500 Tatung Meriahkan Festival Cap Go Meh Singkawang

Oleh : Herry Barus | Minggu, 12 Februari 2017 - 18:35 WIB

Ilustrasi perayaan Cap Go Meh di Indonesia. (Afriadi Hikmal/Getty Images)
Ilustrasi perayaan Cap Go Meh di Indonesia. (Afriadi Hikmal/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Pontianak- Ratusan atraksi tatung memperlihatkan kekebalannya dalam memainkan senjata tajam memukau perhatian penonton yang hadir dalam Festival Cap Go Meh Singkawang, Minggu.

Wakil Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Christiandy Sanjaya, Minggu (12/2/2017) saat membuka resmi ajang berskala international itu mengajak para wisatawan Nusantara maupun mancanegara yang hadir untuk bersama-sama menyaksikan peristiwa yang sangat langka dan hanya ada di Kota Singkawang.

Ia juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Singkawan yang menyiapkan lima ratus lebih tatung yang akan tampil pada Festival Cap Go Meh.

Tatung dalam bahasa Hakka (hokian) adalah sebutan bagi orang yang dirasuki roh dewa atau leluhur sehingga mampu melakukan berbagai atraksi menantang maut secara luar biasa bagi orang kebanyakan.

Festival Cap Go Meh Singkawang sejak 2012 ditetapkan menjadi salah satu Wonderful Of The World (WOW) oleh Menteri Pariwisata RI karena tatung Singkawang sangat khas dan unik.

Dengan hadirnya 26 Duta Besar (Dubes) dari berbagai negara di Kota Singkawang pada saat ini, menurut dia, tentunya dapat mempromosikan Kota Singkawang lebih luas lagi.

"Tidak hanya Singkawang saja yang mendapat kebagian di kasih uang, tapi juga semua warga Kalimantan Barat juga akan kebagian," katanya kepada Antaranews.

Wali Kota Singkawang, Awang Ishak mengucapkan selamat datang kepada para Duta Besar (Dubes) dan wisatawan yang hadir pada Festival Cap Go Meh.

"Mari kita sama-sama menyaksikan Festival Cap Go Meh," kata Awang.

Pagelaran Festival Cap Go Meh diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Singkawang, katanya menambahkan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 05:33 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kesehatan TNI harus menjadi besar tangguh dan mandiri, baik dari segi sumber daya manusia, sarana dan prasarana maupun sistem metodanya sehingga dapat menghasilkan kinerja yang optimal dalam…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Kunjungan Komandan Jenderal Angkatan Darat AS Wilayah Pasifik

Kamis, 25 April 2024 - 05:26 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Kunjungan Komandan Jenderal Angkatan Darat AS Wilayah Pasifik

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima kunjungan kehormatan Commanding General United States Army Pacific atau Komandan Jenderal Angkatan Darat Amerikat Serikat (AS) untuk wilayah…

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.