Daya Beli Masyarakat Meningkat, Produk TPT Bangkit di 2017

Oleh : Hariyanto | Jumat, 27 Januari 2017 - 13:59 WIB

Produksi Tekstil (Ilustrasi)
Produksi Tekstil (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Meningkatnya daya beli masyarakat terhadap produk tekstil menjadi momen kebangkitan bagi industri tekstil dan produk tekstil (TPT) di pasar ekspor dan pasar domestik tahun ini.

Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), Ade Sudrajat mengatakan, penyerapan tenaga kerja di sektor padat karya, kenaikan daya beli masyarakat memberikan kenaikan pada konsumsi TPT dalam negeri.

"Berbagai kebijakan bea cukai dan Kementerian Perdagangan juga berperan meningkatkan konsumsi TPT nasional," kata Ade  di Jakarta, Jumat (27/1/2017).

Pangsa pasar dalam negeri, menurut Ade, bisa naik dari 30% menjadi 40%.

"Kalau tenaga kerja banyak terserap, berarti daya beli naik dan konsumsi naik. Tapi memang tidak terlalu tinggi, karena biasanya larinya ke kendaraan dulu," papar dia.

Sementra Menteri Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartarto mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan insentif untuk mendongkrak pertumbuhan industri TPT nasional.

Beberapa kemungkinan insentif yang paling berpotensi mendongkrak nilai ekspor industri TPT, antara lain pembebasan pajak pertambahan nilai (PPN) bagi bahan baku industri TPT yang berorientasi ekspor, dan kebijakan harga gas yang berskala keekonomian.

"Pembebasan PPN bertujuan membuat produsen tekstil dan pakaian jadi beralih dari bahan baku impor ke bahan baku produksi dalam negeri. Sedangkan, gas dengan harga yang murah dapat mengurangi beban pengusaha dalam pengeluaran biaya energi karena tarif listrik yang cukup mahal," ujar Airlangga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pertamina (Foto: Ist)

Senin, 20 Januari 2020 - 09:00 WIB

PEPC Raih Penghargaan Zero Accident dari Pemprov Jatim

PT. Pertamina EP Cepu (PEPC) berhasil meraih penghargaan Zero Accident dari Pemerintah Propinsi Jawa Timur. Penghargaan ini diserahkan pada Apel Akbar yang diadakan oleh Pemerintah Propinsi…

Bursa Efek Indonesia

Senin, 20 Januari 2020 - 08:47 WIB

Reliance : IHSG Diprediksi Bakal Uji Titik Resistensi 6.340 pada Perdagangan Hari ini

Lanjar Nafi, analis Reliance Sekuritas Indonesia, mengemukakan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) diperkirakan bakal bergerak naik serta menguji titik resistensi…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 20 Januari 2020 - 06:59 WIB

Awal Pekan IHSG Bergerak Akan Menguat

Secara teknikal IHSG mulai beranjak kuat diatas level support Moving Average 200 hari, 20 hari dan 5 hari sebagai indikasi kuat kembali menguji resistance upper bollinger bands yang berada di…

Presiden Jokowi (Foto Setkab)

Senin, 20 Januari 2020 - 05:00 WIB

Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan Wisata Bahari di Labuan Bajo

Tentunya Presiden Jokowi sudah mendengar informasi bahwa Labuan Bajo tidak hanya terkait dengan Taman Nasional Komodo.

Peserta Latihan Kemantapan Kemampuan Pelatihan Prajurit Kolatmar TA Melaksanakan Hanmars

Senin, 20 Januari 2020 - 04:00 WIB

Peserta Latihan Kemantapan Kemampuan Pelatihan Prajurit Kolatmar TA Melaksanakan Hanmars

Para peserta Latihan Pemantapan Kemampuan Kepelatihan Kolatmar melaksanakan kegiatan ketahanan mars (Hanmars) sejauh 20 Km. Kegiatan Hanmars tersebut dilaksanakan di wilayah Surabaya dengan…