Imbas Mogok Kerja, Smelting Gresik PHK 309 Karyawan

Oleh : Hariyanto | Selasa, 07 Februari 2017 - 15:00 WIB

Serikat Pekerja FSPMI PT SMELTING Lakukan Mogok Kerja (fspmi)
Serikat Pekerja FSPMI PT SMELTING Lakukan Mogok Kerja (fspmi)

INDUSTRY.co.id - Gresik, PT Smelting Gresik telah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 309 karyawannya. Langkah ini diambil karena perusahaan PMA asal Jepang tersebut dikarenakan mogoknya karyawan sejak tanggal 19 Januari 2017 hingga saat ini.

Staf General Affair PT Smelting Gresik Budi Setyawan mengatakan, pemutusan hubungan kerja dilakukan karena perusahannya berpedoman pada UU nomor 3 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

"Saat ini proses terkait dengan itu masih berlangsung" kata Budi, Senin (6/02/2017).

Imbas dari PHK tersebut, ratusan karyawan yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Gresik melakukan unjuk rasa ke Gedung DPRD Gresik. Mereka datang untuk mengadukan nasibnya setelah di-PHK oleh PT Smelting Gresik.

"Mogok kerja dipilih sebagai langkah terakhir akibat gagalnya perundingan pembahasan perjanjian kerja bersama VIII yang seharusnya berlaku di tahun 2017 ini," tutur Ketua FSPMI PT Smelting Zainal Arifin.

Ia menambahkan, hingga berakhirnya perundingan tersebut, dari semua pasal atas draft yang diajukan manajemen. Banyak sekali pasal yang merugikan pihak pekerja dan serikat. Sehingga, sampai dengan waktu yang ditentukan perundingan berakhir deadlock.

"Kami memutuskan melakukan mogok kerja karena belum ada kesepakatan. Karena itu, kami datang ke DPRD Gresik untuk menjembatani masalah ini," ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun. Imbas dari PHK itu, PT Smelting Gresik membuka lowongan kerja dari level produksi hingga operator mesin. bahkan, lowongan pekerjaan tersebut, telah diiklankan ke sejumlah media cetak.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Survei Indikator Politik, Warga Puas Penanganan Mudik

Senin, 16 Mei 2022 - 11:33 WIB

Survei Indikator Politik, Warga Puas Penanganan Mudik

Jakarta-Pengawalan Polri atas arus mudik dan arus balik lebaran 2022 menuai penilaian positif dari masyarakat.

Dubes Rosan Lepas Kepulangan Presiden Jokowi ke Tanah Air

Senin, 16 Mei 2022 - 11:23 WIB

Dubes Rosan Lepas Kepulangan Presiden Jokowi ke Tanah Air, Netizen: Luar Biasa, Terimakasih Pak atas Keramahannya...

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani melepas langsung kepulangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke tanah air dari pangkalan militer Andrews…

Ely Chandra, Area Manager Communication, Relations & CSR Kilang Balikpapan menyampaikan bahwa saat ini Plant 5 dihentikan operasionalnya untuk sementara

Senin, 16 Mei 2022 - 11:22 WIB

Setelah Sigap Atasi Flash, Kini Pertamina Fokus Tangani Korban

Tim Pemadam di Kilang Balikpapan PT Kilang Pertamina Internasional telah berhasil melakukan pengendalian api yang muncul di plant 5, Unit Hydro Skimming Complex.

Pentas Seni dan Pameran Sastra Saraswati Sewana 2022 yang bertajuk "Nuwur Kukuwung Ranu" di Pura Segara Ulun Danu Batur, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali (Foto: Kemenparekraf)

Senin, 16 Mei 2022 - 11:15 WIB

Bangkitkan Ekonomi, Pentas Seni Sastra Saraswati Sewana diharapkan Bisa digelar Tiap Tahun

Saat menghadiri Pentas Seni dan Pameran Sastra Saraswati Sewana 2022 yang bertajuk "Nuwur Kukuwung Ranu" di Pura Segara Ulun Danu Batur, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali beberapa waktu lalu,…

Anthony Leong Pakar Digital

Senin, 16 Mei 2022 - 11:05 WIB

Ini Saran Pakar Agar Perang Digital di Pilpres 2024 Kondusif

Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 diprediksi masih akan diwarnai oleh perang buzzer atau pendengung. Fenomena perang buzzer sebelumnya terjadi pada Pilpres 2014 dan 2019.