AirAsia Tertarik Kembangkan Pariwisata Bermasis Masyarakat

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 03 Agustus 2018 - 13:00 WIB

Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Maskapai AirAsia tertarik mengembangkan pariwisata berbasis masyarakat di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, setelah meresmikan penerbangan reguler ke Bandara Internasional Silangit Kepala Badan Pelaksanan Otorita Danau Toba (BODT) Arie Prasetyo di Bandara Silangit, Siborong-borong Sumatera Utara, Kamis (2/8/2018) menyatakan, AirAsia baru saja meresmikan rute penerbangan reguler Kuala Lumpur International Airport (KLIA) Malaysia-Silangit di Jakarta, Kamis, yang akan terbang empat kali sepekan mulai 28 Oktober 2018.

"Yang menarik dari mereka ini, kita tidak hanya bicara penerbangan komersial, tapi mereka juga akan mengembangkan 'community based tourism' di Danau Toba," katanya.

Arie mengaku ia sempat mengajak perwakilan Komunikasi Perusahaan AirAsia berkunjung ke Huta Ginjang. Tapanuli Utara, yang masih berdekatan dengan Danau Toba, dan pihak maskapai asal Malaysia itu dinilai antusias terkait keberadaan beberapa desa di sana yang berpotensi untuk dikembangkan dalam kerangka pariwisata berbasis masyarakat.

Menurut dia, pariwisata berbasis masyarakat ini mereka juga akan masuk ke masyarakat, menyajikan hal-hal yang menarik dari desa-desa wisata maupun potensi masyarakatnya.

"Ke Huta Ginjang saja mereka bilang 'gila ini bagus banget kayak Swiss'," katanya.

Arie menambahkan menyebutkan wilayah tersebut juga berpotensi untuk wisata aero sport, paralayang.

Dia menyebutkan setidaknya ada tiga desa di kawasan Danau Toba yang berpotensi dikembangkan lebih jauh sebagai desa wisata, yakni Sigapiton di Kabupaten Toba Samosir, Bakara di Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan, serta Pulau Sibandang, Muara, Tapanuli Utara.

Di Desa Sigapiton pada pengujung 2017 lalu Menteri Pariwisata Arief Yahya sudah meresmikan dua unit homestay yang bangunannya terinspirasi dari rumah tradisional Suku Batak Toba, Jabu Bolon.

 Kemudian di Bakara ada obyek wisata Istana Sisimangaraja, yang juga terdapat aliran sungai dengan potensi untuk wisata arung jeram.

Sedangkan di Pulau Sibandang, pulau di tengah Danau Toba yang oleh warga setempat kerap disebut lebih besar dari Pulau Samosir, terdapat berbagai potensi wisata. Selain eksotisme alamnya, Sibandang juga dikenal sebagai Pulau Mangga karena menghasilkan mangga yang manis dan lezat.

"Ada banyak sebetulnya, tapi kita mau fokus ke tiga ini dulu mungkin mana yang bisa dikerjakan. Jangan sampai jauh-jauh tapi tidak ada yang jadi," ujarnya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Gerbang Tol

Senin, 27 Mei 2019 - 15:00 WIB

Tarif Tol Jakarta-Merak Diskon 15 Persen saat Libur Lebaran

Pengelola jalan tol Tangerang-Merak, PT Marga Mandalasakti akan memberi potongan (diskon) tarif sebesar 15 persen yang akan diberlakukan 27 - 29 Mei sebelum puncak arus mudik dan 10-12 Juni…

Apacer AC633 USB 3.1

Senin, 27 Mei 2019 - 14:01 WIB

Pamerkan Portofolionya, Apacer Resmikan Program Terbaru di Computex Taipei 2019

Apacer, produsen storage kelas industri terkemuka di dunia hadir di COMPUTEX TAIPEI 2019 dan meresmikan program terbarunya “Welcoming Intelligent Connectivity” (Menyambut Konektivitas…

Penyanyi Pendatang Baru Gabriella Larasati membawakan Ost Dont Run Away

Senin, 27 Mei 2019 - 14:00 WIB

Gabriella Larasati Jadi Debutan Super Media Music

PT Super Media Produksi, sebuah rumah produksi Film yang didirikan pada mei 2018, oleh Unchu Viejay dan Adi Garing, yang dikenal, dengan karya perdana film horror berjudul don’t run away.…

Kolaborasi Alodokter dan Century

Senin, 27 Mei 2019 - 13:42 WIB

Alodokter Gandeng Century Ciptakan Sinergi Layanan Kesehatan

Kolaborasi ini memiliki visi untuk menciptakan sinergi layanan kesehatan terbaik yang memberikan banyak keuntungan bagi keluarga muda modern Indonesia.

Gelaran Unlock Your Creativity

Senin, 27 Mei 2019 - 12:19 WIB

Segera Meluncur di Indonesia, OPPO Ajak Konsumen Cicipi Smartphone Teranyar Reno Series

OPPO menggelar acara “Unlock Your Creativity” untuk memberikan kesempatan awal kepada konsumen dalam mencoba produk terbaru OPPO Reno Series, sebelum resmi diluncurkan di Indonesia.