Agustus, Pawai Seni Budaya Helaran Siap Digelar di Bogor

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 12 Juli 2018 - 16:00 WIB

Pawai Seni Budaya Helaran (Istimewa)
Pawai Seni Budaya Helaran (Istimewa)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Dalam waktu dekat, daerah yang disebut Kota Hujan ini akan berulang tahun yang ke 536. Untuk merayakannnya, kota Bogor akan kembali menggelar Hari Jadi Bogor (HJB) yang dimeriahkan oleh pawai budaya Helaran. 

Pawai budaya ini adalah sebagai bentuk untuk mempromosikan seni budaya dan pariwisata daerah di Bogor yang akan diselenggarakan pada 12 Agustus 2018. 

"Seperti tahun sebelumnya, pawai Helaran kembali digelar tahun ini pada tanggal 12 Agustus 2018," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor, Shahlan Rasyidi, di Bogor, Rabu (11/7/2018).

Shahlan menjelaskan perhelatan Helaran Seni Budaya ini merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-536.

Ia mengatakan, serangkaian kegiatan peringatan HJB tahun ini yang harusnya digelar bulan Juni 2018, terpaksa dialihkan karena bersamaan dengan bulan Ramadan, Lebaran, dan hari pencoblosan Pilkada serentak.

"Pengalihan ini karena kita ingin mempromosikan agenda wisata Kota Bogor kepada tamu-tamu Asian Games," kata Shahlan.

Ia menyebutkan, kegiatan Helaran Seni Budaya Bogor diharapkan menjadi ajang perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Kegiatan ini diperkirakan akan melibatkan 5.000 peserta yang terdiri atas sanggar seni dan budaya yang ada di Kota Bogor serta luar kota, sekolah, perguruan tinggi, komunitas, seluruh OPD Pemkot Bogor.

"Bahkan kelompok masyarakat dari enam kecamatan, perusahaan daerah, swasta nasional juga akan ikut berpartisipasi," katanya.

Ia mengatakan, materi kegiatan Helaran Seni Budaya Bogor ini berupa penampolan seni dari sanggar-sanggar, karnaval budaya bagi masyarakat, OPD, komunitas dan sekolah serta perguruan tinggi dan juga pawai kendaraan hias bagi perusahaan, hotel dan restoran.

"Bentuk sajian pergelaran tersebut dikemas sedemikian rupa dengan menjaga estetika, artistik, atraktif, menarik dan komunikatif," katanya.

Lokasi Helaran tetap sama seperti tahun sebelumnya yakni Jl Sudirman dari Air Mancur menuju Taman Kencana. Dimulai dari pukul 06.00 sampai 11.30 WIB.

Shahlan menambahkan, kegiatan Helaran Seni Budaya menjadi ajang silaturahmi komunitas dan masyarakat, wadah atau ruang ekspresi bagi para pelaku seni, ajang promosi produk seni budaya Kota Bogor kepada masyarakat dan wisatawan luar Kota Bogor.

"Helaran diharapkan juga menjadi destinasi pariwisata seni budaya tahunan di Kota Bogor," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Reboisasi lahan kritis merupakan upaya Telkom dalam pencegahan terjadinya erosi tanah

Jumat, 03 Mei 2024 - 16:48 WIB

Telkom Dukung Pemulihan 82,1 Ha Lahan Kritis melalui Reboisasi 33.800 Bibit Pohon

Data Kementerian Kemaritiman & Investasi tahun 2022 menyebut luas lahan kritis nasional sebesar 12.744.925 Ha. Hal ini terjadi dikarenakan tidak seimbangnya penebangan pohon dengan penanaman…

Alfarisi Arifin, Direktur Utama Karubi Maru dan Enomoto Okuto, Kepala Koki Karubi Maru pada Pembukaan Gerai Kedua Karubi Maru Di Botani Square Mall Bogor

Jumat, 03 Mei 2024 - 14:15 WIB

Gandeng Koki Asli Jepang Karubi Maru Berikan Pengalaman Menyantap Yakiniku Dalam Jyubako

Hadirkan pengalaman baru dalam menyantap yakiniku di dalam kemasan Jyubako atau yang lebih dikenal dengan bento box Karubi Maru buka gerai keduanya di Botani Square Mall Bogor.

HINT Metaverse Eau de Perfume

Jumat, 03 Mei 2024 - 14:02 WIB

Kolaborasi HINT Dengan AI Technology Ciptakan Parfum Aroma Futuristik

HINT, brand parfum lokal yang menghadirkan inovasi parfum yang unik dan diinfus dengan teknologinya, kembali hadir dengan mengembangkan teknologi teranyar dengan menciptakan varian parfum terbaru, …

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 03 Mei 2024 - 13:32 WIB

Perjuangkan HGBT untuk Seluruh Sektor Industri, Menperin Agus Kirimi Kementerian ESDM Surat Evaluasi

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita kembali menegaskan, pihaknya bertekad untuk terus memperjuangkan agar kebijakan Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) dapat dinikmati oleh seluruh sektor…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 03 Mei 2024 - 13:28 WIB

Ekspansif Selama 32 Bulan, Menperin Agus: Industri Manufaktur RI Sehat Dan Solid

Fase ekspansi yang dicatat oleh industri manufaktur tanah air masih berlanjut sehingga memperpanjang periode selama 32 bulan berturut-turut. Ini berdasarkan laporan S&P Global, yang menunjukkan…