Perkuat Jaringan Listrik, Siemens Lakukan Sinkronisasi Sepuluh Gardu Induk

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 07 Juni 2018 - 10:54 WIB

Siemens Indonesia
Siemens Indonesia

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Siemens berhasil melakukan energize atau sinkronisasi sepuluh gardu induk tegangan tinggi milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan industri. Gardu induk merupakan komponen integral dari jaringan listrik serta berperan untuk mentransformasikan tenaga listrik dengan tingkatan tegangan yang berbeda-beda.

Kesepuluh gardu induk ini tersebar di beberapa lokasi di Indonesia seperti Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan. Siemens turut berpatisipasi dalam perancangan, pengadaan dan pengiriman peralatan elektrikal, otomatisasi, dan mekanikal serta pekerjaan instalasi, pengujian dan komisioning untuk proyek Air Insulated Switchgear (AIS), Gas Insulated Substation (GIS) dan Gas Insulated Line (GIL) dengan kapasitas 150kV hingga 500kV.

“Siemens diakui sebagai pemimpin di sektor Kelistrikan, ini terbukti dari keberhasilan kami dalam melakukan energize atau sinkronisasi sepuluh gardu induk milik PLN dan industri. Kami bangga dapat ambil bagian dalam upaya Pemerintah dan PLN untuk menyediakan pasokan listrik yang memadai guna memenuhi permintaan listrik nasional yang semakin meningkat," ungkap Jitendra Pratap Singh, Kepala Unit Bisnis Solusi Transmisi ASEAN, PT Siemens Indonesia.

Sebagai negara dengan jumlah populasi terbanyak ke-4 di dunia, kebutuhan akan listrik Indonesiadi meningkat pesat setiap tahunnya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pemerintah Indonesia telah meluncurkan Program Startegis 35.000 megawatt untuk menjamin ketersediaan pasokan listrik hingga tahun 2020. Dalam waktu 5 tahun, pemerintah Indonesia bersama-sama dengan PLN dan sektor swasta akan membangun ratusan infrastruktur kelistrikan di seluruh Indonesia.

Untuk itu PLN perlu berkolaborasi untuk mendapatkan kapasitas, sumber daya, pengalaman dan keahlian yang diperlukan.

Oleh karena itu, menemukan mitra yang tepat merupakan cara terbaik bagi pemerintah untuk melaksanakan program tersebut. Siemens Indonesia sebagai salah satu perusahaan terkemuka yang memiliki sumber daya, pengalaman, dan keahlian dalam perencanaan dan pelaksanaan sistem ketenagalistrikan, serta kemampuab lokalisasi merupakan mitra yang tepat untuk pengembangan infrastruktur kelistrikan di Indonesia.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Budi Hikmat, Kepala Makro Ekonomi dan Direktur Strategi Investasi PT Bahana TCW Investment Management,

Selasa, 21 Mei 2019 - 11:00 WIB

Lonjakan Defisit Neraca Dagang Tuntut Reformasi Struktural

Kabar kurang menggembirakan kembali mengejutkan pasar finansial Indonesia pada pertengahan Mei ini. Tak hanya polemik perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok semakin panas, investor…

Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil, PhD dan Kepala Karantina dan Keamanan Pangan Sarawak, Gasing Anak Nyalu

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:53 WIB

Kementan Capai Kesepakatan bersama Otoritas Serawak Terkait Ekspor

Kuching - Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) jajaki harmonisasi aturan perkarantinaan Indonesia - Sarawak, Malaysia terkait lalu lintas komoditas pertanian di…

Perusahaan pembiayaan Federal International Finance (FIFGROUP) meresmikan Reading Corner di 5 SMK unggulan di 5 kota di Indonesia, Senin (20/5/2019)

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:39 WIB

Tingkatkan Kualitas SDM, FIF Group Resmikan Reading Corner di Lima Kota

Perusahaan pembiayaan Federal International Finance (FIFGROUP) meresmikan Reading Corner di 5 SMK unggulan di 5 kota di Indonesia, Senin (20/5/2019) kemarin.

Perakitan perangkat Xiaomi

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:34 WIB

Xiaomi Pastikan Produksi Lancar Menjelang Momentum Lebaran

Berkomitmen untuk memenuhi tingginya permintaan konsumen di bulan Ramadan, Xiaomi berfokus pada kelancaran proses produksi dan distribusi.

Ilustrasi e-money. (Foto: Istimewa)

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:20 WIB

Ini Dia 100 Titik Layanan Top Up E-money bagi Pemudik

Bank Indonesia (BI) berkoordinasi dengan perbankan nasional dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) menyediakan lebih dari 100 layanan mobile top up e-money (uang elektronik) di sejumlah titik peristirahatan…