MICE-Wisman Dorong Permintaan Produk IKM Sulut

Oleh : Herry Barus | Rabu, 10 Oktober 2018 - 10:59 WIB

Wisman Tiongkok (Foto Banten.co)
Wisman Tiongkok (Foto Banten.co)

INDUSTRY.co.id - Manado- Meetings, incentives, conferences and exhibitions (MICE) dan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang meningkat di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mendorong permintaan produk industri kecil menengah (IKM) juga naik signifikan.

"Meningkatnya permintaan pasar produk lokal, mendorong IKM untuk meningkatkan kapasitas produksi," kata Kepala Bidang Fasilitasi Pengembangan IKM Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Alwy Pontoh di Manado, Selasa (9/10/2018)

Dia mengatakan faktor yang terkait terjadi permintaan pasar produk lokal dipengaruhi oleh banyaknya kegiatan nasional dan internasional yakni MICE dilaksanakan di Manado.

Selain itu juga, katanya, banyaknya kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

"Juga saat ini permintaan produk lokal di marketplace dan online lainnya cukup tinggi," kata Alwy seperti dilansir Antara.

Untuk menjawab permintaan pasar khususnya produk lokal salah satunya adalah IKM didorong untuk meningkatkan kapasitas produksi.

Menurutnya dalam rangka membantu peningkatan kapasitas produksi pelaku usaha IKM pangan dan souvenir, adanya sinergitas program dan kegiatan antara stakeholder terkait dlm rangka membantu IKM dlm pengikatan kapasitas produksinya.

Antara lain menambah modal usaha, bantuan mesin peralatan, dan pengemasan produk yang premium.

Seperti yang dikatakan salah satu pelaku usaha Ansye Lucas, owner IKM Brilliant yang ada di Manado, banyaknya permintaan kapasitas produksi dari Toko Oleh-oleh di Manado, Pasar Online dan Toko2 Retail seperti Fresh Mart, Transmart, Hypermart dll, menurutnya ada ekstra budget dalam memenuhi permintaan tersebut.

Senada juga dikatakan Andre Palit owner MIENS Souvenir salah satu toko oleh-oleh di Manado mengakui saat ini banyaknya permintaan pasar produk pangan dan souvenir di tokonya.

Sehingga Andre mengharapkan para supplier untuk meningkatkan kapasitas produksi.

"Dengan adanya permintaan pasar produk lokal secara otomatis akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelaran 100 Innovations Networking Event

Rabu, 16 Oktober 2019 - 22:40 WIB

Gandeng Startup, Kadin Dorong Pelaku Usaha Manfaatkan Teknologi Sistem Informasi

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendorong kolaborasi para pelaku usaha melalui pemanfaatan teknologi sistem informasi dengan melibatkan start up.

Outlet baru Gulu Gulu Star

Rabu, 16 Oktober 2019 - 21:52 WIB

Sour Sally Group Buka Outlet Gulu Gulu Star di Central Park

Sour Sally Group membuka outlet baru dari Gulu Gulu Star dengan konsep yang lebih besar serta menghadirkan menu yang lebih variatif untuk memanjakan pelangganya. Kali ini Gulu Gulu memilih Central…

Sekretaris Jenderal PUPR Anita Firmanti dengan Vice Chairman China International Development Cooperation Agency (CIDCA) Deng Boqing

Rabu, 16 Oktober 2019 - 21:18 WIB

Pemerintah Gandeng Tiongkok Garap Bendungan di Sulawesi dan Kalimantan

Penandatanganan Exchange of Letter ini merupakan tanda dimulainya kegiatan Engineering Services persiapan pembangunan Bendungan Pelosika di Sulawesi Tenggara dengan dana hibah dari Pemerintah…

Amato Rudolph Kembali Cetak Double Winner di ISSOM 2019

Rabu, 16 Oktober 2019 - 20:00 WIB

Amato Rudolph Kembali Cetak Double Winner di ISSOM 2019

Pembalap Amato belia Amato Rudolph mencetak double winner putaran 5 ISSOM 2019 di Sentul International Circuit, Bogor, Jawa Barat Minggu (13/10/2019). Catatan double winner Amato Rudolph, ini…

Kasubdit BUMD Bidang Lembaga Keuangan dan Aneka Usaha Ditjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Bambang Arianto

Rabu, 16 Oktober 2019 - 19:11 WIB

BUMD Dituntut Untuk Siap Dalam Menghadapi Era Industri 4.0

Dalam menghadapi tantangan di era industri 4.0, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dituntut untuk siap dalam menghadapi berbagai perubahan supaya dapat bersaing dalam dunia usaha yang semakin menggeliat…