Hadapi MEA, PHRI Sulut Minta Kemudahan Perizinan Bagi Pelaku Usaha

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 14 Februari 2017 - 10:37 WIB

Ilustrasi Wirausaha di Indonesia ( Adhitya Hendra/Pacific Press/LightRocket Getty Images)
Ilustrasi Wirausaha di Indonesia ( Adhitya Hendra/Pacific Press/LightRocket Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Manado - Guna untuk mengahadapi masyarakat ekomoni ASEAN, Johnny Lieke selaku Ketua Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Sulawesi Utara, berharap kepada pemerintah segera memberikan izin untuk mempermudah perizinan kepada para pelaku usaha.

"Untuk menunjang pertembuhan ekonomi di era MEA, pemerintah daerah seharusnya perlu mempermudah para pengusaha dalam mengembangkan usahanya, salah satunya mengenai perizinan," kata Johhny di Manado, Senin (13/2/2017).

Dalam hal pengurusan izin, jangan berbelit-belit dan membingungkan pelaku usaha, masalah yang dirasakan memberatkan pelaku usaha terutama saat melakukan ekspansi, alangkah baiknya diperbaiki sehingga pelaku usaha akan lebih siap menghadapi MEA, lanjutnya.

Disamping masalah perizinan, masalah keamanan juga harus diperhatikan bagi pemerintah daerah setempat dengan cara menegur para aparatur sipil negara (ASN) bandel yang sewenang-wenang memperlambat pengurusan, apalagi sampai memimnta uang imbalan.

"Selain perizinan, untuk menjaga pertumbuhan ekonomi makan pemerintah perlu mempertahankan keamanan di daerahnya, karena pelaku usaha serta masyarakat memerlukan rasa aman, karena jika daerah itu aman makan nilai investasi akan berkembang dan datang dengan sendirinya," pungkas General Manager Manado Town Suare (Mantos) Yono Akbar menutup pembicaraan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ali Jamil, Kepala Badan Karantina Kementan tinjau Duren yang akan diekspor

Senin, 23 September 2019 - 22:06 WIB

Inovasi Satu Klik Dukung Pertumbuhan Ekspor Pertanian Sumut

Belawan -- Ekspor sejumlah komoditas hortikultura asal Sumatera Utara (Sumut) terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data pada sistem IQFAST (Indonesia Quarantine Full Automation System) di…

Salah satu tanaman hortikultura

Senin, 23 September 2019 - 22:01 WIB

Buka Lahan Tanpa Dibakar, Petani Riau Kembangkan Hortikultura

Pekanbaru - Tengku Rafli, Petani kebun di Kelurahan Agro Wisata, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru sukses mengubah lahan 10 hektar milik negara menjadi lahan produktif untuk tanaman hortikultura.…

Direktur Consumer Service Telkom Siti Choiriana (kanan) dan Juara 2 Point Blank Woman Championship 2019 Moscow Indri Sherlyana Tunggal (kiri)

Senin, 23 September 2019 - 21:53 WIB

Telkom Luncurkan IndiHome Paket Premium Kecepatan Hingga 300 Mbps

Surabaya – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berupaya memberikan produk dan layanan yang terbaik bagi seluruh segmen pelanggannya. Kali ini, Telkom mempersembahkan IndiHome…

President PT Samsung Electronics Indonesia JaeHoon Kwon dan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Didik Suhardi seusai penandatanganan Samsung Indonesia Cerdas (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 23 September 2019 - 21:15 WIB

Samsung Indonesia Cerdas Dongkrak Kompetensi Pendidikan di Indonesia

Samsung Electronics Indonesia dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia menandatangani kesepakatan "Samsung Indonesia Cerdas" dan memperkuat kemitraan pemerintah dan swasta di bidang…

Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli (Foto Ist)

Senin, 23 September 2019 - 21:00 WIB

Pancaroba Politik, Rizal Ramli: Perubahan di Indonesia Bisa Maju Atau Justru Mundur

Tokoh nasional Rizal Ramli mengatakan, Indonesia tengah memasuki pancaroba. Namun, yang dimaksud bukan terkait dengan perubahan cuaca, melainkan perubahan politik.