MICE-Wisman Dorong Permintaan Produk IKM Sulut

Oleh : Herry Barus | Rabu, 10 Oktober 2018 - 10:59 WIB

Wisman Tiongkok (Foto Banten.co)
Wisman Tiongkok (Foto Banten.co)

INDUSTRY.co.id - Manado- Meetings, incentives, conferences and exhibitions (MICE) dan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang meningkat di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mendorong permintaan produk industri kecil menengah (IKM) juga naik signifikan.

"Meningkatnya permintaan pasar produk lokal, mendorong IKM untuk meningkatkan kapasitas produksi," kata Kepala Bidang Fasilitasi Pengembangan IKM Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Alwy Pontoh di Manado, Selasa (9/10/2018)

Dia mengatakan faktor yang terkait terjadi permintaan pasar produk lokal dipengaruhi oleh banyaknya kegiatan nasional dan internasional yakni MICE dilaksanakan di Manado.

Selain itu juga, katanya, banyaknya kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

"Juga saat ini permintaan produk lokal di marketplace dan online lainnya cukup tinggi," kata Alwy seperti dilansir Antara.

Untuk menjawab permintaan pasar khususnya produk lokal salah satunya adalah IKM didorong untuk meningkatkan kapasitas produksi.

Menurutnya dalam rangka membantu peningkatan kapasitas produksi pelaku usaha IKM pangan dan souvenir, adanya sinergitas program dan kegiatan antara stakeholder terkait dlm rangka membantu IKM dlm pengikatan kapasitas produksinya.

Antara lain menambah modal usaha, bantuan mesin peralatan, dan pengemasan produk yang premium.

Seperti yang dikatakan salah satu pelaku usaha Ansye Lucas, owner IKM Brilliant yang ada di Manado, banyaknya permintaan kapasitas produksi dari Toko Oleh-oleh di Manado, Pasar Online dan Toko2 Retail seperti Fresh Mart, Transmart, Hypermart dll, menurutnya ada ekstra budget dalam memenuhi permintaan tersebut.

Senada juga dikatakan Andre Palit owner MIENS Souvenir salah satu toko oleh-oleh di Manado mengakui saat ini banyaknya permintaan pasar produk pangan dan souvenir di tokonya.

Sehingga Andre mengharapkan para supplier untuk meningkatkan kapasitas produksi.

"Dengan adanya permintaan pasar produk lokal secara otomatis akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Cek Kesiapan Operasional Kendaraan, Brigif Para Raider 18/SEY Gelar Pemeriksaan

Selasa, 07 April 2020 - 04:00 WIB

Cek Kesiapan Operasional Kendaraan, Brigif Para Raider 18/SEY Gelar Pemeriksaan

Dalam rangka upaya pencegahan serta menekan terjadinya pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta menjamin kesiapan kendaraan dinas operasional, Brigif Para Raider 18/SEY menggelar apel pemeriksaan…

Personel TMMD Kodim 1707 Ajari Warga Kampung Epem Bercocok Tanam

Selasa, 07 April 2020 - 03:00 WIB

Personel TMMD Kodim 1707 Ajari Warga Kampung Epem Bercocok Tanam

Tak hanya menjalankan kegiatan fisik berupa pembangunan 20 unit rumah untuk warga Kampung Epem, Distrik Citak Mitak, Kab. Mappi, Papua, personel Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas…

Prajurit TNI Bantu Warga Perbatasan RI-PNG Panen Rambutan

Selasa, 07 April 2020 - 02:27 WIB

Prajurit TNI Bantu Warga Perbatasan RI-PNG Panen Rambutan

Prajurit TNI dari Batalyon Infanteri Mekanis Raider 411/Pandawa (Yonif MR 411/Pdw) Kostrad yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-PNG, membantu salah satu warga binaannya panen buah Rambutan…

Pandemi Corona (covid-19)- foto/ist

Selasa, 07 April 2020 - 01:31 WIB

Kian Meningkat, Hingga Selasa Dini Hari Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Indonesia Mencapai 2.491 Orang

Kasus virus corona di Indonesia kian hari semakin meningkat. Menurut Juru bicara penanganan corona, Achmad Yurianto, hal tersebut disebabkan oleh penularan yang terus terjadi ditengah masyarakat…

Ilustrasi security system. (Alvis Upitis/Getty Images)

Senin, 06 April 2020 - 23:10 WIB

Six years of the GitHub Security Bug Bounty program

Last month GitHub reached some big milestones for our Security Bug Bounty program. As of February 2020, it’s been six years since we started accepting submissions. Over the years we’ve been…