Pentingnya Unesco Menilai Positif Pariwisata Danau Toba

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 03 Agustus 2018 - 12:45 WIB

Danau Toba Suamtera Utara (Foto Ist)
Danau Toba Suamtera Utara (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id -Toba Samosir- Pejabat Gubernur Sumatera Utara Eko Subowo berharap penilaian akhir Organisasi Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan (UNESCO) terhadap wisata Danau Toba pada Kamis (2/8/2018) berjalan lancar dan menghasilkan sesuatu yang positif.

Eko Subowo meminta seluruh masyarakat Indonesia berdoa agar proses penilaian terakhir itu berjalan lancar dan memberi sesuatu yang positif.

Hal itu disampaikan Eko saat menyambut Obor Asian Games 2018 di Pantai Bul Bul, Danau Toba, Toba Samosir, Sumut, Rabu.

"Besok tim dari UNESCO Global Geopark akan datang. Kami meminta doa dari masyarakat agar hasilnya baik," kata Eko.

Oleh karena itu, Eko mengajak Pemerintah Kabupaten Toba Samosir dan masyarakat umum senantiasa menjaga berbagai aspek penting agar Danau Toba tetap menjadi destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan.

"Saya berharap kepada Pemkab Tobasa dan masyarakat sekitar Danau Toba agar menjaga keindahan, kebersihan, kenyamanan serta keramahtamahan. Dengan demikian wisatawan domestik maupun internasional datang berulang-ulang ke Danau Toba yang kita banggakan ini," ujarnya.

Danau Toba yang menjadi salah satu lokasi rangkaian Kirab Obor Asian Games 2018 yang juga melibatkan tiga kabupaten di sekitarnya, termasuk Simalungun, Toba Samosir dan Tapanuli Utara.

Eko berharap agar terpilihnya kawasan Danau Toba menjadi lokasi Kirab Obor Asian Games 2018 turut berperan besar untuk memantik ketertarikan masyarakat mengunjungi Pantai Bul Bul pada khususnya maupun kawasan Danau Toba pada umumnya.

"Diharapkan event ini menambah animo masyarakat datang ke Pantai Bul Bul ini," katanya.

Setelah menyelesaikan fase pertama yang diakhiri dengan penyulutan mini cauldron di Pantai Bebas, Danau Toba, Simalungun, serta pengembalian api abadi ke tinder box, kirab obor dilanjutkan ke Toba Samosir dengan tujuan akhir Pantai Bul Bul.

Lantas, dari Pantai Bul Bul, api abadi segera diarak menuju Bandara Internasional Silangit, Siborong-Borong, Tapanuli Utara, untuk kemudian diterbangkan menuju titik kirab berikutnya, Pekanbaru, Riau, pada Rabu sore.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pusdiklat Mahkamah Agung Republik Indonesia dan Lembaga Sertifikasi Profesi London School of Public Relations Jakarta (LSP LSPR), menggelar workshop dan uji kompetensi untuk profesi Humas.

Senin, 16 September 2019 - 21:22 WIB

Pusdiklat Mahkamah Agung RI Gandeng LSP LSPR Gelar Uji Kompetensi Humas

Kredibiltas dan kompetensi profesi Humas merupakan salah satu kunci dalam membangun persepsi publik yang akan tercipta.

Asosiasi Personal Vaporizer Indonesia

Senin, 16 September 2019 - 21:04 WIB

Klarifikasi Vape, Ini Penjelasannya

Terkait dengan pemberitaan yang simpang siur mengenai vape akhir-akhir ini maka kami dari Asosiasi Personal Vaporizer Indonesia (APVI) sebagai asosiasi terbesar di Indonesia yang menaungi sekitar…

Anang Hermansyah

Senin, 16 September 2019 - 21:00 WIB

Anang Kembali Jadi Juri Indonesian Idol

Sejak menjadi anggota DPRRI, Anang Hermansyah langsung menghilang dari gemerlapnya industri musik. Dan baru berani kembali di akhir jabatannya. "Secara etika sebagai anggota dewan, saya mesti…

Liga Volleyball: Mahasiswa 2019

Senin, 16 September 2019 - 20:00 WIB

Kemenangan Keempat Umika, Debut Kompetisi Menjanjikan TSM

Tim Trisakti School of Management (TSM) Jakarta mengawali hari terakhir LIMA Volleyball: Air Mineral Prim-A Greater Jakarta Conference Season 7 melawan Universitas Mitra Karya (Umika) Bekasi…

Bintang Puspayoga

Senin, 16 September 2019 - 18:00 WIB

Bintang Puspayoga Rilis Buku Sinergi Untuk Negeri

Bintang Puspayoga secara resmi merilis buku bertajuk Sinergi Untuk Negeri. Buku yang disusun tim yang diketuai Kabag Humas Kementerian Koperasi dan UKM Darmono itu merupakan buku yang menyajikan…