Pertumbuhan Industri Nasional Melambat pada Triwulan II-2018

Oleh : Ridwan | Sabtu, 11 Agustus 2018 - 12:10 WIB

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Institute For Development of Economics and Finance (Indef) menilai pertumbuhan industri nasional pada triwulan II-2018 mengalami perlambatan jika dibandingkan triwulan I-2018.

Namun, pertumbuhan industri nasional mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan pertumbuhan triwulan II tahun sebelumnya. 

Hal tersebut disampaikan oleh Peneliti Indef Ahmad Heri Firdaus saat dihubungi Industry.co.id di Jakarta, Sabtu (11/8/2018).

Menurut Heri, industri nonmigas tumbuh ditengah berbagai tantangan dan gejolak domestik maupun global, sehingga pertumbuhannya kurang optimal dan masih di bawah pertumbuhan ekonomi nasional. 

"Peranan industri terhadap PBD pun semakin kecil," kata Heri. 

Ditambahkan Heri, faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan industri banyak bersumber dari sektor lain, seperti perdagangan, pertanian, lingkungan, energi, keuangan, tenaga kerja dan infrastruktur atau logistik.

"Oleh sebab itu semua faktor-faktor tersebut harus kondusif dan mendukung industri. Industri penting untuk didukung karena peranannya yang sangat besar bagi perekonomian nasional," terang Heri. 

Untuk mengatasi perlambatan pertumbuhan industri nasional, Indef menghimbau kepada setiap instansi yang terkait dengan investasi baik di pusat maupun daerah harus bersinergi dalam mengundang investor yang export oriented. 

"Permurah biaya logistik, dukungan finansial seperti modal murah untuk industri. Kepastian bahan baku, energi, produktivias Tenaga kerja. Itu penting untuk dilakukan," tutur Heri. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama Bank, BTN, Maryono, sedang memberikan kuliah umum di kampus Universitas Andalas di Padang, Sumatera Barat, Rabu (24/04/2019)

Rabu, 24 April 2019 - 22:38 WIB

Bank BTN Berharap Dunia Kampus dapat Beradaptasi dengan Teknologi Digital

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, menilai dunia pendidikan perlu dibekali pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan zaman sehingga lulusannya mampu beradaptasi dengan kemajuan…

Sriyono pengrajin kain pantai Sukoharjo yang mendunia

Rabu, 24 April 2019 - 22:09 WIB

Kisah Sukses Sriyono Pengrajin Kain Pantai Sukoharjo yang Mendunia

Di Kabupaten Sukoharjo banyak pelaku UMKM yang sukses membangun usahanya setelah mendapat pinjaman bunga lunak dari LPDB melalui BPR Kartarsura Makmur.

Hoshino Resorts Aomoriya

Rabu, 24 April 2019 - 22:00 WIB

Hoshino Resorts Aomoriya Terpilih Jadi Salah Satu dari 20 Ryokan Terbaik di Jepang

Perusahaan Manajemen Hotel, Hoshino Resorts melalui salah satu cabangnya, Hoshino Resorts Aomoriya, dinobatkan untuk pertama kalinya dalam "Top20 Ryokans in Japan by International Travelers…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat meninjau pabrik Kaca Alat Farmasi dan Kesehatan PT Schott Igar Glass

Rabu, 24 April 2019 - 20:45 WIB

Industri Kaca Alat Farmasi dan Kesehatan Nasional Tambah Kapasitas Produksi

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memacu pengembangan industri kaca untuk alat-alat farmasi dan kesehatan.

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat meninjau pameran prosuk kerajinan di INACRAFT 2019

Rabu, 24 April 2019 - 20:15 WIB

Inacraft Targetkan Penjualan Capai Rp 146 Miliar

Menteri Perinduatrian Airlangga Hartarto menyebutkan, penyelenggaraan Inacraft tahun ini, menargetkan transaksi penjualan hingga Rp146 miliar.