Pemerintah Tingkatkan Ekspor Tekstil dan TPT ke AS

Oleh : Hariyanto | Selasa, 14 Februari 2017 - 11:38 WIB

Produk Tekstil (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Produk Tekstil (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pemerintah Indonesia akan mendorong peningkatan kerja sama bilateral dengan pemerintah Amerika Serikat (AS) di bawah kepemimpinan Donald Trump dengan meningkatkan ekspor ‎tekstil dan produk tekstil (TPT).

"Peningkatan kerja sama ini sangat memungkinkan karena AS di bawah pemerintah Trump lebih mengedepankan kerja sama bilateral ketimbang regional. AS juga pasar strategis bagi produk-produk non migas Indonesia dan diharapkan bisa meningkatkan investasinya di Indonesia," kata Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto di Jakarta, Selasa (14/2/2017).

Sementara untuk kerja sama perdagangan, lanjut Airlangga, pihaknya meminta dukungan pemerintah AS untuk masuknya produk TPT Indonesia ke negara tersebut. Selama ini produk TPT dalam negeri kalah bersaing dengan produk serupa asal Vietnam lantaran dikenakan bea masuk yang tinggi.

"Kalau ekspor produk tekstil kita kena bea masuk 12,5%. Kalau itu bisa lebih rendah lagi, akan meningkatkan daya saing industri TPT nasional," ujar Menperin.

Airlangga berharap, pemerintah AS bisa menurunkan bea masuk produk tekstil Indonesia. Bahkan bila perlu dibuat sama seperti produk Vietnam, yaitu sebesar 0%.

"Minimal setara dengan vietnam sebesar 0% karena ada FTA. Bilateral akan kita upayakan jadi prioritas," ujar Airlangga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Bitcoin

Minggu, 03 Juli 2022 - 20:00 WIB

Simak! Berikut Panduan Lengkap Analisa Teknikal Bitcoin dan Saran Indodax Untuk Investor

Analisa teknikal Bitcoin menjadi salah satu kunci dalam investasi. Hal ini agar para investor dapat tetap meraih untuk meskipun pasar kripto tengah bergejolak. Saat ini, harga bitcoin menyentuh…

Industri 4.0 di sektor industri

Minggu, 03 Juli 2022 - 19:35 WIB

Kemenperin Pastikan Teknologi Industri 4.0 di Seluruh Rantai Pasok Manufaktur Terus Berjalan

Akselerasi revolusi industri 4.0 yang dicanangkan melalui Peta Jalan Making Indonesia 4.0 terus berjalan. Sektor manufaktur didorong bertransformasi menggunakan teknologi digital di seluruh…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 03 Juli 2022 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Juara Pertama Best of The Best Eksekutif Kejuaraan Menembak Jaksa Agung Cup

Ketua MPR RI sekaligus Dewan Penasihat Persatuan Berburu dan Menembak Seluruh Indonesia (Perbakin) Bambang Soesatyo berhasil menyabet Juara Pertama Best of The Best Kelas Eksekutif Kejuaraan…

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Minggu, 03 Juli 2022 - 16:04 WIB

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) memulai pembangunan gedung Keuskupan Merauke di Jalan Raya Mandala, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua. Secara seremoni pembangunan infrastruktur…

Bincang Tokoh Inspiratif: Gigi & Mulut Sehat Kunci Hidup Berkualitas

Minggu, 03 Juli 2022 - 16:02 WIB

Unilever Indonesia, PDGI dan Sederet Tokoh Inspiratif Ajak Konsumen Rawat Kesehatan Gigi dan Mulut

Setelah berikan manfaat ke lebih dari 10.000 orang, Pepsodent dan PDGI ajak lebih banyak keluarga Indonesia manfaatkan layanan teledentistry gratis “Tanya Dokter Gigi by Pepsodent”