Jelang 2019, Jokowi Coba Tarik Gerbong PKB

Oleh : Herry Barus | Minggu, 15 Juli 2018 - 07:40 WIB

Presiden Jokowi dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Foto Dok Industry.co.id)
Presiden Jokowi dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menduga Joko Widodo sedang mencoba menarik kembali gerbong Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) karena bisa berpotensi membentuk poros ketiga sebagai alternatif pada Pemilu Presiden 2019.

"Pernyataan Jokowi yang menyebutkan Muhaimin atau Cak Imin masuk dalam lima besar kandidat calon wakil presiden merupakan langkah menarik kembali gerbong PKB dalam barisan koalisi," kata Pangi, di Jakarta, Sabtu (14/7/2018)

Dia menilai, menarik kembali Muhaimin dalam bursa cawapres merupakan salah satu cara untuk mematikan embrio terbentuk poros ketiga.

Pangi menilai, Jokowi tidak mau ada tiga poros dalam Pemilu Presiden 2019 karena bisa membahayakan dan mengancam perolehan suara 50 persen plus satu.

"Kalau perolehan suara 50 plus satu tidak tercapai, maka dipastikan dua putaran, berkaca pada pengalaman yang lalu, akan merugikan calon petahana," ujarnya lagi.

Menurut dia, ada kekhawatiran di pihak Jokowi kehilangan basis elektoral PKB sekitar 8 persen, dan jumlah itu bisa membantu mendongkrak elektabilitas Jokowi pada Pilpres 2019.

Dia menilai, wajar Cak Imin sangat yakin akan dipilih Jokowi sebagai cawapres karena adanya basis dukungan yang besar tersebut dan opini yang dibangun adalah kalau Jokowi tidak mengambil Cak Imin maka bisa kalah.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyebut ada lima nama cawapres yang telah dikantongi untuk mendampinginya pada Pilpres 2019, salah satunya Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Salah satu namanya pak Muhaimin Iskandar. Ada nama di saku saya, ada 5 nama," kata Jokowi, di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu.

Hal tersebut disampaikan Jokowi setelah Cak Imin menyatakan PKB resmi mendukung Jokowi pada Pipres 2019. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

KOBEX: Penjualan Alat Berat Non-Tambang Meningkat, KOBEX Bukukan Pendapatan Rp531,94 Miliar Di Triwulan I-2024

Minggu, 05 Mei 2024 - 13:20 WIB

Top! Strategi Apik Membuahkan Hasil, Penjualan Alat Berat Non-Tambang Meningkat, KOBEX Bukukan Pendapatan Rp531,94 Miliar di Triwulan I-2024

Jakarta– PT Kobexindo Tractors Tbk (KOBX) penyedia alat berat terintegrasi telah merilis Laporan Keuangan (Unaudited) triwulan I tahun 2024. Perseroan melaporkan pertumbuhan pendapatan sebesar…

PT BRI Asuransi Indonesia saat RUPS

Minggu, 05 Mei 2024 - 13:02 WIB

BRI Insurance Tebar Dividen 25 Persen

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2024 (RUPST) PT. BRI Asuransi Indonesia telah digelar pada hari Senin, tanggal 29 April 2024 di Menara Brilian. Jakarta.

Groundbreaking PT Sunra Asia Pacific Hitech

Minggu, 05 Mei 2024 - 11:50 WIB

PT Sunra Asia Pacific Hitech Bangun Pabrik Perakitan Motor Listrik di Kawasan Industri Kendal

Sunra Asia Pacific Hitech merupakan subsidiary dari Jiangsu Xinri yang bergerak dalam pengembangan dan juga produksi transportasi ramah lingkungan. Pada tahun 2023 mulai mengembangkan ekspansinya…

PT Maxindo Karya Anugerah Lakukan Groundbreaking Pabrik ke-3 di Kawasan Industri Kendal

Minggu, 05 Mei 2024 - 11:37 WIB

PT Maxindo Karya Anugerah Lakukan Groundbreaking Pabrik ke-3 di Kawasan Industri Kendal

PT Maxindo Karya Anugerah melakukan groundbreaking plant 3 di Kawasan Industri Kendal yang dilaksanakan pada Kamis (2/5/2024). Konstruksi tahap 1 seluas 1.2 Ha mulai dilakukan di bulan Mei 2024…

Bank DKI bantu difabel

Minggu, 05 Mei 2024 - 10:59 WIB

Bank DKI Resmikan Kebun Hidroponik dan Serahkan Bantuan Pendidikan Bagi Penyandang Cerebral Palsy

Bank DKI secara konsisten menunjukkan komitmennya dalam mendukung tujuan pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals melalui perwujudan 2 program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan…