Ini Dia, Rundown Prosesi Royal Wedding Pangeran Harry dan Meghan Markle

Oleh : Anisa Triyuli | Jumat, 18 Mei 2018 - 14:52 WIB

Pangeran Harry dan Meghan Markle, Foto : AFP
Pangeran Harry dan Meghan Markle, Foto : AFP

INDUSTRY.co.id - Inggris – Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan yang akan diselenggarakan hari Sabtu ini, tengah dipersiapkan. Persiapan demi persiapkan dilakukan untuk menyambut hari bahagia. Royal wedding kali ini disusun dengan sangat matang dan cermat sehingga kesakralan pernikahannya terjaga.

Dikutip dari Kapanlagi.com, berikut ini susunan prosesi pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle :

Pukul 09.30 - 11.00
Para tamu undangan yang jumlahnya kurang lebih 600 diperbolehkan masuk ke kastil dan berkumpul di Round Tower sembari diarahkan ke Kapel St. George. Baik Round Tower dan Kapel St. George berada di area Windsor Castle.

Kensington Palace mengungkap bahwa akan ada 600 tamu undangan dalam pemberkatan pernikahan Pangeran Harry dan Meghan nanti. Jumlah tersebut hanya sepertiga dari tamu undangan yang diundang dalam pemberkatan pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton.Ya, pernikahannya tidak terlalu mewah karena memang secara hirarki, Pangeran Harry mengantri di posisi keenam calon penerus tahta kerajaan Inggris. Jadi, dia tidak perlu mengundang diplomat untuk datang ke pernikahannya. 

Pukul 11.20

Anggota keluarga kerajaan Inggris datang. Mereka memasuk kapel melalui Galilee Porch. Ada 24 anggota keluarga kerajaan Inggris yang bergelar beserta keluarga mereka. Kedatangan masing-masing keluarga tentu akan mendapat sorotan yang berbeda-beda dari publik yang hadir dan juga media.

Pukul 11.45

Pangeran Harry dan Pangeran William tiba. Mereka memberi salam kurang lebih 1200 warga Inggris yang berkumpul di Horseshoe Cloister. 1200 warga Inggris itu adalah yang beruntung dan bakal turut menyaksikan pemberkatan pernikahannya dari luar kapel. Mereka terpilih karena dinilai telah memberikan sumbangsih kepada masyarakat.

Pukul 11.55
Sesuai tradisi kerajaan, Ratu Elizabeth akan menjadi rombongan terakhir tiba di kastil Windsor. Di belakangnya ada Meghan dan ibunya Doria Ragland. Rombongan tersebut akan menyusuri Long Walk sambil melambaikan tangan ke publik. 

Ibu Meghan, Doria Ragland dipastikan akan menemani putrinya tersebut ketika menuju Kastil Windsor. Sementara Pangeran Harry akan mengajak serta keluarga dari ibunya, Lady Diana untuk menghadiri pernikahannya.

Meghan akan berkumpul dengan bridesmaids dan pageboys di area West Steps sebelum masuk ke kapel. Beberapa media menyebut bahwa aktris Hollywood, Abigail Spencer adalah salah satu bridesmaids dari Meghan.

Pukul 12.00

Pemberkatan pernikahan ini akan berlangsung kurang lebih satu jam. Untuk musik pengiring ibadah, keluarga kerajaan telah meminta paduan suara yang dikonduktori oleh James Vivian, direktur pengarah musik di kapel St George.

“Pernikahan ini, seperti layaknya pernikahan yang lain, akan menjadi momen bahagia serta penuh sukacita. Apa yang ada bakal mencerminkan seperti apa sosok kedua mempelai,” ujar Jason Knauf juru bicara Harry seperti dilansir Vogue. “Keduanya ingin agar momen perayaan ini berkesan bagi teman dan keluarga. Tak hanya itu, keduanya juga ingin agar hari istimewanya turut dirasakan oleh masyarakat luas,” tambahnya. Dean of Windsor akan memimpin ibadah sementara Uskup Agung Canterbury akan memberkati keduanya dalam janji suci pernikahan.

Pukul 13.00

Kedua mempelai ke Horseshoe Cloister untuk memberi salam kepada 200 pekerja sosial. Setelah memberi salam, keduanya pergi ke West Steps untuk disambut keluarga dan bersiap untuk diarak dalam kereta kuda.

