PT Angkasa Pura II Gandeng Bukit Asam Kembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Oleh : Hariyanto | Jumat, 07 September 2018 - 16:21 WIB

PLTS Ilustrasi (ist)
PLTS Ilustrasi (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Angkasa Pura II (Persero) dan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menjalin sinergi dalam pengembangan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Sinergi ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman sebagai bentuk kerja sama strategis yang saling menguntungkan.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin menuturkan, penggunaan PLTS merupakan langkah korporasi sebagai bentuk partisipasi dalam menjaga lingkungan serta menjadikan eco friendly airport dengan menggunakan sumber energi alternatif baru dan terbarukan selain fossil fuel.

“Tidak hanya itu, sebagai pilot project dalam implementasi eco friendly airport, kami juga menggunakan teknologi dengan sumber energi alternatif seperti penggunaan panel-panel surya untuk lampu penerangan jalan serta nantinya akan menggunakan bus listrik untuk operasional bandara perusahaan,” tutur Awaluddin, pada Jumat (7/9/2018).

Sementara, Director of Engineering and Operation AP II, Djoko Murjatmodjo, menambahkan, energi alternatif dan terbarukan diperlukan oleh perusahaan untuk menopang penggunaan listrik PLN yang sangat besar. 

“Dengan melihat dampak cost penggunaan listrik yang tinggi, maka apabila ada sumber energi listrik yang lebih murah dibandingkan PLN, dapat dipertimbangkan untuk menggunakan listrik alternatif dalam mencapai efisiensi operasi bandara. Ke depannya, akan dilanjutkan pembuatan PKS dengan aspek komersial di dalamnya,” jelas Djoko.

Ia menambahkan, AP II mengupayakan terus menerapkan operasi bandara yang ramah lingkungan sesuai standar emisi dunia dalam pengelolaan bandara. Oleh sebab itu, perusahaan merangkul Bukit Asam dalam penerapan sumber listrik alternatif yang lebih efisian, yakni PLTS. 

“Tidak hanya itu, AP II juga menggunakan mobil listrik di sisi operasional groundhandling bandara perusahaan sebagai bentuk partisipasi korporasi dalam menjaga lingkungan,” urainya.

Sementara, Direktur Utama PT Bukit Asam (Tbk), Arviyan Arifin, mengatakan penandatanganan nota kesepahaman ini merupakan langkah awal sinergi antara Angkasa Pura II dan Bukit Asam, yang diharapkan sinergi bisa direalisasikan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ekspor Mangga di Denpasar, Bali

Minggu, 21 Juli 2019 - 16:24 WIB

Kementan Ekspor Perdana Mangga Bali ke Singapore

Denpasar - Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Denpasar, hari ini Minggu (21/7) melepas ekspor perdana mangga dengan varian harum manis sebanyak 1,2 ton senilai Rp. 60 juta ke…

Sutradara Livi Zheng (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Juli 2019 - 16:00 WIB

Sutradara Livi Zheng Sedih

Ternyata musik dari gamelan Bali sudah banyak dimanfaatkan untuk menghiasi film produksi Hollywood. Salah satunya Avatar, namun banyak penonton film di mancanegara tidak tahu kalau musik gamelan…

DFSK Indonesia Donasikan Super Cab

Minggu, 21 Juli 2019 - 15:40 WIB

DFSK Mudahkan Konsumen Miliki Super Cab Dengan Cicilan Mulai Rp100 Ribu Perhari

Pikap produksi Cikande, Serang, Banten ini hadir dengan kombinasi tenaganya yang kuat, muatan lebih banyak, tangguh, dan sangat terjangkau oleh kantong konsumen.

Rusun ASN Ditjen Imigrasi Kota Batam

Minggu, 21 Juli 2019 - 15:31 WIB

Kementerian PUPR Resmikan Rusun ASN Ditjen Imigrasi Kota Batam

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan telah menyelesaikan pembangunan Rusunawa yang diperuntukan bagi Aparatur Sipil Negara…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Minggu, 21 Juli 2019 - 15:08 WIB

Menteri PUPR Targetkan Renovasi Masjid Istiqlal Rampung Maret 2020

Renovasi Masjid Istiqlal merupakan tindaklanjut perintah Presiden Joko Widodo usai menerima kunjungan Perdana Menteri India Narendra Modi ke Masjid Istiqlal pada tanggal 30 Mei 2018 lalu.