Hentikan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

Oleh : Herry Barus | Selasa, 18 September 2018 - 12:15 WIB

Ilustrasi Eksploitasi Anak (Ist)
Ilustrasi Eksploitasi Anak (Ist)

INDUSTRY.co.id - Tanjung Selor- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise mengajak semua pihak untuk memutuskan mata rantai kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak.

"Kita harus putuskan mata rantai kekerasan terhadap perempuan dan anak," kata Yohana dalam acara penutupan Sosialisasi Konvensi Hak Anak di Tanjung Selor, Kalimantan Utara, Senin. (17/9/2018)

Menurut Yohana, perempuan berperan penting dalam mendidik dan merawat generasi pemimpin bangsa, dan anak-anak adalah calon pemimpin bangsa yang akan membawa arah pembangunan bangsa Indonesia ke depan.

Oleh karena itu, dia menuturkan pemerintah daerah juga harus berinvestasi besar bagi kesejahteraan perempuan dan tumbuh kembang anak untuk bangsa Indonesia yang lebih baik.

 "Perempuanlah yang menyelamatkan planet ini ke depan karena perempuan yang menghasilkan generasi masa depan," tuturnya.

Dia menuturkan perempuan sudah seharusnya menduduki posisi strategis. Namun kenyataannya,"perempuan masih dinomorduakan," lanjutnya.

Pada kunjungan itu, dia menutup acara pelatihan pengarusutamaan gender dan hak anak bagi sumber daya manusia forum partisipasi publik untuk kesejahteraan perempuan dan anak, sosialisasi konvensi anak serta meluncurkan kabupaten dan kota layak anak di Tanjung Selor Provinsi Kalimantan Utara.

Dia mengatakan perempuan harus sehat, dijaga, dihormati, dihargai. Oleh karena itu, harus ada kesetaraan gender yang juga mengakomodir hak-hak perempuan.

"Jangan sampai perempuan yang memikul beban kerja semua di rumah," ujarnya.

 Bupati Bulungan Sudjati seperti dilansir Antara berharap khususnya agar kekerasan anak berkurang dan kota atau daerah ramah dapat meningkat.

Dia menuturkan pihaknya membina kader-kader dalam pelaksanaan kota dan desa layak anak untuk kemudian diterjunkan ke daerah-daerah lain untuk menciptakan kader lainnya.

 "Mudah-mudahan dengan adanya ramah anak kita ciptakan siswanya yang aktif," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Rabu, 24 April 2024 - 13:06 WIB

KPU: Prabowo-Gibran, Presiden & Wapres Terpilih

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka secara sah dan resmi ditetapkan sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden RI untuk Tahun 2024-2029. Ketetapan tersebut disampaikan langsung oleh…

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Rabu, 24 April 2024 - 13:00 WIB

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung rencana pagelaran fashion show, 'Keindahan Karya Kain. Tenun dan Batik Ku Indonesia', oleh Dian Natalia Assamady.…

Edukasi Keuangan Pegadaian

Rabu, 24 April 2024 - 11:33 WIB

Peringati Hari Kartini, PT Pegadaian Laksanakan Kegiatan Edukasi Keuangan Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Pegadaian dukung Kegiatan Edukasi Keuangan bertema "Perempuan Cerdas Keuangan, Perempuan Indonesia Hebat" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan…

RUPST Astragraphia 2024

Rabu, 24 April 2024 - 11:19 WIB

Meningkat 45%, Astragraphia Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp141 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Astra Graphia Tbk (Astragraphia) yang dilaksanakan pada Selasa (23/4/2024) menyetujui pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 45% dari total…

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Rabu, 24 April 2024 - 11:11 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, dalam kontestasi Pemilu Legislatif 2024, enam Ketua IMI Provinsi…