Hadapi MEA, PHRI Sulut Minta Kemudahan Perizinan Bagi Pelaku Usaha

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 14 Februari 2017 - 10:37 WIB

Ilustrasi Wirausaha di Indonesia ( Adhitya Hendra/Pacific Press/LightRocket Getty Images)
Ilustrasi Wirausaha di Indonesia ( Adhitya Hendra/Pacific Press/LightRocket Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Manado - Guna untuk mengahadapi masyarakat ekomoni ASEAN, Johnny Lieke selaku Ketua Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Sulawesi Utara, berharap kepada pemerintah segera memberikan izin untuk mempermudah perizinan kepada para pelaku usaha.

"Untuk menunjang pertembuhan ekonomi di era MEA, pemerintah daerah seharusnya perlu mempermudah para pengusaha dalam mengembangkan usahanya, salah satunya mengenai perizinan," kata Johhny di Manado, Senin (13/2/2017).

Dalam hal pengurusan izin, jangan berbelit-belit dan membingungkan pelaku usaha, masalah yang dirasakan memberatkan pelaku usaha terutama saat melakukan ekspansi, alangkah baiknya diperbaiki sehingga pelaku usaha akan lebih siap menghadapi MEA, lanjutnya.

Disamping masalah perizinan, masalah keamanan juga harus diperhatikan bagi pemerintah daerah setempat dengan cara menegur para aparatur sipil negara (ASN) bandel yang sewenang-wenang memperlambat pengurusan, apalagi sampai memimnta uang imbalan.

"Selain perizinan, untuk menjaga pertumbuhan ekonomi makan pemerintah perlu mempertahankan keamanan di daerahnya, karena pelaku usaha serta masyarakat memerlukan rasa aman, karena jika daerah itu aman makan nilai investasi akan berkembang dan datang dengan sendirinya," pungkas General Manager Manado Town Suare (Mantos) Yono Akbar menutup pembicaraan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Veolia

Senin, 24 Juni 2019 - 21:05 WIB

Veolia Water Technologies Establishes Asia Pacific Headquarters in Kuala Lumpur

Veolia Water Technologies, a leading solutions provider for both water and wastewater treatment, is pleased to announce the formation of its regional headquarters in Kuala Lumpur. The move from…

Suasana Konferensi Pers menyambut Harkopnas 2019 yang bakal diselenggarakan pada 12-14 Juli

Senin, 24 Juni 2019 - 20:59 WIB

Ini Alasan Harkopnas 2019 Diadakan di Purwokerto

Penetapan Purwokerto sebagai kota penyelenggara acara puncak Harkopnas 2019 adalah keputusan bernilai sejarah yang menarik.

Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 24 Juni 2019 - 20:00 WIB

IMF: Perang Dagang AS-Tiongkok Tak Ada Pihak yang Diuntungkan

Ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan Tiongkok tidak akan menguntungkan pihak mana pun dalam jangka panjang, Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde…

Ilustrasi Ekspor (ist)

Senin, 24 Juni 2019 - 19:45 WIB

Pemerinah Bakal 'Nendang' Ekspor Lewat Insentif Fiskal

Pemerintah terus melakukan terobosan kebijakan yang dapat menggairahkan iklim usaha di dalam negeri sehingga turut memacu pertumbuhan ekonomi. Salah satu langkah strategisnya, yang dalam waktu…

LinkedIn

Senin, 24 Juni 2019 - 18:10 WIB

LinkedIn: Tiga Rising Skills Ini Pengaruhi Inovasi dan Transformasi Perusahaan di Indonesia

LinkedIn, jaringan profesional terbesar di dunia, meluncurkan Laporan Future of Skills 2019, yang mengidentifikasi 10 rising skills (peningkatan keterampilan) yang paling tinggi di antara…