Harga Saham PUPS Mahkota Group Ditawarkan antara Rp200-250 per Unit

Oleh : Abraham Sihombing | Jumat, 22 Juni 2018 - 10:48 WIB

PT Mahkota Group Tbk (Foto Abe)
PT Mahkota Group Tbk (Foto Abe)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Mahkota Group Tbk, perusahaan perkebunan kelapa sawit yang berkantor pusat di Medan, Sumatera Utara, akan menawarkan saham kepada publik dengan harga antara Rp200-250 per unit melalui mekanisme Penawaran Umum Perdana Saham (PUPS).

Saham yang ditawarkan merupakan saham biasa atas nama dengan total sebanyak-banyaknya 703.688.000 unit saham. Itu mencapai sekitar 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah PUPS tersebut.

“Sekitar 60% dari dana hasil PUPS tersebut akan digunakan untuk pengembangan industri hilir kelapa sawit dan sisanya 40% akan digunakan untuk membiayai modal kerja entitas anak," ujar Usli, Presiden Direktur Mahkota Group, dalam acara konferensi pers di Jakarta, Jumat (22/06/2018).

Usli mengemukakan, pengembangan industri hilir kelapa sawit tersebut dilakukan melalui investasi ke anak usaha perseroan, yaitu PT Mutiara Unggul Lestari (MUL). Oleh MUL, investasi tersebut disalurkan ke anak usahanya, yakni PT Intan Sejati Andalan (ISA).

“Dana hasil PUPS tersebut oleh PT Intan Sejati Andalan akan digunakan  untuk membiayai pembangunan pabrik refinery dan Kernel Crushing Plant di jalan Duri – Dumai, Desa Bathin Sobaga, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau,” papar Usli.

Usli mengungkapkan, pembangunan pabrik tersebut membutuhkan waktu 8 bulan, terhitung 3 bulan sejak perseroan menerima dana hasil PUPS. Pembangunan pabrik tersebut bertujuan untuk memberi nilai tambah bagi perseroan.

“Melalui pendirian pabrik tersebut, maka perseron dapat memurnikan minyak sawit mentah menjadi olein (minyak makan) dan stearin (bahan baku margarin dan oleochemical) serta produk turunan lainnya,” tukas Usli.

Usli berharap, dengan adanya pengembangan industri hilir tersebut, maka pendapatan perseroan diharapkan dapat ditingkatkan. Adapun anak usaha perseroan yang memperoleh modal kerja dari dana hasil PUPS ini adalah PT Mutiara Unggul Lestari, PT Berlian Inti Mekar dan PT Intan Sejati Andalan.

Usli menuturkan, manajemen Mahkota Group telah menunjuk PT Panin Sekuritas Tbk sebagai penjamin pelaksana emisi pada PUPS yang akan dilaksanakan pada 3-9 Juli 2018 jika Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan pernyataan efektif pada 29 Juni 2018.

“Sementara itu, saham yang ditawarkan ke publik tersebut akan dicatatkan dan diperdagangkan untuk pertama kalinya pada 12 Juli 2018,” pungkas Usli. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Gerbang Tol

Senin, 27 Mei 2019 - 15:00 WIB

Tarif Tol Jakarta-Merak Diskon 15 Persen saat Libur Lebaran

Pengelola jalan tol Tangerang-Merak, PT Marga Mandalasakti akan memberi potongan (diskon) tarif sebesar 15 persen yang akan diberlakukan 27 - 29 Mei sebelum puncak arus mudik dan 10-12 Juni…

Apacer AC633 USB 3.1

Senin, 27 Mei 2019 - 14:01 WIB

Pamerkan Portofolionya, Apacer Resmikan Program Terbaru di Computex Taipei 2019

Apacer, produsen storage kelas industri terkemuka di dunia hadir di COMPUTEX TAIPEI 2019 dan meresmikan program terbarunya “Welcoming Intelligent Connectivity” (Menyambut Konektivitas…

Penyanyi Pendatang Baru Gabriella Larasati membawakan Ost Dont Run Away

Senin, 27 Mei 2019 - 14:00 WIB

Gabriella Larasati Jadi Debutan Super Media Music

PT Super Media Produksi, sebuah rumah produksi Film yang didirikan pada mei 2018, oleh Unchu Viejay dan Adi Garing, yang dikenal, dengan karya perdana film horror berjudul don’t run away.…

Kolaborasi Alodokter dan Century

Senin, 27 Mei 2019 - 13:42 WIB

Alodokter Gandeng Century Ciptakan Sinergi Layanan Kesehatan

Kolaborasi ini memiliki visi untuk menciptakan sinergi layanan kesehatan terbaik yang memberikan banyak keuntungan bagi keluarga muda modern Indonesia.

Gelaran Unlock Your Creativity

Senin, 27 Mei 2019 - 12:19 WIB

Segera Meluncur di Indonesia, OPPO Ajak Konsumen Cicipi Smartphone Teranyar Reno Series

OPPO menggelar acara “Unlock Your Creativity” untuk memberikan kesempatan awal kepada konsumen dalam mencoba produk terbaru OPPO Reno Series, sebelum resmi diluncurkan di Indonesia.