PHRI DIY Optimis Sektor MICE Dongkrak Okupansi Hotel

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 03 Juli 2018 - 10:43 WIB

JLn Malioboro Yogyakarta (Foto Ist)
JLn Malioboro Yogyakarta (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Yogyakarta- Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta optimistis kegiatan pertemuan, insentif, konferensi, dan pameran (meeting, incentive, convention, and exhibition/MICE) akan mendongkrak okupansi hotel di Yogyakarta pasca-Lebaran.

"Kami perkirakan mulai Agustus 2018 'MICE' mulai banyak dan mendongkrak okupansi," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Istijab M Danunagoro di Yogyakarta, Selasa (3/6/2018)

Menurut dia, kegiatan MICE selama ini merupakan andalan utama perhotelan di DIY yang kebanyakan dilakukan oleh berbagai instansi pemerintahan atau kementerian, serta swasta.

Saat ini, menurut dia, rata-rata okupansi masih mencapai 40 persen. Okupansi itu menurun dibandingkan masa "high season" saat libur Lebaran 2018 yang mampu mencapai 100 persen. "Namun kami yakin MICE mampu menolong tingkat hunian yang masih rendah," kata dia.

Public Relations Hotel Tentrem Yogyakarta, Venta Pramusanti menyebutkan rata-rata okupansi hotelnya masih di kisaran 45-60 persen. Kegiatan MICE, menurut dia, saat ini belum banyak bermunculan baik dari instansi pemerintah maupun swasta. "(MICE) belum banyak bermunculan, kami perkirakan minggu-minggu ini," kata dia.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Tour dan Travel Agen Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta Udhi Sudhiyanto seperti dilansir Antara meyakini pemesanan paket wisata dari wisatawan mancanegara akan meningkat seiring memasuki masa liburan musim panas di Eropa.

Menurut dia, kunjungan wisatawan Eropa ke Yogyakarta akan terus mengalami lonjakan mulai akhir Juni hingga Agustus 2018. Agenda wisata mereka juga lebih padat dibandingkan wisatawan domestik karena rata-rata memiliki lama tinggal hingga 3-4 hari.

"Sekarang saja pemesanan travel untuk wisatawan mancanegara sudah meningkat 20 persen dibandingkan bulan lalu," kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA)

Selasa, 31 Maret 2020 - 13:05 WIB

Galer Eraspacetival, Erajaya Berikan Diskon Besar-besaran

Erajaya menggelar festival belanja online bertajuk Eraspacetival. Sejumlah produk diberikan diskon besar, salah satunya iPhone XS.

Ketua PB PASI Bob Hasan

Selasa, 31 Maret 2020 - 13:02 WIB

Eks Menperindag era Soeharto, Bob Hasan Tutup Usia

Bob Hasan, Ketua PB PASI yang juga pernah menjabat menteri perindustrian dan perdagangan era Presiden Soeharto wafat pada pukul 11.00 WIB di RSPAD Jakarta, Selasa (31/3/2020).

Wings Air (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 31 Maret 2020 - 13:00 WIB

Dukung Industri Pariwisata, Wings Air Melayani 18 Penerbangan Domestik di Bandara Adisutjipto

Wings Air (kode penerbangan IW) member of Lion Air Group memberikan keterangan sesuai perkembangan informasi terkini, bahwa seluruh layanan penerbangan domestik tetap beroperasi di Bandar Udara…

Petani Klaten panen padi

Selasa, 31 Maret 2020 - 12:47 WIB

Petani Klaten Siap Pasok 90 Ribu Ton Beras Sampai Mei 2020

Mengantisipasi efek dari penyebaran wabah covid-19 Kementerian Pertanian dan Pemerintah daerah melakukan langkah strategis untuk memenuhi ketersedian pangan dalam negeri. Meskipun aktivitas…

Kisah Miko dan dua rekan grabfood mengantar makanan di saat corona

Selasa, 31 Maret 2020 - 12:30 WIB

Kisah Para Ojol Pahlawan di Musim Corona: Saya Harus Bekerja, Karena Pelanggan adalah Pembawa Rezeki buat Saya dan Keluarga

Bagi saya memastikan kebersihan makanan yang saya antar dan kepuasan pelanggan adalah prioritas utama. Karena saya percaya bahwa pelanggan adalah pembawa rezeki, penghidupan saya dan keluarga,"…