Pemerintah Tingkatkan Ekspor Tekstil dan TPT ke AS

Oleh : Hariyanto | Selasa, 14 Februari 2017 - 11:38 WIB

Produk Tekstil (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Produk Tekstil (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pemerintah Indonesia akan mendorong peningkatan kerja sama bilateral dengan pemerintah Amerika Serikat (AS) di bawah kepemimpinan Donald Trump dengan meningkatkan ekspor ‎tekstil dan produk tekstil (TPT).

"Peningkatan kerja sama ini sangat memungkinkan karena AS di bawah pemerintah Trump lebih mengedepankan kerja sama bilateral ketimbang regional. AS juga pasar strategis bagi produk-produk non migas Indonesia dan diharapkan bisa meningkatkan investasinya di Indonesia," kata Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto di Jakarta, Selasa (14/2/2017).

Sementara untuk kerja sama perdagangan, lanjut Airlangga, pihaknya meminta dukungan pemerintah AS untuk masuknya produk TPT Indonesia ke negara tersebut. Selama ini produk TPT dalam negeri kalah bersaing dengan produk serupa asal Vietnam lantaran dikenakan bea masuk yang tinggi.

"Kalau ekspor produk tekstil kita kena bea masuk 12,5%. Kalau itu bisa lebih rendah lagi, akan meningkatkan daya saing industri TPT nasional," ujar Menperin.

Airlangga berharap, pemerintah AS bisa menurunkan bea masuk produk tekstil Indonesia. Bahkan bila perlu dibuat sama seperti produk Vietnam, yaitu sebesar 0%.

"Minimal setara dengan vietnam sebesar 0% karena ada FTA. Bilateral akan kita upayakan jadi prioritas," ujar Airlangga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (Foto PuspenTNI)

Jumat, 19 April 2019 - 13:00 WIB

Aparat Keamanan akan Tindak Tegas Upaya Ganggu Ketetertiban Masyarakat

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan, pihaknya tidak akan memberikan toleransi terhadap pihak-pihak yang berusaha mengganggu keamanan dan ketertiban. Apalagi, bila upaya itu dilakukan…

Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 11:26 WIB

Kapolri Tito Karnavian Pastikan Pelaksanaan Pencoblosan Berlangsung Aman Terkendali

Kepala Kepolisian RI Jenderal Pol Tito Karnavian menyebutkan tidak ada kejadian signifikan yang mengganggu pelaksanaan pencoblosan suara pada 17 April 2019.

Ilustrasi hujan deras. (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 11:19 WIB

Tetap Waspada, Potensi Hujan Lebat Masih akan Terjadi

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan release peringatan dini cuaca terbaru mulai Kamis (18/4/2019) sampai 2 hari kedepan (20/4/2019). Berdasarkan pengamatan BMKG,…

Vivo V15

Jumat, 19 April 2019 - 10:53 WIB

Optimalkan Hasil Jepretan Vivo V15, Ini Beberapa Tips Yang Harus Diperhatikan

Tren smartphone dengan layar utuh tanpa notch mulai marak di tahun ini. Tren tersebut ditandai dengan semakin banyaknya vendor smartphone meluncurkan ponsel cerdas kamera depan model hole…

Bendungan Gondang

Jumat, 19 April 2019 - 10:22 WIB

Kementerian PUPR Genjot Penyelesaian Akhir Pembangunan Bendungan Gondang

Kehadiran bendungan yang membendung Sungai Garuda ini akan mengalirkan air irigasi lebih kontinu dari yang sebelumnya mengandalkan tadah hujan.