Mentan: Sawah Terdampak Banjir di Wajo Sudah Diasuransikan

Oleh : Wiyanto | Minggu, 29 Juli 2018 - 09:30 WIB

Mentan Andi Amran Sulaiman (Dok Industry.co.id)
Mentan Andi Amran Sulaiman (Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Makassar- Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyebutkan banjir akibat luapan Danau Tempe di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan yang berdampak pada lahan persawahan telah diasuransikan.

"Kami belum tahu kerugiannya, jelas yang kena banjir sudah diasuransikan, diganti oleh asuransi karena kita anggarkan. Ini sejarah dalam dunia pertanian," katanya usai penandatangan MoU dengan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amir  di Makassar, Sabtu (28/7/2018) .

Menurutnya dalam sejarah pertanian belum ada asuransi untuk persawahan, sehingga inilah yang dilakukan pemerintah dalam melakukan antisipasi menyikapi persoalan pertanian.

"Ini tidak pernah ada sebelumnya, telah diasuransikan satu juta hektar seluruh Indonesia daerah yang rawan banjir," paparnya.

Mengenai dengan kondisi di daerah terkena lauapan Danau Tempe Kabupaten Wajo, sebut dia pihaknya telah melakukan kunjungan lapangan untuk melihat secara langsung dampak banjir tersebut.

"Kami dari sana langsung memberikan bantuan bibit dan pupuk, bagi yang kena banjir. Kami sudah dari sana gerak cepat sesuai perintah presiden," ujar dia.

Selain itu, kata dia Kementerian Pertanian telah menyalurkan bantuan bukan hanya bibit dan pupuk teta[i alat berat untuk mengeruk sendimen tanah yang terendap guna mengurangi dampak banjir.

"Kami berikan ekspavator besar agar bisa menggali endapan-endapan tanah disana itu agar mengurangi banjir, kemudian traktor, hand traktor juga kita bagikan secara gratis," tambah dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

KEK Mandalika (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 26 Juni 2019 - 09:00 WIB

Sambut MotoGP-F1 Sirkuit Manadika Segera Bangun Sejumlah Hotel

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar para pengusaha properti ikut membantu membangun hotel di Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

PT Adira Dinamika Multifinance Tbk ADMF (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 26 Juni 2019 - 09:00 WIB

Kompetisi Foto dan Video Sahabat Lokal Adira Finance Kembali Digelar

Setelah sukses mengadakan Kompetisi Sahabat Lokal di tahun 2017 dan 2018, Adira Finance yang merupakan salah satu perusahaan pembiayaan terbesar di Indonesia kembali menggelar Kompetisi Foto…

Peluncuran printer Canon Pixma Ink Efficient G Series

Rabu, 26 Juni 2019 - 08:54 WIB

Canon Luncurkan Tiga Printer Teranyar Pixma Ink G-series

Canon melalui PT.Datascrip sebagai autorized distributornya di Indonesia kembali menghadirkan tiga printer dengan tanki tinta yang bisa di isi ulang yakni generasi teranyar Pixma Ink Efficient…

Giant Supermarket

Rabu, 26 Juni 2019 - 08:37 WIB

Tutup Enam Gerai Giant, Manajemen: Persaingan Meningkat

Dalam beberapa hari terakhir dikabarkan adanya rencana penutupan 6 gerai Giant, yakni Giant Express Pondok Timur, Giant Express Cinere Mall, Giant Express Mampang, Giant Extra Jatimakmur, Giant…

Anak-anak sekolah (Foto Rmol)

Rabu, 26 Juni 2019 - 07:15 WIB

Menyikapi Kebijakan Sistem Zonasi Pada Penerimaan Peserta Didik Baru 2019

Sistem zonasi yang membatasi pemilihan sekolah di tingkat kelurahan memunculkan banyak potensi masalah dan sudah menuai pro dan kontra yang meluas, sehingga perlu dikaji ulang dan didukung oleh…