Kapolri Tito Usul Tambah Penjara Keamanan Maksimum

Oleh : Herry Barus | Selasa, 22 Mei 2018 - 21:00 WIB

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengusulkan adanya penambahan lembaga pemasyarakatan (Lapas) dan rumah tahanan (rutan) dengan keamanan maksimum untuk para tersangka, terdakwa dan narapidana kasus terorisme.

"Kami juga mengajukan usul penambahan Lapas keamanan maksimum karena nantinya kalau ada penegakan hukum akan berujung pada Lapas tersebut karena pengelolaannya tidak sama dengan napi lain. Jika digabung maka napi lain akan terpengaruh," kata Tito di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (22/5/2018)

Tito menyampaikan hal itu seusai menghadiri rapat terbatas pencegahan dan penanggulangan terorisme yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo dan dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla serta para menteri Kabinet Kerja.

Tito juga mengusulkan pembangunan rutan berkeamanan maksimum menggantikan Markas Komando Brigadir Mobil (Mako Brimob) di Kelapa Dua, Depok.

"Polri mengajukan agar dibangun rutan maksimum karena ada masa penangkapan, penyidikan, penuntutan, persidangan dimana tersangka atau terdakwa ditempatkan di tempat khusus yang tidak sama dengan rutan Salemba dan Cipinang," ungkap Tito.

Apalagi pada Selasa (8/5) lalu terjadi rusuh di Mako Brimob yang dipicu oleh tahanan kasus terorisme Wawan Kurniawan sehingga menyebabkan tewasnya lima orang anggota Brimob.

"Pernah kami punya pengalaman kasus pelatihan militer teroris di Aceh itu dikoordinasikan di Lapas cipinang oleh Abu Bakar Baasyir, Aman Abdurrahman, Iwan Rois dari 3 kelompok yang berbeda, jadi saya mengusulkan ada rutan cabang Salemba di Cikeas, mengganti Mako Brimob karena ada markas satu Resimen Brimob di sana sehingga ada rutan 'maximum security' karena di Mako Brimob tidak dipakai lagi karena tidak layak untuk tersangka terorisme," tambah Tito.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gedung BNI di Pejompongan Jakarta Pusat

Sabtu, 04 Mei 2024 - 13:02 WIB

BNI Sediakan Solusi Pembiayaan untuk Pelaku Usaha melalui Supply Chain Financing

Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, efisiensi dan optimalisasi modal kerja menjadi kunci utama bagi para pelaku usaha untuk mempertahankan dan meningkatkan profitabilitas.

Gala dinner 2nd Tourism Regional Conference on the Empowerment of Women in Tourism in Asia and the Pacific

Sabtu, 04 Mei 2024 - 11:30 WIB

Nuansa Bali Meriahkan Gala Dinner 2nd Tourism Regional Conference

Rangkaian pelaksanaan 2nd UN Tourism Regional Conference on the Empowerment of Women in Tourism in Asia and the Pacific di Bali International Convention Center, Nusa Dua, Kamis (2/5/2024), dilanjutkan…

Menparekraf Sandiaga Uno saat mengajak delegasi The 2nd UN Tourism Regional Conference tanam Bakau

Sabtu, 04 Mei 2024 - 10:45 WIB

Menteri Sandiaga Uno Ajak Delegasi The 2nd UN Tourism Regional Conference Tanam Bakau di Telaga Waja, Benoa

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengajak delegasi "The 2nd UN Tourism Regional Conference on the Empowerment of Women in Tourism in Asia and the…

Ilustrasi emas. (Ulrich Baumgarten/Getty Images)

Sabtu, 04 Mei 2024 - 09:58 WIB

Analisa Harga Emas Tahun 2024: Menyentuh Tempat Tertinggi

Tahun 2024 diprediksi menjadi tahun yang menarik bagi pasar emas. Dengan beberapa analis dan sumber berbagai institusi memperkirakan harga emas akan mencapai tingkat yang belum pernah terjadi…

Presiden saat meresmikan Bendungan Tiu Suntuk NTB

Sabtu, 04 Mei 2024 - 07:56 WIB

PTPP Selesaikan Proyek Bendungan Tiu Suntuk Paket II

PT PP (Persero) Tbk sebagai salah satu BUMN Konstruksi dan Investasi di Indonesia (“PTPP”) berhasil menyelesaikan pembangunan proyek Bendungan Tiu Suntuk Paket II dengan luas 464,63 Ha.