Migrasi Jaringan Kini Lebih Mulus Dengan Ericsson Spectrum Sharing

Oleh : Hariyanto | Jumat, 14 September 2018 - 14:40 WIB

Ericsson (ist)
Ericsson (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ericsson meluncurkan perangkat lunak Ericsson Spectrum Sharing baru, yang meningkatkan keserbagunaan Ericsson Radio System untuk implementasi 5G. Teknologi perangkat lunak ini memberi penyedia layanan (service provider) peluang yang lebih besar untuk mengaktifkan 5G dan mempercepat proses penjangkauan jaringan.

Ericsson Spectrum Sharing memungkinkan migrasi jaringan yang mulus dan cepat melalui dukungan simultan dan dinamis 4G dan 5G dalam spektrum yang sama menggunakan Ericsson Radio System, saat operator siap untuk melakukan transisi.

"Fungsionalitas baru ini dapat diimplementasikan melalui instalasi perangkat lunak secara remote pada radio dengan Sistem Radio Ericsson yang telah ada sejak 2015," kata Presiden Direktur Ericsson Indonesia, Jerry Soper melalui keterangan tertulis yang diterima INDUSTRY.co.id, Jumat (14/9/2018).

Kemampuan ini akan memungkinkan penyedia layanan untuk memberikan jangkauan 5G di tingkat nasional dengan strategi migrasi spektrum yang jauh lebih fleksibel - menghindari kebutuhan untuk mengalokasikan spektrum khusus hanya untuk 5G yang nantinya berdampak negatif terhadap kinerja 4G.

Solusi Spectrum Sharing Ericsson akan memungkinkan operator Indonesia untuk memberikan end-user experience yang unggul dengan cara yang paling hemat biaya.

Selain itu, Ericsson juga mengumumkan solusi transport seluler baru yang disesuaikan untuk menciptakan solusi Street Macro yang terintegrasi dan lebih lengkap untuk penyelenggaraan millimeter wave 5G.

Hal ini diperlukan untuk mengelola trafik data di daerah di mana permintaan layanannya tinggi – yaitu daerah perkotaan. Seluruh solusi akan tersedia di pasar secara komersial pada semester kedua 2019.

Dengan fokus pada fungsi transport antara fungsi radio dan core, Ericsson memberikan portfolio transport khusus untuk backhauldan fronthaul.  Solusi transport yang tersedia sejauh ini untuk 4G dan 5G semakin banyak digunakan penyedia layanan.

Bahkan, produk backhaul seluler andalan Ericsson - Router 6000 – telah digunakan oleh hampir 60 operator. Lebih dari 110 operator juga menggunakan teknologi microwave 5G-ready Ericsson, solusi MINI-LINK.

Untuk meningkatkan portofolio transportasi end-to-end 5G, Ericsson kini memperluas kemitraannya dengan Juniper Networks. Keluarga produk Router Ericsson 6000 akan dilengkapi dengan solusi terdepan dan terpusat dalam penyediaan konektivitas tanpa batas dari lokasi radio ke pusat, sehingga menjamin kinerja, kualitas, dan kemudahan penggunaan sistem 5G.

Produk keamanan Juniper juga akan menjadi bagian dari solusi Ericsson untuk mengamankan jaringan selulernya sebagai bagian dari pendekatan end-to-end untuk mengamankan jaringan 5G yang sudah ada maupun yang baru.

Ericsson juga melengkapi tawaran transportasi optikalnya  untuk metro dengan kemitraan baru dengan ECI, penyedia solusi jaringan elastis global. Dengan ECI sebagai mitra, Ericsson bisa memberikan solusi transportasi optikal baru yang lebih baik untuk penyedia layanan, serta pelanggan infrastruktur vital lainnya.

“Pada dasarnya, melalui inovasi 5G terdepan Ericsson, kami mampu memberikan beragam solusi terkait jaringan seluler operator telekomunikasi di Indonesia dan memungkinkan mereka untuk melakukan implementasi 5G lebih cepat dan memberikan pengalaman 5G yang lebih unggul bagi konsumen Indonesia” kata Jerry Soper.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

DSC|X Gelar Roadshow di Jakarta (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 24 Juli 2019 - 07:20 WIB

Jadi Episentrum Wirausaha Muda dan Industri Kreatif, DSC|X Gelar Roadshow di Jakarta

Ajang yang hingga kini meraih antusiasme tinggi kepesertaan dari para wirausahawan muda nasional sejak dibuka pendaftarannya secara daring pada 15 Mei lalu dihelat di Estubizi Business Center,…

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja (Foto Ist)

Rabu, 24 Juli 2019 - 07:00 WIB

Euromoney Nobatkan BCA sebagai Bank Terbaik

Kinerja, pencapaian, dan transformasi layanan perbankan yang dilakukan BCA menuai pengakuan hingga ke kancah internasional. Melalui ajang Euromoney Awards for Excellence 2019, PT Bank Central…

PT Jasa Marga

Rabu, 24 Juli 2019 - 07:00 WIB

Semester I 2019, Jasa Marga Catat EBITDA Sebesar Rp 3,34 Triliun

Pada Semester I Tahun 2019, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. berhasil mencatat EBITDA sebesar Rp3,34 triliun, tumbuh sebesar 15,4% dibandingkan dengan Semester I tahun lalu. Jasa Marga pada periode…

 Cabai di Pasar

Rabu, 24 Juli 2019 - 06:58 WIB

Program Simantri Sukses Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Manggarai - Pelbagai upaya dilakukan Kementerian Pertanian guna meningkatkan kesejahteraan petani. Salah satunya SIMANTRI. SIMANTRI adalah Kegiatan Sistem Manajemen Pertanian Terintegrasi yang…

Direktur Konsumer Bank Bukopin Rivan A Purwantono dengan Presiden Direktur KB Insurance Cho Jeong Lae dan Direktur Operasional KB Insurance Hasan dengan disaksikan oleh Direktur Utama Bank Bukopin Eko Rachmansyah Gindo

Rabu, 24 Juli 2019 - 06:45 WIB

Bank Bukopin-KB Insurance Kerja Sama Asuransi Kerugian

Jakarta – PT Bank Bukopin Tbk dan PT KB Insurance Indonesia hari ini melaksanakan penandatanganan kerja sama penjualan Bancassurance Referensi dalam rangka produk bank untuk Asuransi Kendaraan…