Ciptakan SDM Perhotelan Handal dan Terverifikasi, Situs Perhotelan Ajar.id Lakukan Softlaunching

Oleh : Hariyanto | Kamis, 09 Agustus 2018 - 08:36 WIB

Soft Launching Ajar.id (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
Soft Launching Ajar.id (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Situs penyedia konten perhotelan hotelier, baru saja melakukan softlauncingnya dengan nama yang lebih fresh. Situs yang awalnya bernama hotelier.co.id ini kini berganti nama menjadi ajar.id yang akan memberikan berbagai macam konten seputar industri perhotelan termasuk modul sertifikasi yang akan dikemas menggunakan video.

Chairman of Ajar, Ikin Solikin mengatakan, perubahan nama situs hotelier.co.id menjadi ajar.id akan segera berlangsung selama tujuh hari kedepan.  Dengan perubahan nama baru tersebut, ia menargetkan dapat menjangkau sebanyak 5.000 user perhari.

“Di hotelier.co.id user base kita per hari yang mengakses itu sudah ada 1.500 sampai 2.000 user. Target kita ke depan enggak muluk-muluk, ajar.id bisa dapat 5.000 user saja. Yang penting mereka di sini bisa belajar, terinspirasi, dan dengan sendirinya nanti bisa bertambah,” ungkap Ikin di Jakarta, Rabu (8/8/2018).

Menurut Ikin, situs ajar sangat penting untuk menyongsong bonus demografi, dengan usia produktif Indonesia yang mencapai 70 persen. Dengan situs ini, industri perhotelan dan pariwisata khususnya, bisa menciptakan daya saing dan menelurkan Sumber Daya Manusia (SDM) perhotelan yang tersertifikasi dan berstandar internasional.

Sementara, menurut Chairman of Tourism Professional Certification Board of Indonesia, Sumarna Abdurrahman dari total angkatan kerja 130 juta orang di Indonesia, baru 3,4 juta orang yang baru mendapatkan sertifikasi.

“Itu artinya hanya 2 persen, dari segi rasio masih kurang. Kita sekarang bersama BNSP sedang mencanangkan program percepatan sertifikasi. Tak hanya sosialisasi bahkan juga disediakan dana, sehingga banyak orang bisa mendapatkan sertifikasi dengan gratis. Hadirnya Ajar diharapkan membantu para hotelier mendapatkan sertifikasi,” ungkap Sumarna.

Nantinya, di situs ajar.id semua orang bisa mengakses beragam modul, mulai dari praktik pelayanan hotel, artikel menarik, hingga deretan video yang sangat berguna bagi para hotelier, maupun masyarakat pada umumnya yang berkecimpung di industri hospitality.

“Mudah-mudahan Ajar bisa memberikan manfaat. Tujuan utama kita itu, artinya kita memupuk mereka yang baru berkarier di hotel itu untuk tumbuh, termasuk knowladge dan karier, sehingga ke depan industri hotel ini akan menjadi lebih baik. Bisnis jadi baik, akhirnya sistem, tidak ada orang yang dirugikan,” ungkap Ikin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Karna Brata Lesmana (Kedua dari kanan), pengusaha asal Jakarta yang Mengaku Jadi Korban Pembatalan Sertifikat Lahan Miliknya

Selasa, 23 Juli 2019 - 23:03 WIB

Pengusaha Ini Membantah Pernyataan Yusril

Jakarta - Salah satu penyebab terjadinya masalah pertanahan di Indonesia adalah tak adanya kepastian hukum. Kerap terjadi dalam kasus sengketa lahan, klaim atas bukti kepemilikan yang sah. Jika…

200 anak panti asuhan merayakan Hari Anak Nasional dengan melakukan berbagai hal menarik di Haluun by Haluu.(ist)

Selasa, 23 Juli 2019 - 22:03 WIB

Keceriaan 200 Anak Panti Rayakan HAN di Baluun By Haluu World

Berbagai aktivitas seru seperti ber-selfie ria di Baluun Exhibition hingga bermain sambil berkenalan dengan teman baru.

Pariwisata di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (Foto Ist)

Selasa, 23 Juli 2019 - 22:00 WIB

Labuan Bajo NTT Diharapkan Jadi Destinasi Wisata Premium

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya berharap Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT) bisa menjadi destinasi ekowisata yang berkelas atau destinasi pariwisata premium.

Mewakili Indonesia Wowbid Hadir di Konfrensi Teknologi Digital Rise 2019 di Hongkong

Selasa, 23 Juli 2019 - 21:59 WIB

Mewakili Indonesia Wowbid Hadir di Konfrensi Teknologi Digital Rise 2019 di Hongkong

Sebuah konferensi besar di dunia yang didatangi para pelaku bisnis digital dan para startup, RISE 2019 diadakan selama tiga hari di Hong Kong Convention Centre pada tanggal 8 Juli 2019 hingga…

Rosdiana Setyaningrum MPsi, MHPEd, seorang Psikolog anak dan keluarga.(ist)

Selasa, 23 Juli 2019 - 21:50 WIB

Pentingnya Kembangkan Keterampilan Anak Saat SD

Keterampilan bersosialisasi, IQ, dan kreatifitas anak akan selesai di usia 12 tahun.