Mentan Remajakan Kelapa Sawit Petani di Jambi

Oleh : Herry Barus | Selasa, 11 September 2018 - 16:30 WIB

Mentan Amran beri arahan stabilisasi pangan
Mentan Amran beri arahan stabilisasi pangan

INDUSTRY.co.id - Jambi- Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan peremajaan atau "replanting" kelapa sawit petani Desa Ujung Tanjung Kecamatan Bahar Selatan, Kabupaten Muarojambi, Jambi, Senin (10/9/2018)
 

Kegiatan tersebut ditandai dengan penumbangan pohon kelapa sawit yang sudah tua dan tidak produktif lagi dan kemudian dilanjutkan dengan penanaman bibit kelapa sawit unggul, serta melakukan penanaman jagung di sela tanaman kelapa sawit.
 

"Untuk "replanting" kelapa sawit, Kementerian Pertanian RI memberikan bantuan bibit kelapa sawit dan pupuk kepada petani kelapa sawit di seluruh Indonesia. Bibit yang kami berikan ini adalah jenis bibit unggulan terbaru dengan produksi 36-40 ton," kata Amran.

Amran mengatakan sektor pertanian menjadi salah satu penggerak dan penopang perekonomian Indonesia, termasuk dalam subsektor perkebunan kelapa sawit.

"Ekspor sawit Indonesia katanya sudah mencapai 33 juta ton per tahun untuk Crude Palm Oil (CPO) dengan nilai kurang lebih 390 triliun rupiah dan ini menjadi pengekspor terbesar di dunia," katanya.

Pemerintah pusat, kata Mentan, terus berupaya meningkatkan kesejahteraan petani kelapa sawit dengan melakukan "replanting" kelapa sawit, diikuti dengan memberikan bantuan bibit kelapa sawit dan pupuk.

Di samping itu, Amran meminta petani kelapa sawit yang sedang melakukan "replanting" untuk menanam jagung di sela-sela tanaman kelapa sawit.

"Jadi selama masa proses 'replanting', petani kelapa sawit bisa panen jagung karena dalam lahan satu hektare bisa meraih hasil panen lebih kurang tujuh ton jagung, sehingga perekonomian para petani tidak terganggu," katanya.

Dalam kunjungan kerjanya itu, Mentan memberikan bantuan untuk kecamatan itu berupa 20 traktor roda dua, 50 pompa air, 50 cultivator, 50 handsprayer, dua excavator, lima combine harvester kecil, satu combine harvester sedang, 10 power threser dan 5 corn sheller.

Selain itu Mentan juga memberikan bantuan antara lain bantuan dana peremajaan kelapa sawit untuk 890,63 hektare, bantuan bibit kopi untuk 370 hektare, bantuan benih karet untuk 390 hektare, bantuan benih jagung untuk 390 hektare, dan bantuan kegiatan pasca banjir berupa bibit kopi sebanyak 31.000 batang.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi Fachrori Umar seperti dilansir Antara mengatakan perkebunan di Provinsi Jambi cukup potensial dan merupakan aset dan modal dasar dalam pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sub Sektor perkebunan kata Fachrori menyumbang PDRB sebesar 18,36 persen dari total PDRB Provinsi Jambi setiap tahunnya, sehingga Pemprov Jambi mengandalkan komoditi perkebunan untuk menyejahterakan petani dan mendukung pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi.

"Lahan perkebunan kelapa sawit di Provinsi Jambi seluas lebih kurang 791 ribu hektare, dengan jumlah petani sekitar 210 ribu kepala keluarga, terdiri dari perkebunan rakyat, perkebunan BUMN dan perkebunan swasta," kata Fachrori.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

bos SEAM GROUP Asep Sulaeman Sabanda menjadi salah tamu kehormatan asal Indonesia dalam acara “Industry Strategy Partner Summit Meeting” yang diadakan di kota Xuzhou Jiangsu China

Sabtu, 18 Januari 2020 - 22:52 WIB

Asep Sulaeman Sabanda, CEO SEAM Group Mendapatkan Strategic Partner Award Dari Xcmg Group

akarta-Menutup sesi akhir tahun, bos SEAM GROUP Asep Sulaeman Sabanda menjadi salah tamu kehormatan asal Indonesia dalam acara “Industry Strategy Partner Summit Meeting” yang diadakan di…

Pengurus Dewan Koperasi Indonesia periode 2020 – 2024 usai menggelar Rapat Pimpinan Paripurna pertama di Jakarta, Kamis (16/1/2020).

Sabtu, 18 Januari 2020 - 21:39 WIB

Umumkan Pengurus Dekopin 2020-2024, Nurdin Halid Gandeng Prof Jimly Asshiddiqie dan Staf Khusus Presiden Jokowi

Jakarta – Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) sekaligus ketua formatur yang terpilih dalam Munas di Makassar, 11-14 November 2019, mengumumkan susunan kepengurusan periode 2020 –…

Samsung Galaxy A71

Sabtu, 18 Januari 2020 - 21:30 WIB

Sambut Pre Order Samsung Galaxy A71 di 20 Januari 2020

Samsung Galaxy A71 dibanderol dengan harga rekomendasi retail Rp. 6.099.000 melalui pre-order yang akan berlangsung dari tanggal 20–27 Januari 2020.

Frame A Trip Hadirkan Potrait

Sabtu, 18 Januari 2020 - 21:22 WIB

Inovasi Frame A Trip Hadirkan Potrait Berikan Pengalaman Foto Layaknya Selebriti

Berangkat dari fenomena diatas, Frame A Trip, usaha rintisan lokal di bidang fotografi profesional, berinovasi dengan layanan Portrait untuk memberikan kesempatan bagi semua orang untuk merasakan…

Yayasan Prima Unggul

Sabtu, 18 Januari 2020 - 19:19 WIB

YPU Siapkan Generasi Milennial Jiwa Pengusaha

Dalam rangka malam Sweet Charity teman-teman dan para relawan panti asuhan Yayasan Prima Unggul (YMU) menggelar acara A Dinner Theatre Musical yang menampilkan pementasan para relawan dan seniman…