API Perkirakan Ekspor TPT ke AS Tahun Ini Capai US$4,8 Miliar

Oleh : Hariyanto | Jumat, 27 Januari 2017 - 14:15 WIB

Produksi tekstil (vov5)
Produksi tekstil (vov5)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) memperkirakan, ekspor tekstil dan produk tekstil (TPT) Indonesia ke Amerika Serikat (AS) tahun ini mencapai US$4,8 miliar atau 39% dari total ekspor TPT nasional.

"Kontribusi ekspor tersebut naik 2% hingga 3% dari tahun lalu sebesar 36%. Keputusan AS untuk keluar dari kerja sama Trans Pacific Partnership (TPP) justru menguntungkan industri tekstil kita, karena sekarang kita dapat bersaing dengan tarif yang sama dengan negara eksportir TPT lainnya," kata Ketua Umum API, Ade Sudrajat di Jakarta, Jumat (27/1/2017).

Menurut Ade, selama ini produk TPT Indonesia dikenakan bea masuk 10% di pasar AS, sementara negara-negara seperti Vietnam dan Malaysia bisa menikmati bea masuk 0% karena menjadi negara anggota TPP.

"Kebijakan Presiden Trump keluar dari TPP menguntungkan Indonesia, jadi persaingannya apple to apple. Tadinya harus bayar 10%, sementara yang lainnya 0%," ujar Ade.

Ade optimistis, ekspor TPT ke AS bakal membaik tahun ini, seiring mulai berdatangannya order dari negara tersebut.

"Buyer sudah banyak yang berdatangan, dari segi gairah, terlihat lebih baik dari tahun lalu," ujarnya.

Ade menambahkan, meski memiliki kesempatan lebih besar persaingan untuk masuk ke pasar AS tetap ketat. Pemerintah harus lebih gencar melakukan promosi dagang dan memanfaatkan momentum ini.

"Ini kesempatan dan harus lebih agresif ikut pameran, karena 2017 banyak yang dibatalkan akibat pemotongan anggaran," tutur Ade.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Selasa, 17 September 2019 - 15:09 WIB

Karhutla Bukan Bencana dari Tuhan, Tetapi Kelalaian dalam Perencanaan dan Pencegahan

Jakarta-Karhutla yang terjadi terus-menerus ini bukanlah musibah dari Tuhan sebagaimana yang disebutkan Kepala Kantor Staff Kepresidenan (KSP), Moeldoko. Penyebab karhutla adalah kelalaian dalam…

Gedung DPR RI

Selasa, 17 September 2019 - 15:01 WIB

Revisi UU KPK Disetujui DPR RI

Rapat Paripurna DPR RI ke-9 Masa Persidangan I periode 2019-2020 menyetujui hasil revisi Undang-Undang tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk disahkan menjadi undang-undang.

Kuwat Sri Hudoyo

Selasa, 17 September 2019 - 15:00 WIB

Kemenkes Mendorong Industri Farmasi Domestik Lewat E-Katalog

Kementerian Kesehatan terus berupaya meningkatkan daya saing industri farmasi dan alat kesehatan dalam negeri dengan e-katalog maupun mendorong riset terapan biofarmaka dan vaksin

Kebakaran Hutan

Selasa, 17 September 2019 - 14:45 WIB

Indonesia Darurat Udara Bersih

Jakarta-Permasalahan udara bersih saat ini tidak hanya menjadi isu masyarakat perkotaan metropolitan seperti Jakarta, tetapi juga telah menjadi masalah di berbagai daerah di Sumatera dan Kalimantan.

Novita Dewi

Selasa, 17 September 2019 - 14:00 WIB

Novita Dewi Luncurkan Single Batak Rasa Latin

Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat tarik suara X Factor, Novita Dewi mencoba menerobos industri musik yang tengah lesu darah dengan menggelontorkan single terbaru bernuansa latin.