Ciptakan SDM Perhotelan Handal dan Terverifikasi, Situs Perhotelan Ajar.id Lakukan Softlaunching

Oleh : Hariyanto | Kamis, 09 Agustus 2018 - 08:36 WIB

Soft Launching Ajar.id (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
Soft Launching Ajar.id (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Situs penyedia konten perhotelan hotelier, baru saja melakukan softlauncingnya dengan nama yang lebih fresh. Situs yang awalnya bernama hotelier.co.id ini kini berganti nama menjadi ajar.id yang akan memberikan berbagai macam konten seputar industri perhotelan termasuk modul sertifikasi yang akan dikemas menggunakan video.

Chairman of Ajar, Ikin Solikin mengatakan, perubahan nama situs hotelier.co.id menjadi ajar.id akan segera berlangsung selama tujuh hari kedepan.  Dengan perubahan nama baru tersebut, ia menargetkan dapat menjangkau sebanyak 5.000 user perhari.

“Di hotelier.co.id user base kita per hari yang mengakses itu sudah ada 1.500 sampai 2.000 user. Target kita ke depan enggak muluk-muluk, ajar.id bisa dapat 5.000 user saja. Yang penting mereka di sini bisa belajar, terinspirasi, dan dengan sendirinya nanti bisa bertambah,” ungkap Ikin di Jakarta, Rabu (8/8/2018).

Menurut Ikin, situs ajar sangat penting untuk menyongsong bonus demografi, dengan usia produktif Indonesia yang mencapai 70 persen. Dengan situs ini, industri perhotelan dan pariwisata khususnya, bisa menciptakan daya saing dan menelurkan Sumber Daya Manusia (SDM) perhotelan yang tersertifikasi dan berstandar internasional.

Sementara, menurut Chairman of Tourism Professional Certification Board of Indonesia, Sumarna Abdurrahman dari total angkatan kerja 130 juta orang di Indonesia, baru 3,4 juta orang yang baru mendapatkan sertifikasi.

“Itu artinya hanya 2 persen, dari segi rasio masih kurang. Kita sekarang bersama BNSP sedang mencanangkan program percepatan sertifikasi. Tak hanya sosialisasi bahkan juga disediakan dana, sehingga banyak orang bisa mendapatkan sertifikasi dengan gratis. Hadirnya Ajar diharapkan membantu para hotelier mendapatkan sertifikasi,” ungkap Sumarna.

Nantinya, di situs ajar.id semua orang bisa mengakses beragam modul, mulai dari praktik pelayanan hotel, artikel menarik, hingga deretan video yang sangat berguna bagi para hotelier, maupun masyarakat pada umumnya yang berkecimpung di industri hospitality.

“Mudah-mudahan Ajar bisa memberikan manfaat. Tujuan utama kita itu, artinya kita memupuk mereka yang baru berkarier di hotel itu untuk tumbuh, termasuk knowladge dan karier, sehingga ke depan industri hotel ini akan menjadi lebih baik. Bisnis jadi baik, akhirnya sistem, tidak ada orang yang dirugikan,” ungkap Ikin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Gunung Agung Bali (Foto Ist)

Minggu, 21 April 2019 - 12:00 WIB

Gunung Agung Bali Kembali Erupsi

Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali mengalami erupsi pada Minggu (21/4/2019) pukul 03.21 Wita dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 2.000 meter di atas puncak atau 5.142 meter…

Mentan Amran Sulaiman di peternakan ayam

Minggu, 21 April 2019 - 09:20 WIB

Sepuluh Alasan Jangan Remehkan Pertanian

Jakarta - Sektor pertanian di era digitalisasi semakin menarik dan digeluti banyak generasi muda. Era ini makin membuktikan bahwa pertanian tak lagi bisa diremehkan. Apalagi, digitalisasi dan…

Dirjen Hortikultura Suwandi. Sesama petani sayuran organik

Minggu, 21 April 2019 - 08:39 WIB

Kementan Genjot Pengembangan Sentra Sayuran Organik di Karanganyar

Kementerian Pertanian (Kementan) terus menggenjot berbagai daerah agar menjadi sentra produksi sayuran organik, salah satunya sentra sayuran organik di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Hal…

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019

Sabtu, 20 April 2019 - 21:31 WIB

TOTAL Kembali Gelar Lomba Pasang Jok Paten di IIMS 2019

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS)…

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK), di Gramedia Matraman, Sabtu (20/4/2019)

Sabtu, 20 April 2019 - 21:10 WIB

Hari Perlindungan Konsumen, Sektor Properti Paling Banyak Diadukan Konsumen

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK). Dalam peringatan tersebut, pihaknya menyebut bahwa sektor perumahan…