Karakteristik Geografis Indonesia Jadi Tantangan Pengembangan Tol Laut

Oleh : Ridwan | Senin, 13 Februari 2017 - 10:21 WIB

Ilustrasi Logistik di Indonesia (Foto:supplychainindonesia)
Ilustrasi Logistik di Indonesia (Foto:supplychainindonesia)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya di Ambon beberapa waktu lalu menyatakan perlunya mempercepat pembangunan Tol Laut untuk mewujudkan kenoktivitas antar pulau dalam menurunkan pemerataan harga komoditas.

Ketidakmerataan pertumbuhan ekonomi dan industri menjadi salah satu penyebab ketidakseimbangan arus volume barang yang berdampak terhadap inefisiensi transportasi dan logistik.

"Dengan mempertimbangkan kerakteristik geografisnya, program-program pengembangan konektivitas seperti tol laut dan jembatan udara harus dikembangkan dengan suatu rencana pengembangan transportasi multimoda secara integrasi," ungkap Chairman Supply Chan Indonesia, Setiadji melalui pesan singkatnya kepada  INDUSTRY.co.id di Jakarta (13/2/2017).

Upaya penurunan dan pemerataan harga komoditas harus dilakukan dengan strategi yang menjadi bagian rencana induk pengembangan sistem transportasi dan konektivitas nasional secara terintegrasi.

Strategi ini dirumuskan dengan mempertimbangkan arus barang saat ini dan proyeksi peningkatan arus barang berdasarkan potensi pertumbuhan ekonomi nasional dan dampak ekonomi global.

"Pemerintah harus melibatkan penyedia jasa transportasi baik untuk masing-masing moda transportasi maupun multimoda," terang Setiadji.

Dalam pengembangan konektivitas, diperlukan pelayaran yang mempunyai kemampuan mendistribusikan barang dengan jumlah dan kapasitas kapal yang bervariasi serta dengan jaringan pelayaran yang luas.

"Salah satu perusahaan yang berpotensi besar untuk berperan adalah PT ASDP Indonesia Ferry, potensi itu bisa dilihat dari pelayaran peyeberangan yang mencapai 180 lintasan dengan 135 kapal komersial dan perintis, " tambahnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Teh Hijau (ist)

Senin, 25 Oktober 2021 - 12:05 WIB

Apakah Minum Teh Hijau dapat Meningkatkan Kualitas Tidur? Ini Kata Ahli

Umumnya banyak orang memilih untuk minum segelas air putih atau susu sebelum tidur, tetapi coba deh untuk sesekali minum teh hijau sebelum tidur. Sebab, ada banyak manfaat yang kamu dapatkan…

Ronald Cassidy (kanan) Direktur Collins Boulevard berfoto bersama Daniel Moeis (kanan), Direktur Marketing Communication Collins Boulevard

Senin, 25 Oktober 2021 - 12:00 WIB

The Scott, Collins Boulevard dari Triniti Land Ramaikan Sektor Properti Nasional

Unit 1 BR creative merupakan unit yang didedikasikan sebagai hunian pasca pandemi yang mengutamakan kenyamanan bekerja dengan mengedepankan konsep convertible residence

Ulang tahun ke-65 SUCOFINDO

Senin, 25 Oktober 2021 - 11:48 WIB

Di Ulang Tahunya yang ke-65, Menteri BUMN Erick Thohir Sebut SUCOFINDO Mampu Jawab Segala Tantangan Zaman

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir optimis  bahwa PT SUCOFINDO (Persero) mampu menjawab dan adaptif menghadapi segala tantangan zaman.

Webinar Kadin Indonesia

Senin, 25 Oktober 2021 - 11:33 WIB

Kadin Harapkan Pengusaha Nasional Lebih Tanggap Terhadap Resiko Bencana 

Tingkat ancaman bencana alam di Indonesia yang cukup tinggi turut berdampak pada iklim kegiatan usaha. Para pelaku usaha diharapkan mampu beradaptasi dan cepat tanggap terhadap risiko bencana…

Team Arawinda Agency

Senin, 25 Oktober 2021 - 11:30 WIB

Rahasia Arawinda Agency Tetap Eksis Melawan Pandemi

Arawinda Agency fokus pada penyediaan jasa pembuatan campaign concept and strategy, creative designs, social media / digital activities and offline maupun virtual events dan berbagai kegiatan…