PT Angkasa Pura II Gandeng Bukit Asam Kembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Oleh : Hariyanto | Jumat, 07 September 2018 - 16:21 WIB

PLTS Ilustrasi (ist)
PLTS Ilustrasi (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Angkasa Pura II (Persero) dan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menjalin sinergi dalam pengembangan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Sinergi ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman sebagai bentuk kerja sama strategis yang saling menguntungkan.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin menuturkan, penggunaan PLTS merupakan langkah korporasi sebagai bentuk partisipasi dalam menjaga lingkungan serta menjadikan eco friendly airport dengan menggunakan sumber energi alternatif baru dan terbarukan selain fossil fuel.

“Tidak hanya itu, sebagai pilot project dalam implementasi eco friendly airport, kami juga menggunakan teknologi dengan sumber energi alternatif seperti penggunaan panel-panel surya untuk lampu penerangan jalan serta nantinya akan menggunakan bus listrik untuk operasional bandara perusahaan,” tutur Awaluddin, pada Jumat (7/9/2018).

Sementara, Director of Engineering and Operation AP II, Djoko Murjatmodjo, menambahkan, energi alternatif dan terbarukan diperlukan oleh perusahaan untuk menopang penggunaan listrik PLN yang sangat besar. 

“Dengan melihat dampak cost penggunaan listrik yang tinggi, maka apabila ada sumber energi listrik yang lebih murah dibandingkan PLN, dapat dipertimbangkan untuk menggunakan listrik alternatif dalam mencapai efisiensi operasi bandara. Ke depannya, akan dilanjutkan pembuatan PKS dengan aspek komersial di dalamnya,” jelas Djoko.

Ia menambahkan, AP II mengupayakan terus menerapkan operasi bandara yang ramah lingkungan sesuai standar emisi dunia dalam pengelolaan bandara. Oleh sebab itu, perusahaan merangkul Bukit Asam dalam penerapan sumber listrik alternatif yang lebih efisian, yakni PLTS. 

“Tidak hanya itu, AP II juga menggunakan mobil listrik di sisi operasional groundhandling bandara perusahaan sebagai bentuk partisipasi korporasi dalam menjaga lingkungan,” urainya.

Sementara, Direktur Utama PT Bukit Asam (Tbk), Arviyan Arifin, mengatakan penandatanganan nota kesepahaman ini merupakan langkah awal sinergi antara Angkasa Pura II dan Bukit Asam, yang diharapkan sinergi bisa direalisasikan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Red Hat

Minggu, 05 Juli 2020 - 15:00 WIB

Red Hat Berbagi Lima Langkah Cerdas untuk Telco Service Provider

Transformasi digital dan kesanggupan menghadapi serta mengkapitalisasi disrupsi, terjadi ketika sebuah perusahaan mulai berperilaku tak ubahnya sebuah perusahaan software.

Bank Bukopin (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 05 Juli 2020 - 14:46 WIB

Kabar Gembira! Bank Bukopin Luncurkan Beragam Program Deposito untuk Nasabah

Di tengah kondisi pandemi COVID-19 yang masih merebak, Bank Bukopin luncurkan ragam program deposito bagi para nasabah. Bank Bukopin meluncurkan variasi 2 (dua) program produk Deposito untuk…

MenKopUKM Teten Masduki saat mengunjungi pengrajin batik binaan KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera, Rembang.

Minggu, 05 Juli 2020 - 14:30 WIB

MenkopUKM Dorong KSPPS BMT BUS Rembang Garap Sektor Pertanian dan Kelautan

MenKopUKM berharap BMT BUS mengembangkan UMKM di sektor pertanian dan kelautan. Menurutnya, pertanian dan kelautan masih dikuasai 96 persen UMKM, sehingga memiliki potensi besar untuk digarap…

Senam Senjata Cara Prajurit Satgas Puter XXIII Wiltim Jaga Kebugaran Tubuh

Minggu, 05 Juli 2020 - 14:30 WIB

Senam Senjata Cara Prajurit Satgas Puter XXIII Wiltim Jaga Kebugaran Tubuh

Dalam rangka memelihara kebugaran dan meningkatkan kekuatan fisik, prajurit Pasmar 2 Korps Marinir yang tergabung Satgas Puter XXIII Wiltim melaksanakan senam senjata di Pos Pulau Batek, Kupang,…

Kartu Prakerja

Minggu, 05 Juli 2020 - 14:17 WIB

Waduh Pemerintah Akhirnya Menghentikan Pelatihan Kartu Prakerja, Kenapa Ya?

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis dan Pembangunan (LKSP) Astriana B Sinaga menyebut penghentian pelatihan kartu prakerja ini sesuai dengan persepsi masyarakat yang terpotret dalam…