PHRI DIY Optimis Sektor MICE Dongkrak Okupansi Hotel

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 03 Juli 2018 - 10:43 WIB

JLn Malioboro Yogyakarta (Foto Ist)
JLn Malioboro Yogyakarta (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Yogyakarta- Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta optimistis kegiatan pertemuan, insentif, konferensi, dan pameran (meeting, incentive, convention, and exhibition/MICE) akan mendongkrak okupansi hotel di Yogyakarta pasca-Lebaran.

"Kami perkirakan mulai Agustus 2018 'MICE' mulai banyak dan mendongkrak okupansi," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Istijab M Danunagoro di Yogyakarta, Selasa (3/6/2018)

Menurut dia, kegiatan MICE selama ini merupakan andalan utama perhotelan di DIY yang kebanyakan dilakukan oleh berbagai instansi pemerintahan atau kementerian, serta swasta.

Saat ini, menurut dia, rata-rata okupansi masih mencapai 40 persen. Okupansi itu menurun dibandingkan masa "high season" saat libur Lebaran 2018 yang mampu mencapai 100 persen. "Namun kami yakin MICE mampu menolong tingkat hunian yang masih rendah," kata dia.

Public Relations Hotel Tentrem Yogyakarta, Venta Pramusanti menyebutkan rata-rata okupansi hotelnya masih di kisaran 45-60 persen. Kegiatan MICE, menurut dia, saat ini belum banyak bermunculan baik dari instansi pemerintah maupun swasta. "(MICE) belum banyak bermunculan, kami perkirakan minggu-minggu ini," kata dia.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Tour dan Travel Agen Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta Udhi Sudhiyanto seperti dilansir Antara meyakini pemesanan paket wisata dari wisatawan mancanegara akan meningkat seiring memasuki masa liburan musim panas di Eropa.

Menurut dia, kunjungan wisatawan Eropa ke Yogyakarta akan terus mengalami lonjakan mulai akhir Juni hingga Agustus 2018. Agenda wisata mereka juga lebih padat dibandingkan wisatawan domestik karena rata-rata memiliki lama tinggal hingga 3-4 hari.

"Sekarang saja pemesanan travel untuk wisatawan mancanegara sudah meningkat 20 persen dibandingkan bulan lalu," kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilham Bintang (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 29 Januari 2020 - 22:17 WIB

Membaca Sosok Ilham Bintang Dari Tulisannya

Buku Ilham Bintang yang baru terbit, berisi kumpulan artikelnya sepanjang tahun. (hcb)

Dirut BRI, Menkeu dan Komisaris BRI

Rabu, 29 Januari 2020 - 20:41 WIB

Menkeu Sri Mulyani Apresiasi BRI Fokus Kembangkan UMKM

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani mendukung strategi PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) (Persero) Tbk untuk fokus memperkuat bisnis di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) karena memiliki…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita ketika mewakili Presiden Joko Widodo pada acara pembukaan Rapat Pimpinan Nasional Gabungan Pengusaha Konstruksi Nasional Indonesia (GAPENSI)

Rabu, 29 Januari 2020 - 17:06 WIB

Buka Rapim Gapensi, Menperin Sebut Industri Pendukung Jasa Konstruksi Masih Prospektif

Industri pendukung jasa konstruksi dinilai masih memiliki prospek bisnis yang cukup besar ke depannya, seiring gencarnya program pembangunan infrastruktur di dalam negeri.

Launching I Konser yang hadir di Indihome

Rabu, 29 Januari 2020 - 16:23 WIB

Indihome Sediakan i Konser Gaet Penikmat Musik

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui brand IndiHome terus berupaya menyediakan produk dan layanan yang berkualitas bagi seluruh segmen pelanggannya.

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia (Tengah)

Rabu, 29 Januari 2020 - 16:00 WIB

Lampaui Target, Realisasi Investasi Tahun 2019 Tembus 800 Triliun

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyampaikan pencapaian realisasi investasi periode Triwulan IV (Oktober-Desember) 2019 sebesar Rp 208,3 triliun, meningkat 12…