado mengakui saat ini banyaknya permintaan pasar produk pangan dan souvenir di tokonya.

Sehingga Andre mengharapkan para supplier untuk meningkatkan kapasitas produksi.

"Dengan adanya permintaan pasar produk lokal secara otomatis akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jakarta Blues International Festival 2019(Foto Dok Industry.co.id0

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 21:00 WIB

Jakarta Blues International Festival 2019

Apa kabar Blues di Indonesia? …Silahkan jawab versi Anda sendiri… tapi yang pasti para penggemar-nya sedang bersiap-siap berpesta bersama di acara Jakarta Blues International Festival yang…

Deklarasi Teman Juara

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 19:55 WIB

Deklarasi Teman Juara, Ajak Generasi Milenial Berpartisipasi Kembangkan Pariwisata di Era Revolusi Industri 4.0

Teman Juara akan menumbuhkan semangat juara di berbagai bidang. Misalnya ketika ada yang tidak pahaman tentang bagaimana mempromosikan potensi sebuah daerah dari berbagai aspek sosial ekonomi,…

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 19:05 WIB

Kemenperin Bidik 10 Ribu IKM Masuk Pasar Online

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan sebanyak 10 ribu pelaku IKM dari berbagai sektor dapat masuk ke pasar online melalui program e-Smart IKM selama periode tahun 2017-2019. Mereka…

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 19:00 WIB

Para Pemimpin Negeri Harus Berkomitmen Kuat Wujudkan Persatuan Bangsa

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menegaskan pasca Pemilu 2019 yang telah menguras banyak tenaga dan pikiran, harus ditindaklanjuti dengan mengisi kembali pembangunan. Tidak bisa dipungkiri,…

Direktur Jenderal IKMA Kemenperin, Gati Wibawaningsih

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 18:30 WIB

Kemenperin Targetkan 250 Peserta Beradu Inovasi di IGDS 2019

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) kembali melakukan acara sosialisasi Indonesia Good Design Selection (IGDS) 2019. Tahun 2019 ini,…