BI Komitmen Fokus Jaga Stabilitas Ekonomi

Oleh : Herry Barus | Selasa, 19 Juni 2018 - 08:45 WIB

Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo (Foto Ist)
Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Sukoharjo- Bank Indonesia (BI) berkomitmen akan fokus menjaga stabilitas ekonomi dalam negeri salah satunya stabilisasi nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar AS.

"Fokus menjaga nilai tukar menjadi prioritas tertinggi BI untuk saat ini," kata Gubernur BI Perry Warjiyo di Sukoharjo, Senin (18/6/2018)

Terkait hal itu, dikatakannya, langkah yang dilakukan salah satunya memperhatikan setiap perkembangan baru di luar negeri.

"Pada Rapat Dewan Gubernur tanggal 27 dan 28 Mei kami siap melakukan sejumlah langkah untuk stabilitas ekonomi dan nilai tukar. Kami juga membahas kemungkinan kenaikan suku bunga kembali, prioritas kami yaitu kebijakan moneter adalah stabilitas," katanya.

Menurut dia, jika kebijakan luar negeri mewajibkan kenaikan suku bunga, maka Indonesia juga akan menaikkan suku bunga. "Tetapi istilahnya jika ada satu jamu pahit, kami juga akan mengeluarkan empat jamu manis, yaitu kami punya kebijakan untuk mengendorkan likuiditas," katanya.

Dengan demikian, mestinya kenaikan suku bunga perbankan tersebut tidak diikuti dengan kenaikan likuiditas dalam negeri. "Salah satu yang kami lakukan adalah pelonggaran kebijakan makroprudensial dalam bentuk uang muka 'loan to value ratio' untuk mendorong sektor perumahan. Itu yang kami bahas dalam 27 dan 28 Mei," katanya.

Pihaknya berharap dengan langkah tersebut stabilitas ekonomi dapat terjaga dan pertumbuhan ekonomi bisa terus terdorong. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

AAJI bersama anggotanya menanam mangrove di PIK

Minggu, 05 Mei 2024 - 06:04 WIB

AAJI Tanam 2000 Bibit Mangrove dan Berikan Literasi Keuangan Pada Kelompok Nelayan

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) bersama dengan 27 perusahaan anggotanya menunjukkan komitmennya terhadap kelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan “AAJI Peduli…

Pelatihan membaca nyaring di Kota Padang.

Sabtu, 04 Mei 2024 - 22:56 WIB

Sejumlah Guru, Pegiat Literasi Hingga Orang Tua Ikuti Pembekalan Membaca Nyaring di Kota Padang

Pelatihan membaca nyaring di Kota Padang terbagi ke dalam tiga kelas, yaitu kelas orang tua, kelas guru dan kelas pustakawan/pegiat literasi.

Tekan Dampak Pemanasan Global, PIS Kolaborasi Cintai Bumi di Desa Nelayan Bali

Sabtu, 04 Mei 2024 - 20:20 WIB

Tekan Dampak Pemanasan Global, PIS Kolaborasi Cintai Bumi di Desa Nelayan Bali

Badung- PT Pertamina International Shipping (PIS) kembali melanjutkan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) “BerSEAnergi untuk Laut” yang bertujuan salah satunya untuk menekan…

Delegasi Indonesia asal Kota Bekasi Tampil di Ajang Dubai International Chamber 2024

Sabtu, 04 Mei 2024 - 20:10 WIB

Keren! Delegasi Indonesia asal Kota Bekasi Tampil di Ajang Dubai International Chamber 2024

Jakarta-Bantar Gebang, yang terletak di Bekasi, Jawa Barat, adalah tempat pembuangan sampah terbesar di dunia. Setiap hari, Jakarta menghasilkan sekitar 15.000 ton sampah yang dibuang ke Tempat…

Menparekraf Sandiaga Uno (tengah)

Sabtu, 04 Mei 2024 - 16:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Dukung Penguatan Peran Perempuan di Sektor Pariwisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan pihaknya berkomitmen mendukung penguatan peran perempuan dalam pengembangan dan kepemimpinan di sektor…