Kementerian Perindustrian Berikan Bantuan Mesin Produksi Keramik Untuk Sentra Industri Keramik Dinoyo

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 23 Juni 2018 - 12:15 WIB

Kementerian Perindustrian Berikan Bantuan Mesin Produksi Keramik Untuk Sentra Industri Keramik Dinoyo (bj)
Kementerian Perindustrian Berikan Bantuan Mesin Produksi Keramik Untuk Sentra Industri Keramik Dinoyo (bj)

INDUSTRY.co.id - Malang - Direktorat Jenderal Industri Kimia, Tekstil dan Aneka, Kementerian Perindustrian Achmad Sigit Dwiwahjono memberikan bantuan mesin atau peralatan produksi keramik untuk Sentra Industri Keramik Dinoyo, kepada Pemerintah Kota Malang, Jumat (22/6/2018). 

Bantuan sebesar Rp1.543.850.000 di senyerahkan secara simbolis oleh DirekturJenderal Industri Kimia, Tekstil dan Aneka, Kementerian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahjono kepada Sekretaris Daerah Kota Malang, Wasto. 

"Produksi keramik, setiap tahunnya terus bertumbuh dan memberikan kontribusi yang cukup baik dalam mendukung pertumbuhan perekonomian di Kota Malang. Industri keramik harus terus ditingkatkan kualitas maupun desainnya, guna merebut pangsa pasar dalam negeri maupun manca negara," kata Wasto. 

Wasto mengatakan bantuan dari Kementerian Perindustrian ini, harus dimanfaatkan dengan baik oleh anggota Paguyuban Sentra IKM Keramik Dinoyo. Ia berharap kapasitas produksi keramik meningkat. Selain itu inovasi harus dilakukan agar mampu memproduksi keramik yang berkualitas. 

"Kedepan, Pemkot Malang akan melaksanakan pembinaan lanjutannya kepada para IKM. Tujuannya, agar bantuan mesin yang diserahkan itu mampu dimanfaatkan secara maksimal karena keramik juga telah menjadi alternatif oleh-oleh atau buah tangan dari Kota Malang selain kripik tempe dan buah," papar Wasto.

Sementara itu, Direktorat Jenderal Industri Kimia, Tekstil dan Aneka Sigit Dwiwahjono berharap bantuan mesin dari Kemenperin RI membuat pengerajin keramik Dinoyo Kota Malang turut serta menyumbang peningkatan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. 

"Salah satu tujuannya adalah untuk mencapai investasi agar pertumbuhan ekonomi kita menjadi lebih baik," tandasnya. (bj)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 21:00 WIB

Pemkab Raja Ampat Dukung Pengelolaan Destinasi Terapkan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mendorong dua kampung wisata meraih penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award" atau Pengelolaan destinasi mererapkan prinsip-prisip…

Pantai Air Manis Padang (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 18:00 WIB

Icon Kota Padang, Pantai Air Manis Terus Percantik Diri

Pemerintah Kota Padang bersama Pemerintah Pusat mengucurkan anggaran sebesar Rp16 miliar untuk membenahi objek wisata Pantai Air Manis Padang yang kerap dikenal dengan legenda Malin Kundang.

Ilustrasi Biodiesel 20 Persen (B20)

Minggu, 19 Mei 2019 - 16:30 WIB

Tekan Impor Migas, Kemenperin Bakal Dongkrak Produksi Green Fuel

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah berusaha mendongkrak kontribusi industri nonmigas dengan mendorong produksi bahan bakar yang masih ketergantungan pada impor, di antaranya memproduksi…

Ilustrasi Ekspor (ist)

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:40 WIB

Ekspor Produk Manufaktur Masih Tertinggi

Industri pengolahan nonmigas konsisten memberikan kontribusi paling besar terhadap nilai ekspor nasional.

Industri Tekstil

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:01 WIB

Upaya Pemerintah Dongkrak Produktivitas Industri Tekstil dan Pakaian Menuju Lima Besar Dunia

Berdasarkan Making Indonesia 4.0, industri TPT merupakan satu dari lima sektor manufaktur yang tengah diprioritaskan pengembangannya sebagai pionir dalam peta jalan penerapan revolusi industri…