Ketua DPR Tugaskan TNI-Polri Tutup Jalur Tikus Entikong

Oleh : Herry Barus | Jumat, 24 Agustus 2018 - 05:00 WIB

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. (Foto: Bamsoet.com)
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. (Foto: Bamsoet.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta Panglima TNI dan Kapolri memperbanyak aparatnya menjaga dan berpatroli di wilayah perbatasan dan jalur tikus yang dimanfaatkan untuk penyelundupan di Entikong, Kalimantan Barat.

 "Jalur tikus di perbatasan antara Indonesia dan Malaysia di Entikong itu, perlu ditutup," kata Bambang Soesatyo, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Kamis (23/8/2018)

Bambang Soesatyo yang akrab disapa Bamsoet mengatakan hal itu menanggapi informasi adanya penangkapan terhadap tiga pelaku penyelundupan 10 kg narkotika jenis sabu-sabu dari Malaysia. Mereka ditangkap di Jalan Trans-Kalimantan, Sungai Ambawang, Kubu Raya, Kalimantan Barat, melalui jalan tikus di Entikong, pada 19 Agustus.

"Saya mendorong Komisi I dan Komisi III DPR meminta TNI, Polri, Badan Narkotika Nasional (BNN), dan Bea Cukai, untuk menutup jalur tikus di Entikong dan meningkatkan pengawasan terhadap wilayah perbatasan langsung antara Indonesia dan Malaysia," kata Bamsoet.

Mantan Ketua Komisi Hukum DPR RI itu juga meminta Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenhumham) melakukan penyelidikan terhadap seluruh narapidana di lembaga pemasyarakatan (Lapas). Melalui para kepala Lapas, kata dia, Menkumham harus menindak tegas jika terbukti ada narapidana yang mengendalikan penyelundupan dan peredaran narkotika.

Di sisi lain, politikus Golkar itu mengimbau Lapas dan aparat penegak hukum untuk berperan aktif membantu Kepolisian maupun BNN mencegah peredaran narkoba. "Peran serta masyarakat sangat penting dalam pencegahan peredaran dan penggunaan narkotika. Masyarakat harus terlibat membantu aparat kita," kata Bamsoet.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Erick Thohir: 26 Tahun Kementerian BUMN, Mari Rayakan Kebersamaan Dengan Terus Berprestasi.

Senin, 06 Mei 2024 - 05:59 WIB

Menteri Erick Thohir: 26 Tahun Kementerian BUMN, Mari Rayakan Kebersamaan Dengan Terus Berprestasi.

Menyadari pentingnya support keluarga demi meningkatkan produktivitas karyawan di tempat kerja, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar acara Family Gathering di Plaza Keong Mas,…

Mitraruma Kini Hadir di The Darmawangsa Square, Tawarkan Kitchen Set dan Kabinet Premium

Senin, 06 Mei 2024 - 05:36 WIB

Mitraruma Kini Hadir di The Darmawangsa Square, Tawarkan Kitchen Set dan Kabinet Premium

Mitraruma, penyedia one-stop design & build interior untuk kebutuhan kitchen set dan cabinetry di bawah unit bisnis SCG Distribution & Retail Indonesia, PT Kokoh Inti Arebama Tbk, membuka showroom…

Ilustrasi Investasi Bodong (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 00:11 WIB

Catat Ya! Jadi Korban Investasi Bodong, Nasabah Disarankan Tempuh Jalur Hukum

Jakarta - Kasus dugaan dana nasabah hilang di rekening tabungan PT Bank Tabungan Negara Tbk menarik perhatian publik.

PJ Gubernur Turut Hadir dalam Paskah ASN DKI Jakarta 2024

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:53 WIB

Hadiri Paskah, Heru Imbau ASN Tingkatkan Pelayanan Bagi Masyarakat

Jakarta- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar perayaan Paskah Bersama 2024 dengan mengangat tema "Aktualisasi Nilai-Nilai Paskah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024" yang digelar…

Atlet tim Thomas dan Uber

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:38 WIB

BNI Apresiasi Tim Thomas dan Uber Indonesia  

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI selaku sponsor resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi luar biasa Tim Thomas…