Asian Games buka peluang UMKM tembus pasar ekspor

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 15 Agustus 2018 - 13:58 WIB

Forum Group Discussion UKM Menangkap Peluang Asian Games di gedung Smesco , Rabu (15/8/2018)
Forum Group Discussion UKM Menangkap Peluang Asian Games di gedung Smesco , Rabu (15/8/2018)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran (LLP) KUKM sebagai pengelola Gedung Smesco Indonesia Emilia Suhaimi dalam acara Forum Group Discussion dengan tema "UKM Menangkap Peluang Asian Games 2018" di Creative Stage Lt. 3 Smesco Indonesia, Jakarta, Rabu, mengatakan event Asian Games 2018 menjadi peluang bagi produk UMKM untuk bisa masuk ke pasar internasional.

"Momentum Asian Games akan menjadi kesempatan terbaik bagi produk UMKM agar bisa dikenal pasar yang lebih luas," katanya.

Smesco Indonesia sendiri akan menjadi salah satu destinasi wisata belanja dalam rangkaian acara Asian Games 2018.

Emilia mengatakan selama ajang tersebut, Smesco Indonesia akan didatangi kontingen, official, dan atlet yang akan berkunjung dengan menggunakan 6 bus tingkat dan 4 bus reguler setiap jam perhari selama 15 hari pelaksanaan.

"Kami sangat berharap ini bisa berimbas ke penjualan produk UKM di Indonesia," kata Emilia.

Smesco Indonesia sekaligus menjadi salah outlet yang memasarkan merchandise resmi Asian Games 2018 sekaligus pendisplay produk UMKM unggulan dari seluruh Indonesia.

Vice Director Revenue Inasgoc Mochtar Sarman mengatakan event Asian Games 2018 akan melibatkan sebanyak 23 perusahaan dengan 7 diantaranya perusahaan UMKM sebagai pemasok merchandise resmi Asian Games 2018.

"Produk yang diperlukan banyak sekali mulai dari sepatu, pakaian, souvenir, boneka, makanan dan minuman. Ini semua perlu diperhatikan dari berbagai sisi termasuk kualitas karena ini sebuah kesempatan kita untuk bisa mengekspor produk," katanya.

Selain itu, ia menambahkan, Asian Games bisa menjadi kesempatan bagi UKM untuk belajar banyak hal termasuk soal tren. "Kita memberikan masukan-masukan soal tren karena target kita kan milenial, jadi kita harus membuat produk yang instagramable sebab sosial media itu juga berperan penting," katanya.

Ia berharap para pelaku UMKM mau belajar untuk memperhatikan kualitas dan kontinuitas produknya khususnya untuk event Asian Games 2018 dengan target pasar milenial yang menyukai produk-produk yang trendi.

"Ini event terbesar kedua setelah olimpiade, kalau dihitung dari jumlah peserta justru lebih besar," katanya.

Salah satu pemasok official merchandise Asian Games 2018 adalah Du Anyam yang memproduksi berbagai souvenir berbasis anyam-anyaman dengan basis produksi di Flores NTT.

Juan Firmansyah dari UKM Du Anyam mengatakan sampai saat ini sudah memproduksi 20.000 pcs produk Asian Games berbagai bentuk yang juga telah didistribusikan di berbagai outlet Asian Games baik di Jakarta maupun Palembang.

"Harapan kami 70 persen dari seluruh produk yang sudah didistribusikan bisa terserap dengan baik selama event Asian Games," katanya.

Pihaknya juga mengembangkan strategi marketing dengan memperluas jalur distribusi tidak sekadar melalui official store Asian Games 2018 melainkan menggandeng sejumlah instansi untuk kerja sama business to business.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gebyar undian Bank Mandiri ini hoax

Minggu, 05 Mei 2024 - 21:00 WIB

Bank Mandiri Himbau Masabah untuk Hati-Hati pada Modus Penipuan Berkedok Undian Berhadiah

Bank Mandiri mengimbau kepada para nasabah untuk berhati-hati dengan kejahatan pembobolan rekening dengan modus penipuan berkedok undian berhadiah. Aksi kejahatan dengan modus yang mengatasnamakan…

BNI sebagai sponsor utama, siap mendukung gelaran BNI Java Jazz Festival pada 24 - 26 Mei 2024 di JIEXPO Kemayoran yang diselenggarakan oleh Java Festival Production.

Minggu, 05 Mei 2024 - 16:48 WIB

BNI Java Jazz on The Move Special Edition Kembali Hadir!

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI sebagai sponsor utama, siap mendukung gelaran Jakarta International BNI Java Jazz Festival pada 24-26 Mei 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta, yang…

Salah satu lini bisnis MPMX

Minggu, 05 Mei 2024 - 15:40 WIB

MPMX Catat Pendapatan Bersih Capai Rp3,9 Triliun di Kuartal I-2024

PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) sukses mencatat pertumbuhan pendapatan bersih mencapai Rp3,9 triliun di kuartal I-2024, atau naik 3% year-on-year (yoy) dibandingkan periode yang sama…

Delegasi The 2nd UN Tourism Regional Conference on the Empowerment of Women in Tourism in Asia and the Pacific saat belajar budaya Bali

Minggu, 05 Mei 2024 - 15:30 WIB

Kemenparekraf Ajak Delegasi The 2nd UN Tourism Regional Conference Belajar Budaya Bali

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengajak para delegasi Delegasi The 2nd UN Tourism Regional Conference on the Empowerment of Women in Tourism in Asia and the Pacific…

KOBEX: Penjualan Alat Berat Non-Tambang Meningkat, KOBEX Bukukan Pendapatan Rp531,94 Miliar Di Triwulan I-2024

Minggu, 05 Mei 2024 - 13:20 WIB

Top! Strategi Apik Membuahkan Hasil, Penjualan Alat Berat Non-Tambang Meningkat, KOBEX Bukukan Pendapatan Rp531,94 Miliar di Triwulan I-2024

Jakarta– PT Kobexindo Tractors Tbk (KOBX) penyedia alat berat terintegrasi telah merilis Laporan Keuangan (Unaudited) triwulan I tahun 2024. Perseroan melaporkan pertumbuhan pendapatan sebesar…