Imbas Mogok Kerja, Smelting Gresik PHK 309 Karyawan

Oleh : Hariyanto | Selasa, 07 Februari 2017 - 15:00 WIB

Serikat Pekerja FSPMI PT SMELTING Lakukan Mogok Kerja (fspmi)
Serikat Pekerja FSPMI PT SMELTING Lakukan Mogok Kerja (fspmi)

INDUSTRY.co.id - Gresik, PT Smelting Gresik telah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 309 karyawannya. Langkah ini diambil karena perusahaan PMA asal Jepang tersebut dikarenakan mogoknya karyawan sejak tanggal 19 Januari 2017 hingga saat ini.

Staf General Affair PT Smelting Gresik Budi Setyawan mengatakan, pemutusan hubungan kerja dilakukan karena perusahannya berpedoman pada UU nomor 3 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

"Saat ini proses terkait dengan itu masih berlangsung" kata Budi, Senin (6/02/2017).

Imbas dari PHK tersebut, ratusan karyawan yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Gresik melakukan unjuk rasa ke Gedung DPRD Gresik. Mereka datang untuk mengadukan nasibnya setelah di-PHK oleh PT Smelting Gresik.

"Mogok kerja dipilih sebagai langkah terakhir akibat gagalnya perundingan pembahasan perjanjian kerja bersama VIII yang seharusnya berlaku di tahun 2017 ini," tutur Ketua FSPMI PT Smelting Zainal Arifin.

Ia menambahkan, hingga berakhirnya perundingan tersebut, dari semua pasal atas draft yang diajukan manajemen. Banyak sekali pasal yang merugikan pihak pekerja dan serikat. Sehingga, sampai dengan waktu yang ditentukan perundingan berakhir deadlock.

"Kami memutuskan melakukan mogok kerja karena belum ada kesepakatan. Karena itu, kami datang ke DPRD Gresik untuk menjembatani masalah ini," ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun. Imbas dari PHK itu, PT Smelting Gresik membuka lowongan kerja dari level produksi hingga operator mesin. bahkan, lowongan pekerjaan tersebut, telah diiklankan ke sejumlah media cetak.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kasdim 1707/Merauke Tinjau Pembangunan TMMD Ke-107 di Kampung Epem

Senin, 06 April 2020 - 04:45 WIB

Kasdim 1707/Merauke Tinjau Pembangunan TMMD Ke-107 di Kampung Epem

Kepala Staf Kodim 1707/Merauke Mayor Inf Abdul Hadi S.Sos melaksanakan peninjauan pembangunan rumah masyarakat di Kampung Epem, Distrik Citak Mitak, Kabupaten Mappi, Provinsi Papua, yang sedang…

Puslatpur 4 Marinir Purboyo Laksanakan Program Ketahanan Pangan

Senin, 06 April 2020 - 03:45 WIB

Puslatpur 4 Marinir Purboyo Laksanakan Program Ketahanan Pangan

Pusat Latihan Tempur Marinir (Puslatpurmar) 4 Purboyo melaksanakan program ketahanan pangan dalam rangka siaga menghadapi wabah Covid 19 yang melanda Indonesia, di Ksatrian Puslatpur 4 Marinir…

Danrem 162/WB-Persit KCK Bagikan Masker Putus Rantai Virus Corona

Senin, 06 April 2020 - 02:45 WIB

Danrem 162/WB-Persit KCK Bagikan Masker Putus Rantai Virus Corona

Merebaknya virus corona atau corona virus disease (Covid-19) di Indonesia memberikan dampak terhadap semua lin kehidupan termasuk interaksi sosial ditengah-tengah masyarakat.

Jamaah Haji menunaikan ibadah di Kabah Masjidil Haram Makkah

Senin, 06 April 2020 - 00:05 WIB

Masa Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji Tahap Pertama Hingga 30 April 2020

Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) 1441H/2020M tahap pertama terus berlangsung hingga 30 April 2020. Sampai penutupan hari ini, lebih 114 ribu jemaah reguler yang sudah melunasi…

Minggu Palma

Minggu, 05 April 2020 - 22:41 WIB

Physical Distancing, Not Spiritual Distancing

Saya berharap, agar physical distancing, tidak berkembang menjadi spiritual distancing. Saling menguatkan, menguduskan, dan mendoakan meski secara fisik tidak hadir dalam waktu dan ruang yang…