Mentan: Sawah Terdampak Banjir di Wajo Sudah Diasuransikan

Oleh : Wiyanto | Minggu, 29 Juli 2018 - 09:30 WIB

Mentan Andi Amran Sulaiman (Dok Industry.co.id)
Mentan Andi Amran Sulaiman (Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Makassar- Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyebutkan banjir akibat luapan Danau Tempe di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan yang berdampak pada lahan persawahan telah diasuransikan.

"Kami belum tahu kerugiannya, jelas yang kena banjir sudah diasuransikan, diganti oleh asuransi karena kita anggarkan. Ini sejarah dalam dunia pertanian," katanya usai penandatangan MoU dengan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amir  di Makassar, Sabtu (28/7/2018) .

Menurutnya dalam sejarah pertanian belum ada asuransi untuk persawahan, sehingga inilah yang dilakukan pemerintah dalam melakukan antisipasi menyikapi persoalan pertanian.

"Ini tidak pernah ada sebelumnya, telah diasuransikan satu juta hektar seluruh Indonesia daerah yang rawan banjir," paparnya.

Mengenai dengan kondisi di daerah terkena lauapan Danau Tempe Kabupaten Wajo, sebut dia pihaknya telah melakukan kunjungan lapangan untuk melihat secara langsung dampak banjir tersebut.

"Kami dari sana langsung memberikan bantuan bibit dan pupuk, bagi yang kena banjir. Kami sudah dari sana gerak cepat sesuai perintah presiden," ujar dia.

Selain itu, kata dia Kementerian Pertanian telah menyalurkan bantuan bukan hanya bibit dan pupuk teta[i alat berat untuk mengeruk sendimen tanah yang terendap guna mengurangi dampak banjir.

"Kami berikan ekspavator besar agar bisa menggali endapan-endapan tanah disana itu agar mengurangi banjir, kemudian traktor, hand traktor juga kita bagikan secara gratis," tambah dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

FOTO LOW CARB

Sabtu, 20 April 2019 - 01:33 WIB

Indonesia Menjadi Tuan Rumah Untuk Seminar Pertama Yang Mengangkat Karbohidrat

April 2019 (Jakarta, Indonesia), Low Carb Indonesia (LCI) bekerjasama dengan Low Carb USA mengadakan Indonesia International Low Carb Conference (IILCC) 2019 yang akan berlangsung selama 2 hari…

Chatuchak Weekend Market (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 21:00 WIB

Penting Dicatat Para Shopaholic! Enam Destinasi Belanja di Seluruh Dunia

Ada banyak cara untuk mengangkat suasana hati seseorang, namun terapi ritel tidak diragukan lagi merupakan pilihan populer di antara banyak orang Indonesia, terutama ketika mereka bepergian.

Menristekdikti Mohamad Nasir (Foto Dok Humas)

Jumat, 19 April 2019 - 19:00 WIB

Menristekdikti: Revolusi Industri 4.0 Perlu Peningkatan Pendidikan Vokasi

Di era Revolusi Industri 4.0 ini, mutu dan relevansi pendidikan tinggi vokasi terhadap industri perlu ditingkatkan, agar Indonesia dapat memenuhi kebutuhan tenaga profesional dalam industri…

Rumah Gadang Minang Sumatera Barat (Foto Ist)

Jumat, 19 April 2019 - 17:00 WIB

Industri Pariwisata, Andalan PAD Kabupaten Agam Sumbar

Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat menargetkan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp140 juta dari tiga objek wisata milik pemerintah setempat selama 2019.

CK Fong Presiden Direktur Treasure Bay Bintan (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 15:00 WIB

Setahun, Treasure Bay Bintan Dikunjungi 180 Ribu Wisatawan

Objek wisata Treasure Bay yang ada di kawasan wisata Lagoi, Bintan masih menjadi objek wisata unggulan di Pulau Bintan bahkan di Kepri. Pada 2018 saja, resort yang dibangun dilahan seluas 338…