Pukul 13.15

Mempelai diarak dengan kereta mulai dari Kastil Hill Hingga High Street, di sepanjang King's Road sebelum kembali ke kastil Windsor lewat rute Long Walk. Setelah itu keduanya akan diarak dari Kapel St George's Chapel melewati Long Walk menuju Kastil Windsor. Setiap momen pernikahan di Kastil Windsor akan diabadikan Alexi Lubomirski.

"Meski rutenya singkat, Harry dan Meghan berharap bahwa arak-arakan tersebut ditonton dan dinikmati oleh sebanyak mungkin warga Inggris di sekitaran Windsor," ujar salah satu sumber.

Pukul 13.40

Mempelai tiba di kastil dan menuju ke aula St. George untuk resepsi pertama. Resepsi dilangsungkan di Aula St George's untuk keluarga dan warga gereja yang hadir dalam pemberkatan.

Salah satu momen yang ditunggu dalam resepsi ini tak lain adalah momen toast pernikahan. Yang membedakan pernikahan di Amerika Serikat dan Inggris adalah toast yang dilakukan di tengah jamuan. Editor fashion Vogue, Emma Elwick Bates menuturkan perbedaannya. “Orang Amerika selalu memberikan pidato yang emosional dan menyentuh, sementara di Inggris, pendamping pengantin pria atau wanitanya akan mengolok-olok mempelai dengan cara yang menarik,” tuturnya.  

Pukul 19.00

Acara dilanjutkan ke Frogmore House untuk resepsi kedua. Untuk resepsi kedua, yang berlangsung di Frogmore House, kedua mempelai telah mengundang kurang lebih 200 kolega.

After Party

Pada prosesi pernikahan Pangeran Harry kali ini, para tamu undangan akan menikmati sarapan bersama tepat di pagi hari pertama setelah pesta pernikahan. Tradisi seperti ini lebih banyak dianut di Amerika Serikat, tidak di Inggris. Namun, tampaknya Meghan ini menyelipkannya ke dalam prosesi pernikahan. Menurut Hayley Bloomingdale, direktur komunikasi Moda Operandi, Meghan tetap menginginkan sedikit budaya Amerika Serikat dalam pesta pernikahannya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Olah Raga Bersama Prajurit Kolatmar Dalam Rangka HUT ke 43 Kolatmar 2020

Senin, 27 Januari 2020 - 04:34 WIB

Olah Raga Bersama Prajurit Kolatmar Dalam Rangka HUT ke 43 Kolatmar 2020

HUT ke 43 Kolatmar, seluruh prajurit Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) mengikuti olahraga senam bersama Komandan Kolatmar Kolonel Marinir Suliono, S.E. beserta Ketua Cabang 5 Jalasenastri…

Prajurit Kostrad Ajak Anak-Anak Perbatasan Minum Susu

Senin, 27 Januari 2020 - 04:09 WIB

Prajurit Kostrad Ajak Anak-Anak Perbatasan Minum Susu

Dalam rangka memperingati Hari Gizi dan Makanan yang diperingati setiap tanggal 25 Januari, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad Pos Kondo mengajak anak-anak di perbatasan RI-PNG minum…

herbalife

Minggu, 26 Januari 2020 - 22:58 WIB

15.000 Member Independen Herbalife Hadiri Spectacular 2020

Tangerang Selatan- Herbalife Nutrition Indonesia baru saja mengakhiri event besarnya, yaitu Herbalife Spectacular 2020 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan. Event…

Legenda Sepak Bola Luis Figo

Minggu, 26 Januari 2020 - 18:30 WIB

Legenda Sepak Bola Luis Figo Ikut Promosikan UEFA EURO 2020 akan Tayang di RCTI

Untuk Ke 7 kalinya MNC group menjadi Official Broadcaster UEFA EURO 2020. MNC Group melalui RCTI dan PT MNC Vision Networks Tbk (MVN) dipercaya untuk menjadi Official Broadcaster UEFA EURO 2020…

Maskapai Garuda Indonesia

Minggu, 26 Januari 2020 - 18:00 WIB

Garuda Indonesia Tingkatkan Kewaspadaan Penyebaran Virus Pneumonia Wuhan

Maskapai nasional Garuda Indonesia meningkatan upaya antisipatif dan kewaspadaan atas merebaknya penyebaran virus pneumonia Wuhan atau novel coronavirus (nCoV) .